Yuk, Kenali Kompetensi Dasar untuk Meniti Karier di Bidang Machine Learning!

Engineer | Sumber: pixabay.com


#DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik

Di era perkembangan teknologi seperti sekarang ini, salah satu profesi yang memegang peranan penting adalah Machine Learning Engineer. Machine Learning atau pembelajaran mesin merupakan cabang atau bagian dari Artificial Intelligence (kecerdasan buatan). Machine Learning adalah salah satu aplikasi ilmu kecerdasan buatan yang menggunakan algoritma yang dibuat oleh Machine Learning Engineer agar mampu belajar dari data-data sehingga dapat berjalan secara otomatis.

Posisi Machine Learning di era digital semakin populer karena memiliki peran penting dan banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan. Seorang Machine Learning Engineer harus terbiasa berhadapan dengan big data serta harus menguasai penggunaan berbagai platform Machine Learning, seperti IBM, Microsoft, Google, Amazon, dan sebagainya.

Google, salah satu platform yang harus dikuasai Machine Learning Engineer. Sumber: pixabay.com

Banyak orang yang tertarik untuk meniti karier di bidang Machine Learning. Lalu apa aja, sih, kompetensi dasar yang harus dimiliki untuk meniti karier di bidang Machine Learning itu? Yuk, kita simak bersama-sama 6 Kompetensi Dasar yang harus dikuasai oleh seorang Machine Learning Engineer!

1. Memahami Bahasa Pemrograman

Kompetensi dasar pertama yang harus dikuasai oleh seorang Machine Learning Engineer adalah memahami bahasa pemrograman yang populer untuk Machine Learning, seperti Phyton, Java, dan R. Selain itu, ada beberapa bahasa pemrograman yang dapat dipelajari seperti C++, C, Javascript, Scala, dan Julia yang akan menjadi poin tambah. Sebab, tugas dan tanggung jawab seorang Machine Learning Engineer tidak jauh dengan pembuatan algoritma yang sangat diperlukan untuk pembelajaran mesin.

2. Memahami Ilmu Probabilitas dan Statistik serta Visualisasi Data

Ilmu probabilitas dan statistik merupakan cabang keilmuan yang penting untuk dipelajari oleh seorang Machine Learning Engineer. Selain ilmu statistik, Machine Learning Engineer juga harus memiliki pemahaman yang baik mengenai distribusi, metode analisis seperti ANOVA, dan juga pengujian hipotesis. Selanjutnya, seorang Machine Learning Engineer juga harus paham mengenai visualisasi data yang kemampuan dasar yang berperan penting untuk mengubah data yang kompleks menjadi data yang mudah untuk dipahami oleh banyak orang.

3. Mempelajari dan Memahami Matematika

Salah satu langkah untuk menjadi Machine Learning Engineer yang andal adalah mempelajari dan memahami matematika karena Machine Learning merupakan bidang keilmuan yang erat kaitannya dengan matematika. Kompetensi dasar matematika terdiri dari beberapa cabang ilmu, diantaranya aljabar, aljabar linier, kalkulus, serta probabilitas dan statistik seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya.

4. Menguasai Ilmu Komputer dan Pemrograman

Memahami dan menguasai ilmu komputer merupakan hal yang wajib bagi seorang Machine Learning Engineer. Kompetensi dasar ilmu komputer dan pemrograman mencakup penguasaan struktur data, komputasi, algoritma, arsitektur komputer, dan sebagainya.

5. Memahami Software Engineering dan Desain Sistem

Memahami serta menguasai software engineering serta desain sistem bagi Machine Learning Engineer memiliki tujuan untuk mendukung tugas Machine Learning Engineer dalam merancang software yang bermanfaat bagi penyediaan pelayanan masyarakat luas.

6. Menguasai Penerapan Algoritma Machine Learning dan Library

Implementasi algoritma standar ini dapat diakses melalui library, package, dan juga API. Mengapa penguasaan penerapan algoritma Machine Learning dan library ini menjadi penting bagi seorang Machine Learning Engineer? Hal ini disebabkan karena penggunaannya yang efektif akan mendukung dan menghasilkan pemilihan model yang tepat serta dapat menyusun prosedur sesuai dengan data.

Itulah 6 kompetensi dasar yang wajib dikuasai oleh seorang Machine Learning Engineer. Menjadi Machine Learning Engineer merupakan suatu pilihan yang patut dipertimbangkan mengingat di era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, AI Specialist dengan Machine Learning sebagai salah satu skill utamanya menjadi tren perekrutan yang populer karena baik Artificial Intelligence maupun Machine Learning sangat identik dengan inovasi dan pertumbuhannya paling cepat serta merupakan teknologi yang amat strategis.

Referensi:

[1] https://www.dicoding.com/blog/7-langkah-praktis-untuk-memulai-karir-menjadi-machine-learning-developer/

[2] https://www.dqlab.id/apa-itu-machine-learning-dan-mengapa-penting

[3] https://glints.com/id/lowongan/machine-learning-engineer/#.YpgM26hBzIU

[4] https://id.linkedin.com/pulse/tips-memulai-karier-menjadi-machine-learning-engineer-chandra-henny

[5] https://www.dicoding.com/blog/7-langkah-praktis-untuk-memulai-karir-menjadi-machine-learning-developer/

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

X

Tekan ESC untuk keluar