Tips agar Tetap Produktif dan Bermanfaat dengan Smartphone

Hidup sukses dengan smartphone


Smartphone atau telepon pintar telah menciptakan kehidupan baru yang berbeda dari sebelumnya. Berkat teknologi pintar ini, berbagai aktivitas dapat dilakukan hanya dalam satu genggaman mulai dari berbelanja, naik kendaraan, belajar, bermedia sosial dan lain-lain. Tak heran, banyak teknologi-teknologi yang dahulu berjaya seperti telepon umum, telepon rumah, cd, kaset, bahkan televise analog kini eksistensinya memudar berkat kemudahan yang ditawarkan oleh smartphone.

Meskipun smartphone memberikan banyak sekali kemudahan dan kecepatan, ada juga dampak buruk yang disebabkan oleh smartphone. Salah satunya adalah efek candu yang dapat membuat kita kurang bergerak dan kurang bersosialisasi. Hal ini tentu memberikan dampak yang kurang baik kepada kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Kehidupan sosial kita pun akan terdampak buruk.

Seharusnya kemudahan yang diciptakan oleh smartphone menjadi kesempatan emas bagi kita untuk hidup produktif dan bermanfaat bagi orang lain. Jika generasi terdahulu yang hidup dengan fasilitas yang terbatas mempunyai kesempatan untuk bisa produktif, tentu saja generasi kini dapat melakukannya lebih mudah, serta dengan hasil yang jauh lebih maksimal. Berikut adalah beberapa tips atau langkah sederhana yang dapat kita lakukan untuk agar dapat memanfaatkan smartphone untuk kegiatan produktif:

1. Memperbanyak ilmu dengan membaca dan menonton konten edukatif

Membaca dapat memberikan kita kesempatan dan peluang untuk memperluas wawasan. Jika kita ingin membaca cepat dan ringan, kita dapat mengisi waktu luang kita untuk membaca berita, artikel dan jurnal yang ringan. Sedangkan kalau kita ingin menggali informasi lebih dalam dan detail, kita dapat membaca berbagai buku elektronik dalam situs maupun aplikasi.

Jika kita kurang nyaman untuk membaca informasi yang bersifat teks, kita dapat memanfaatkan berbagai media lainnya seperti dengan menonton video edukatif yang tersedia di media sosial atau mendengarkan podcast. Carilah video-video seperti tutorial yang dapat kita manfaatkan untuk mengembangkan keterampilan.

2.    Bergabung ke komunitas-komunitas positif

Agar smartphone memberikan dampak yang positif untuk kehidupan sosial kita, jadikanlah smarphone sebagai sarana untuk kita agar lebih akif bergabung dalam komunitas-komunitas yang positif seperti komunitas hobi atau komunitas bakti sosial. Kini, mencari komunitas tidak lagi sulit terutama di media sosial. Sebaiknya kita tidak hanya bergabung sebagai anggota dalam sebuah komunitas, namun juga ikut terlibat dalam kegiatan secara offline. Kita dapat berkenalan dengan orang baru, dan lingkup interaksinya tidak hanya sebatas di smartphone atau media sosial.

3.    Menekuni hobi

Tanpa disadari, smartphone sebenarnya memberikan kita banyak kesempatan untuk mengembangkan potensi kita yang bisa dikembangkan melalui hobi. Sebagai contoh, menulis, membuat konten-konten yang menginspirasi di media sosial, dan lain-lain. Tidak menutup kemungkinan pula hobi kita dapat menghasilkan uang jika diminati oleh banyak orang.

4.    Monitor Kesehatan dan olahraga

Jangan sampai penggunaan smartphone menjadikan kita sebagai generasi yang tidak aktif dalam bergerak. Saat ini berbagai aplikasi dapat kita temukan untuk mendukung kegiatan olahraga dan kesehatan kita seperti Samsung Health, dsb. Melalui aplikasi tersebut kita dapat mengukur jumlah langkah kaki saat sedang berlari atau berjalan santai, jarak menempuh sepeda, durasi lama waktu tidur kita, mengukur tekanan darah, dan lain-lain. 

5.    Berbisnis dan Investasi

Selain mencari ilmu atau mengembangkan keterampilan, media sosial bisa jadi sarana bagi kita untuk mencari uang. Bagi yang mempunyai jiwa sebagai pebisnis, manfaatkanlah media sosial atau lapak online seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada dsb untuk menjual produk atau memasarkan brand kita. Jika tidak mempunyai waktu untuk berbisnis khususnya bagi yang bekerja, berinvestasilah. Namun carilah aplikasi yang terpercaya, jangan sampai terjebak pada investasi bodong. 

6.    Digital Decluttering

Aktivitas harian kita yang padat tak jarang membuat kita harus menyimpan begitu banyak hal dalam handphone kita seperti file, dsb. Sulit memang mencari waktu yang tepat untuk membereskan ruang-ruang digital kita. Saat hari libur, atau saat sedang tidak banyak aktivitas yang padat, manfaatkan waktu tersebut untuk membersihkan isi handphone kita. Singkirkanlah file, foto, atau aplikasi yang sudah tidak terpakai atau tidak menunjang produktivitas kita. 

Beruntunglah kita bisa hidup di zaman yang serba mudah dan cepat ini berkat kehadiran smartphone. Namun kemudahan ini jangan sampai membuat kita terjebak pada zona nyaman yang membuat kita tidak bertumbuh. Generasi smartphone harus jadi generasi yang membawa perubahan dengan kegiatan produktif, bukan sebagai generasi yang pasif dan pengikut

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

X

Tekan ESC untuk keluar