Streaming Ilegal Bahaya Banget! Ini Buktinya

Ilustrasi Bahaya Menonton Streaming Ilegal | Sumber: Pixabay/Tumisu


Komputer mendadak lemot dan banyak muncul program serta iklan aneh. Akhirnya, mau nggak mau komputer harus diinstall ulang. Tapi nggak lama habis itu, masalah yang sama terjadi lagi.

Masalah di atas mungkin pernah, atau sering, kamu alami. Jujur, pasti saat menghadapi masalah tersebut kamu akan pusing seribu keliling kan?

Bagaimana mau tidak pusing, harus diakui kalau saat ini komputer, laptop, atau telepon seluler sudah jadi barang utama dan kebutuhan primer masyarakat—terutama para pelajar dan pekerja. Karena kemajuan zaman, setiap hari kita kini pasti mengakses komputer, laptop, atau telepon seluler. Entah barang-barang itu kita gunakan buat belajar, kerja, atau sekedar main gim.

Lantas, bagaimana kalau alat-alat tersebut rusak? Kesal sudah tentu kamu rasakan. Selain itu, pasti kita akan berusaha agar komputer atau peranti yang rusak segera “sembuh.” Untuk membetulkan peranti yang rusak, tentu kamu harus keluar banyak uang dan waktu. Syukur kalau kerusakannya bisa cepat diperbaiki. Kalau butuh waktu lama dan biaya yang besar, pasti kamu akan tambah kesal dan mengumpat dalam hati.

Kalau dipikir-pikir, kenapa ya peranti keras bisa rusak? Tentu ada banyak sebab yang bisa membuat komputer atau telepon genggam kamu rusak. Salah satunya karena virus atau adanya program jahat (malware).

BACA JUGA: Setelah Pandemi, Bagaimana Prospek Pertumbuhan Bisnis Internet Sambungan Tetap?

Malware adalah aplikasi atau program berbahaya yang bisa membuat komputer rusak dan mencuri data di dalam peranti. Biasanya, malware ada dan disisipkan pembuatnya di aplikasi atau website ilegal. Akan tetapi, tak jarang juga malware bisa muncul dari kecerobohan kamu saat berselancar di dunia maya.

Salah satu website yang sering disematkan malware adalah situs-situs streaming ilegal. Jujur, kamu pasti pernah kan mencoba masuk atau akses situs-situs streaming ilegal? Nah, di dalam situs streaming ilegal biasanya ada banyak iklan dan pop-up yang nggak jelas sumbernya.

Iklan-iklan dan pop-up itu kalau kita klik dan unduh (download) bisa membawa bahaya buat komputer atau telepon genggam. Soalnya, besar kemungkinan di dalam iklan atau aplikasi itu ada malware yang turut serta masuk ke komputer.

Pelaku kejahatan siber sangat sering menggunakan situs-situs streaming ilegal untuk menyebar program dan aplikasi jahat buatan mereka. Karena itu, bisa jadi komputer kamu sering rusak atau lemot bukan karena sering dipakai, tapi akibat kamu terlalu sering akses streaming ilegal dan secara nggak sadar memasukkan malware ke peranti keras.

BACA JUGA: Kenapa Internet Bisa Serba Tahu Tentang Kita?

Menurut Peneliti Senior dari Perusahaan Keamanan Webroot Kelvin Murray, pengguna internet tidak akan menemukan keamanan apabila mengakses situs streaming ilegal. Dia berkata, bahaya pasti mengancam pengakses situs streaming ilegal karena toh pemilik websitenya sendiri tidak menyediakan fasilitas keamanan untuk mencegah pengakses websitenya terkena malware.

Nah, kamu nggak mau kan data-data pribadimu tersebar luas dan dipakai untuk berbagai hal di luar sepengetahuanmu? Kapok juga kan keluar uang dan waktu yang banyak buat perbaiki komputer yang rusak karena virus atau malware? Makanya, yuk mulai sekarang berhenti deh akses situs-situs streaming ilegal. Kalau ada yang legal, kenapa juga kita harus pakai yang ilegal?

 

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar