Tetap Produktif, Ketahui Trik Jitu Cegah Mata Lelah Akibat Penggunaan Laptop

Penggunaan Laptop untuk Kegiatan Administrasi | Sumber: pixabay.com


#DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik

Di era yang serba digital ini, banyak aktivitas sehari-hari yang menuntut kita bekerja di depan layar laptop ataupun gadget dalam jangka waktu lama. Hal ini seringkali menimbulkan terganggunya kesehatan mata, dalam dunia kesehatan dikenal dengan istilah Computer Vision Syndrome (CVS), di mana gejalanya berupa mata lelah. Meskipun mata lelah tidak menimbulkan masalah yang serius bagi kesehatan, namun keluhan mata lelah dapat mengganggu kenyamanan dan produktivitas kerja kita.

Ilustrasi mata lelah. Sumber: pixabay.com
Ilustrasi mata lelah. Sumber: pixabay.com

Saat pekerjaan menuntut kita untuk menatap layar laptop selama berjam-jam, otot mata akan bekerja lebih keras untuk fokus pada banyaknya tulisan, gambar, dan juga gerakan pada layar. Selain itu, seseorang yang menatap layar laptop terlalu lama cenderung jarang berkedip sehingga mata menjadi kering. Cahaya dari monitor akan menambah beban bagi mata sehingga mata menjadi cepat lelah. Jika beban mata sudah terlalu berat, biasanya mata akan memerah dan penglihatan kita menjadi kabur atau berbayang. Gejala lainnya juga dapat berupa sakit kepala serta rasa tidak nyaman di bagian leher dan punggung. Nah, agar tidak kehilangan fokus saat mengerjakan tugas di depan laptop, kita perlu memahami langkah pencegahan mata lelah agar dapat menuntaskan pekerjaan dan tetap produktif. Berikut beberapa trik yang bisa dipraktikkan untuk mencegah mata lelah.

  1. Istirahatkan mata

Di sela-sela waktu bekerja, kita juga perlu mengistirahatkan mata. Sebaiknya kita beristirahat selama 15 menit setelah dua jam bekerja dan dapat menerapkan metode 20-20-20, yaitu melihat objek sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik setiap 20 menit. Selain itu, usahakan untuk berkedip dan menggunakan obat tetes mata jika mata mulai terasa kering.

  1. Atur posisi monitor laptop/gadget

Agar mendapatkan kenyamanan serta keamanan saat bekerja di depan laptop ataupun gadget, kita perlu mengatur jarak antara monitor dengan mata. Sebaiknya kita menempatkan layar laptop atau gadget sejauh 50 cm hingga 71 cm dari mata dan juga memposisikan monitor 15-20 derajat di bawah pandangan lurus kita. Selain itu, kita juga dapat menggunakan alas monitor agar lebih nyaman.

  1. Atur pencahayaan dalam ruangan kerja

Nah, untuk mencegah mata lelah, kita harus menyiasatinya dengan mengatur pencahayaan ruangan. Pastikan ruang kerja kita mendapatkan pencahayaan yang cukup dan posisikan layar laptop di tempat yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Kita juga harus menghindari bekerja di tempat yang gelap karena sinar laptop yang muncul menjadi lebih terang sehingga dapat membahayakan mata.

  1. Ubah pengaturan pada laptop atau gadget

Huruf-huruf pada layar laptop terkadang tidak setajam media cetak sehingga memaksa mata untuk lebih fokus. Untuk itu, kita bisa mengatur ukuran teks sesuai kenyamanan kita. Agar beban mata berkurang, kita juga bisa menyeimbangkan intensitas kecerahan layar dengan cahaya ruangan, mengatur kontras, ataupun menurunkan temperatur warna sehingga mata merasa nyaman melihat objek-objek di layar laptop.

  1. Gunakan layar anti silau

Pantulan cahaya dari jendela di ruangan kerja juga dapat disiasati dengan penggunaan layar anti silau. Dengan begitu, jumlah cahaya yang dipantulkan layar laptop ke mata dapat dikurangi.

  1. Gunakan kacamata anti radiasi

Bagi pengguna lensa kontak, disarankan sesekali menggunakan kacamata anti radiasi karena penggunaan lensa kontak bisa menjadi pemicu timbulnya mata kering. Kacamata anti radiasi ini akan melindungi penglihatan kita saat menatap layar laptop ataupun gadget. Lensa anti radiasi akan meminimalisasi pantulan cahaya dari permukaan depan dan belakang kacamata yang kita pakai.

  1. Atur posisi duduk

Posisi duduk saat bekerja di depan laptop merupakan salah satu bagian terpenting dalam upaya mencegah mata lelah, namun hal ini sering kita abaikan. Kursi yang kita gunakan harus sesuai dengan postur tubuh kita sehingga tidak hanya nyaman saja, namun juga aman bagi kesehatan mata kita. Kita bisa mengatur ketinggian kursi, menyesuaikan kursi dengan meja kerja, dan menyesuaikan posisi lengan agar mempermudah saat bekerja.

  1. Gunakan document holder

Jika pekerjaan kita memerlukan rujukan pada dokumen yang dicetak, kita bisa menggunakan document holder yang dapat diletakkan di atas keyboard atau di samping monitor untuk meringankan beban mata.

Itulah beberapa trik yang bisa kita terapkan untuk mencegah mata lelah. Cukup mudah, bukan? Jika trik-trik di atas dilakukan secara rutin, niscaya kesehatan mata kita tetap terjaga walaupun harus menatap layar laptop dalam jangka waktu lama. Jangan lupa periksakan mata secara rutin minimal satu tahun sekali, jika mengalami keluhan lain segera konsultasikan dengan dokter. Dengan menjaga kesehatan mata, kini kita tidak perlu khawatir akan terganggu dan terhambat oleh gejala mata lelah. Selamat beraktivitas dan tetap produktif, ya!

Referensi:

[1] https://hellosehat.com/mata/mata-lainnya/mencegah-mata-lelah-karena-kerja-di-depan-komputer/

[2] https://www.alodokter.com/cara-mencegah-mata-lelah-akibat-bekerja-di-depan-komputer

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar