Urgensi Perkembangan Digitalisasi Pelosok Negeri Demi Generasi Indonesia Emas 2045

Perkembangan Teknologi, Foto : Dokumentasi pribadi dengan menggunakan canva.com


#DigitalBisa #UntukDaerahLebihBaik

Seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak perubahan peradaban yang berkembang dengan cepat. Semua negara dituntut untuk mengikuti dan berpacu dalam perkembangan pada seluruh sektor, terutama dalam hal teknologi. Perkembangan teknologi hampir mengacu pada semua sektor kehidupan. Banyaknya kemudahan dan kecanggihan yang didapatkan dari adanya perkembangan teknologi membuat beberapa negara berlomba-lomba untuk membuat dan mengembangakan teknologi.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Indonesia sendiri juga sedang berusaha mengembangkan teknologi. Banyak inovasi-inovasi yang sudah atau sedang dikembangkan. Inovasi-inovasi tersebut digunakan untuk memudahkan kehidupan masyarakat dan untuk bersaing di kancah global. Dalam proses perkembangan tersebut, Indonesia disertai juga dengan visi yaitu Indonesia Emas 2045. Visi tersebut diharapkan dapat memberikan tingkat kesejahteraan yang baik dan setara bagi seluruh warga Indonesia. Dengan adanya visi tersebut juga dibutuhkan adanya generasi Indonesia Emas.

Generasi Indonesia Emas adalah generasi yang disiapkan untuk menangani tantangan dan mempunyai keterampilan pada abad 21. Para generasi tersebut dituntut untuk menguasai beberapa keterampilan yang dapat digunakan untuk mengatasi tantangan yang ada. Keterampilan tersebut yaitu Critical Thinking and Problem Solving, Communication, Collaboration, dan Creativity and Innovation. Pembentukan keterampilan tersebut memerlukan waktu yang cukup panjang agar bisa terbentuk dengan baik. Membentuk keterampilan bukanlah perkara yang mudah, perlu dukungan seluruh pihak agar keterampilan tersebut dimiliki oleh seluruh pihak.

Untuk membuat generasi selanjutnya mengerti akan keterampilan yang dibutuhkan tersebut, perlu wadah yang baik guna menyalurkan ilmu-ilmunya. Salah satu wadah yang tepat untuk menyalurkan keempat keterampilan tersebut ialah pendidikan. Adanya kesetaraan pendidikan yang ada akan memudahkan untuk membentuk generasi emas tersebut. Kesetaraan pendidikan ini berkaitan dengan kualitas dan fasilitas yang baik. Namun hingga saat ini, kualitas dan fasilitas yang ada belum setara antara satu daerah dengan daerah yang lainnya.

Melihat kualitas pendidikan yang mengalami ketimpangan antara pulau jawa, khususnya dengan daerah luar jawa, terutama daerah 3T, membutuhkan waktu yang cepat untuk memperbaikinya mengingat tahun 2045 bukanlah waktu yang panjang. Mengapa pendidikan jadi wadah yang penting? Pendidikan adalah salah satu pondasi untuk mencapai visi “Generasi Indonesia Emas”. Pendidikan merupakan hak yang wajib diperoleh oleh seluruh warga negara. Disisi lain pemerintah telah menetapkan program wajib sekolah 12 tahun. Pendidikan merupakan hal yang dapat menjamah seluruh golongan masyarakat. Adanya fasilitas yang baik akan memudahkan para siswa untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak.

Salah satu fasilitas yang harus dimiliki oleh setiap sekolah untuk saat ini yaitu adanya peningkatan dalam hal teknologi. Saat ini teknologi berkembang dengan sangat cepat, maka dari itu diharapkan generasi yang sedang disiapkan ini dapat mengenali teknologi yang ada dengan baik. Adanya perkembangan teknologi atau digitalisasi akan memudahkan akses pada seluruh sektor, pun dalam pendidikan. Menurut KBBI, digitalisasi adalah proses pemberian atau pemakaian sistem digital. Adanya pemakaian sistem digital di sektor pendidikan merupakan awal yang baik bagi para generasi untuk belajar tanpa terbatas pada ruang dan waktu. Pelajar dapat mempelajari hal apapun dengan menggunakan fasilitas digital, dengan begitu fasilitas digital ini dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan keterampilan-keterampilan pelajar di luar yang didapatnya dari sekolah. Menyiapkan generasi yang baik sedari dini diharapkan dapat memberikan output yang baik juga untuk negara.

Kemudahan akses yang dibutuhkan (Sumber: Dokumen Pribadi)

Pemberian sistem digital melalui sektor pendidikan diharapkan dapat didapatkan juga oleh para siswa yang berada di pelosok. Mereka juga memiliki hak yang sama dengan siswa yang lainnya terutama dalam menerima fasilitas yang baik. Saat ini hampir semua hal berkaitan dengan digital sebab kemudahan dan kecepatan yang didapatkan. Perkembangan digital yang ada saat ini sebenarnya tidak dengan mudah dimiliki dan didapatkan oleh seluruh pihak. Banyak hal yang membuat mereka belum merasakan perkembangan digital yang ada. Hal itu juga dirasakan juga oleh para siswa, terutama yang berada di pelosok. Akses yang terbatas juga merupakan salah satu hambatan mereka untuk menerima sistem digital. Langkah yang dapat digunakan untuk menyelesaikan hambatan tersebut yaitu dengan melalui sektor pendidikan.

Semua orang berhak mendapatkan fasilitas yang baik untuk mengakses pendidikan yang layak, guna menyiapkan tantangan perkembangan teknologi di masa depan. Adanya pemerataan fasilitas dalam sektor pendidikan dapat menjadi gerbang awal para generasi emas yang berada di pelosok merasakan adanya digitalisasi. Pembekalan untuk para siswa dalam hal digitalisasi dapat membantu terwujudnya adanya Generasi Indonesia Emas pada tahun 2045. 

Referensi

Mahanal, S. (2014, September). Peran guru dalam melahirkan generasi emas dengan keterampilan abad 21. In Seminar Nasional Pendidikan HMPS Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo (Vol. 1, pp. 1-16).

https://kbbi.web.id/digitalisasi 

 

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar