Teknologi XR dan Peningkatan 'Brand Awareness'

Teknologi XR bermanfaat bagi bisnis. Foto: CX Insight/Unsplash.


#DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik

Istilah extended reality (XR) kini semakin populer seiring dengan kian meluasnya implementasi augmented reality (AR), virtual reality (VR) serta mixed reality (MR) di berbagai bidang kehidupan kita.

Pada hakikatnya, XR merupakan terminologi umum yang sekarang ini digunakan untuk mencakup semua teknologi imersif yang dihasilkan oleh komputer, termasuk AR, VR, dan MR. Dengan kata lain, XR merupakan 'payung' untuk AR, VR , dan MR.

Dengan teknologi XR, realitas yang kita alami bakal semakin luas berkat adanya perpaduan alam virtual dan alam nyata. Banyak yang berpendapat bahwa teknologi XR akan menjadi semakin mainstream serta digunakan dalam banyak sektor bisnis dan sekaligus mengubah cara bisnis berinteraksi. Diproyeksikan pasar teknologi XR akan tumbuh dari yang asalnya 33 miliar dollar AS di tahun 2021 lalu menjadi 125,2 miliar dollar AS di tahun 2026 mendatang.

Beberapa sektor bisnis telah mulai mengadopsi teknologi XR. Melansir XR Today, sekarang sekurangnya ada enam industri teratas yang mengadopsi teknologi XR. Keenam industri itu antara lain adalah pendidikan dan pelatihan, kesehatan, konstruksi dan real estate, manufaktur dan logistik, otomotif dan transportasi, serta retail dan e-commerce.

Menurut Venkatesh Alagarsamy, pakar kawakan di bidang AR, VR , dan MR, terdapat beberapa alasan kenapa pengelola bisnis perlu mengimplementasikan teknologi XR di sektor bisnis yang mereka jalankan.

1. Meningkatkan brand awareness
Dengan berubahnya tuntutan pelanggan dan sengitnya persaingan, membuat sektor bisnis sulit menarik pelanggan potensial. Hanya mengandalkan momen launching produk baru tak akan cukup untuk menumbuhkan bisnis. Teknologi XR membantu menciptakan pengalaman unik konsumen, meningkatkan loyalitas konsumen dan membangun brand awareness. Teknologi XR bukan hanya membantu menangkap atensi pelanggan, tetapi juga mempromosikan pengalaman positif dengan brand.

2. Menjadikan pengalaman pelanggan lebih baik
Pengalaman pelanggan penting bagi keberhasilan setiap strategi pemasaran. Kemampuan XR melahirkan pengalaman imersif akan membantu para pengelola bisnis terkoneksi dengan para pelanggan secara lebih baik dan membangun koneksi emosional yang lebih dalam. XR membantu membawa pelanggan ke tempat berbeda untuk menghadiri event secara live, misalnya, tanpa mereka harus meninggalkan rumah mereka.

3. Engagement yang yang lebih tinggi
Seperti dilaporkan oleh Deloitte, 90 persen perusahaan mulai mengimplemetasikan teknologi AR dan VR untuk kepentingan bisnisnya. Laporan lain mengungkap bahwa 40 persen pelanggan bersedia membayar lebih jika mereka melakoni pengalaman baru lewat teknologi AR. Ini menunjukkan bahwa teknologi XR perlu diimplementasikan jika ingin bisnis yang Anda kelola tumbuh. XR memberi peluang para pelanggan mendapatkan informasi dan visualisasi secara detil mengenai produk dan layanan. Dengan XR, pelanggan dapat mencoba berbagai produk dengan beragam kombinasi dan mengujicoba pola maupun warna sebelum membelinya. Dengan XR, brand dapat meningkatkan engagement secara signifikan dan menarik lebih banyak pelanggan serta memberi mereka pengalaman yang positif.

4. Memberi kenyamanan belanja
XR membantu brand meningkatkan pengalaman belanja dan juga membuat pelanggan tidak membuang banyak waktu. XR membantu pelanggan menemukan apa yang mereka butuhkan lebih cepat dan meminimalisir ketidakpastian dalam keputusan membeli.

5. Sebagai sumber data
Data adalah aset berharga di era digital ini. Teknologi XR menempatkan data dalam konteks demikian sehingga pengguna mendapatkan hasil yang lebih baik. Dengan begitu, teknologi XR membantu para pengelola bisnis berikut pelanggan mereka membuat keputusan yang lebih baik.

6. Membangun keterikatan positif
XR memberi pemegang brand peluang tanpa batas untuk mengkreasi dan mengimplementasikan kampanye emosional bagi produk mereka. Berdasar petunjuk visual yang disertakan saat melakukan kampanye brand, Anda dapat mendorong pelanggan untuk menyimpulkan kualitas brand Anda. XR membantu brand terkoneksi dengan audiens sedemikian rupa sehingga mengaktifkan emosi mereka dan membantu membangun asosiasi brand yang positif. Ini akan menjamin pelanggan lebih memilih brand Anda dibanding brand lain dan sekaligus memperkuat kesetiaan mereka.***
--

Sumber rujukan:
1) Rebekah Carter. 2020. The Top 6 Industries for Enterprise AR/VR in 2021.
https://www.xrtoday.com/mixed-reality/the-top-6-industries-for-enterprise-ar-vr-in-2021/

2) Tom Gerencer.2021. What Is Extended Reality (XR) and How Is it Changing the Future?
https://www.hp.com/us-en/shop/tech-takes/what-is-xr-changing-world

3) Venkatesh Alagarsamy. 2021. Extended Reality: 6 Ways It is Improving Customer Experience and Helping Brands Grow!
https://www.fingent.com/blog/extended-reality-6-ways-it-is-improving-customer-experience-and-helping-brands-grow/

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

X

Tekan ESC untuk keluar