Situs Web sebagai Etalase Digital Perusahaan Rintisan

Situs web perusahaan sebagai etalase digital. Foto: Le Buzz/Unsplash.


#DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik

Di era digital sekarang ini, kehadiran secara online akan ikut menentukan kesuksesan sebuah perusahaan.

Apa pun bidang usaha yang dijalankan, keberadaan sebuah situs web perusahaan mutlak diperlukan. Lebih-lebih bagi perusahaan rintisan (startup). Keberadaan situs web bukan hanya akan semakin mendekatkan perusahaan Anda dengan pelanggan dan calon pelanggan, tetapi juga akan memperluas area cakupan (coverage) perusahaan yang akhirnya berdampak pada kian meningkatnya eksposur produk dan layanan yang Anda tawarkan.

Menurut Sanjit Mandal, pakar pemasaran dan pendiri California SEO Professionals, sebagaimana dikutip Antonette Ho (2018), terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar keberadaan situs web perusahaan rintisan dapat benar-benar efektif.

1. Ramah ponsel
Dewasa ini, lebih dari separuh pengguna internet mengakses situs web melalui ponsel, tablet, dan perangkat non-desktop. Apa artinya? Internet semakin berkarakter seluler. Jadi, situs web perusahaan Anda harus benar-benar ramah bagi para pengguna perangkat seluler. Oleh sebab itu, situs web perusahaan Anda mesti memiliki dua mode: mode seluler dan mode desktop. 

2. Nama domain gampang diingat
The less the better. Ini prinsip yang hingga kini masih berlaku dalam urusan nama domain situs web. Maka, domain sebaiknya memiliki nama yang ringkas. Mudah diucapkan dan mudah diingat. Syukur-syukur bagus pula namanya. Nama situs web yang mudah diingat kemungkinan akan lebih banyak mendapat hit karena kemungkinan orang akan mudah kembali mengunjungi situs web bersangkutan.

3. Buat sesimpel mungkin
Tren desain situs web, dalam beberapa tahun terakhir, cenderung ke arah penyederhanaan. Situs web yang rumit tampilannya dengan terlalu banyak menu, tombol navigasi, tanda, atau animasi bukan cuma akan membuat repot pengunjung, tetapi juga akan membuat repot pengelola situs web.

Semakin cepat pengunjung dapat berpindah dari titik A ke titik B, semakin besar kemungkinan mereka untuk membeli, berkomentar, mengulas, atau berinteraksi di situs web Anda. Jadi, pastikan untuk menjaga desain situs web perusahaan rintisan Anda sesederhana mungkin.

4. Informasi bisnis
Tampilkan informasi bisnis perusahaan Anda secara singkat, padat dan jelas. Mereka yang mengakses informasi di internet, mayoritas melakukannya dengan cara browsing bukan reading. Ini yang harus dipahami.

5. Informasi kontak
Permudah para pengunjung situs web perusahaan Anda dalam menghubungi Anda. Jangan pernah menggunakan gambar untuk menunjukkan detil kontak. Gunakan saja teks aktual dengan pilihan font yang mudah dibaca dan dapat disorot, disalin dan ditempel (paste) oleh pengunjung. Pertimbangkan pula untuk menyediakan formulir di situs web, yang memberi pengguna opsi untuk menyampaikan pertanyaan, tanggapan maupun komentar dengan lebih cepat.

6. Integrasikan dengan medsos
Sekarang ini, media sosial ikut menjadi pembentuk opini dan persepsi publik terkait beragam hal. Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, Snapchat maupun Tiktok -- menyebut beberapa di antaranya -- kini menjadi bagian erat dan tidak terpisahkan dari aktivitas keseharian kita, termasuk dalam aktivitas berbisnis. Situs web perusahaan perlu diintegrasikan dengan sejumlah akun media sosial perusahaan. Dengan demikian, akan semakin banyak khalayak yang dijangkau dan terlibat dengan aktivitas bisnis Anda.

7. Sajikan konten otentik
Konten bukan saja harus menarik dan bermanfaat, tetapi juga harus otentik. Hindari menyalin kata, kalimat, frasa maupun gambar dari situs web lain. Untuk menghasilkan konten yang menarik, bermanfaat dan otentik, tak ada salahnya perusahaan menyewa sejumlah kreator konten web berikut pakar SEO-nya.

Situs web perusahaan pada dasarnya adalah etalase digital bagi seluruh aktivitas bisnis Anda. Selain mutlak diperlukan, situs web perusahaan juga harus digarap dan dikelola secara serius. Keberadaannya turut menentukan maju dan mundurnya perusahaan.***
--
Sumber rujukan:
1) Antonette Ho. 2018. 7 Features All Startup Company Websites Must Have.
https://blogs.babson.edu/entrepreneurship/2018/04/25/7-features-all-startup-company-websites-must-have/

2) Kasey Kaplan. 2020. Why Every Business Needs A Website.
https://www.forbes.com/sites/theyec/2020/02/03/why-every-business-needs-a-website/?sh=731427886e75

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar