Tanpa Digital Kita Tertinggal, Manfaatkan Digital Sekarang Juga!

tanpa digital kita tertinggal, foto : freepik.com


#WritingCompetitionDigitalBisa #DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik

Pesatnya perkembangan teknologi informasi memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Seperti yang kita tahu, saat ini hampir setiap negara dari seluruh dunia saling berlomba untuk meningkatkan kualitasnya masing-masing dengan memanfaatkan teknologi digital. Indonesia sendiri termasuk negara yang mencoba untuk memanfaatkan era digital demi bisa mencerdaskan kehidupan bangsa.

Ada banyak sekali contoh pemanfaatan teknologi digital di Indonesia, dan bagi sebagian orang hal tersebut mampu menjadi sebuah solusi dalam menyelesaikan sebuah masalah. Seperti misalnya dalam dunia perbankan, yang mana saat ini nasabah bisa melakukan tarik tunai tanpa perlu menggunakan kartu ATM. Hal ini tentunya dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital.

Atau misalnya dalam dunia bisnis, munculnya e-commerce mampu memberikan beragam keuntungan serta manfaat bagi beberapa orang. Apalagi di era pandemi seperti sekarang ini, konsumen menjadi yang paling diuntungkan dengan kehadiran e-commerce. Terlebih lagi kalau misalnya sedang ada event gratis ongkir dan potongan harga, keuntungannya bertambah menjadi dua kali lipat.

Blogger sebagai sarana pemanfaatan digital

tanpa digital kita tertinggal, sumber: freepik
Tanpa Digital Kita Tertinggal, sumber gambar: Freepik.com

Saya sendiri termasuk orang yang memanfaatkan era digital, salah satunya dengan ngeblog (blogging). Sejak tahun 2018 saya sudah menggeluti dunia blogging, dan berhasil mengembangkan sebuah blog pribadi bernama  afifsharing.com. Membuat blog termasuk sebagai pemanfaatan teknologi digital, sebab ada banyak sekali manfaat yang diperoleh, baik untuk si penulis maupun para pembaca.

Namun sebagai seorang blogger kita harus bijak saat hendak menerbitkan sebuah informasi (artikel). terlebih lagi jika membahas topik yang sensitif. Karena bisa saja ada pembaca yang ikut terpengaruh ataupun tersinggung atas informasi yang kita terbitkan. 

Selain itu, dengan menjadi seorang blogger  juga kita mampu mendapatkan income  atau penghasilan tambahan. Caranya yaitu dengan memasang iklan di dalam blog kita, yang paling umum biasanya dengan menggunakan Google Adsense. Alternatif penghasilan lainnya yaitu dengan guest post berbayar atau konten promosi. Tetapi cara ini biasanya hanya berlaku untuk blog yang memiliki traffic pengunjung tinggi.

Cara menjadi blogger

Untuk menjadi seorang blogger sangatlah mudah, namun untuk tetap terus konsistenlah yang cukup sulit dilakukan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan membangun sebuah blog, ada baiknya untuk menentukan topik dan tujuan dari blog yang akan dibangun. Saya sendiri membangun blog dengan tujuan artikel yang saya terbitkan mampu memberikan solusi serta manfaat bagi para pembaca.

Jika dirasa tujuan tersebut sudah mantap, barulah selanjutnya membangun blog. Ada banyak sekali platform untuk membangun blog yang bisa digunakan secara gratis, misalnya yang paling sering digunakan seperti Blogger dan Wordpress.  Setelah itu, buat nama blog serta alamat domain, lalu masukkan segala hal yang diminta dan diperlukan untuk dapat membangun blog yang diinginkan.

Penutup

Beberapa hal diatas merupakan secuil contoh dari sekian banyaknya pemanfaatan teknologi digital. Mengikuti perkembangan teknologi merupakan suatu hal yang wajib dilakukan, sebab jika kita buta terhadap teknologi, lantas bagaimana caranya kita memanfaatkan teknologi tersebut. Bahkan di era industri 4.0 seperti sekarang ini, tak sedikit orang diluar sana yang masih belum paham betapa pentingnya pemanfaatan teknologi digital.

Peralihan dari era tradisional menuju digital sudah ada di depan mata kita. Jadi mau tidak mau, siap tidak siap, kita harus mampu beradaptasi dengan keadaan yang serba teknologi seperti sekarang ini. 

Oleh karena itu, kita sebagai generasi milenial setidaknya harus paham tentang teknologi, khususnya digital. Hal ini karena generasi milenial menjadi harapan sebagai generasi yang mampu memajukan Indonesia. Dan tanpa digital, sudah jelas kita akan tertinggal.

Komentar (2)

  • RC

    Roby cristiawan

    22 Jul 2021 18.23 WIB

    Lanjutkan

    Hapus
  • HL

    Harits Laudza

    22 Jul 2021 18.27 WIB

    COK SEMOGA MENANG

    Hapus

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar