Simak Sejumlah Manfaat Big Data untuk Pengembangan Bisnis dan Skill Individu

Ilustrasi Big Data | Sumber: Freepik/Freepik


Istilah “Big data” beberapa tahun terakhir kerap terdengar dan menjadi hal yang sering dibahas, terutama jika kita berbicara mengenai teknologi digital. Pembahasan dan penggunaan big data menjadi hal yang tak asing di tengah perkembangan jaman dan revolusi digital yang makin cepat terjadi.

Big data dapat diartikan secara sederhana sebagai data set berkapasitas besar yang di dalamnya memuat, memproses, dan mengatur penempatan berbagai data dengan latensi rendah. Sumber data yang terdapat di big data umumnya berasal dari teknologi kecerdasan buatan (AI), perangkat seluler, sosial media, dan Internet of Things (IoT).

Karena sifat penampungannya yang besar, dan memiliki kemampuan memproses beragam data dalam waktu singkat, maka keberadaan big data menjadi penting di tengah era digitalisasi kini. Pemanfaatan big data secara baik bisa berdampak positif pada kinerja perusahaan tertentu.

Sebagai contoh, perusahaan pengguna big data bisa memiliki wawasan serta analisa yang jauh lebih luas dan cepat untuk menentukan langkah strategis yang akan diambil. Kecepatan dan ketepatan langkah yang diambil akan berdampak pada terbukanya peluang perusahaan terkait untuk berkembang lebih pesat di masa depan.

Teknologi big data saat ini sudah banyak digunakan perusahaan di dunia untuk membantu mereka melakukan ekspansi, merawat pelanggan, serta meningkatkan kualitas layanan dan profitabilitas. Pengguna big data kini bisa ditemukan di negara manapun, termasuk Indonesia.

Jika ingin menggunakan big data untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki, maka tidak ada salahnya jika kalian memanfaatkan jasa yang disediakan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. BUMN sektor telekomunikasi ini memiliki platform bernama BigBox yang menawarkan berbagai layanan seperti analisa, data & business solution, hingga platform penyedia API untuk membantu para pengembang dan perusahaan rintisan (startup) mengembangkan bisnisnya.

View this post on Instagram

A post shared by BIGBOX (@bigboxcoid)

Melalui pemanfaatan big data, pelaku bisnis bisa secara bersamaan meningkatkan proses bisnis di lingkup internal dan eksternal. Direktur Digital Business Telkom Indonesia M. Fajrin Rasyid berkata, ada banyak manfaat yang bisa diraih pengguna teknologi big data saat ini.

Sebagai contoh, teknologi big data dapat digunakan untuk menghadirkan wawasan (insight) yang luas kepada pelaku bisnis untuk mengembangkan penetrasinya di pasar secara efektif. “(Big Data) bisa digunakan sebagai digital channel dan menghadirkan insight untuk meningkatkan bisnis. Misalnya, penggunaan big data oleh e-commerce adalah untuk membandingkan kira-kira barang apa yang berpotensi dibeli pelanggan dalam waktu bersamaan. Misalnya, kalau orang beli handphone maka dia juga kemungkinan akan mencari casing. Makanya, kalau ada orang beli handphone akan direkomendasikan untuk juga membeli casing,” ujar Fajrin dalam acara Ngobrol @ Tempo, Selasa (27/7).

Teknologi big data juga bisa digunakan untuk meningkatkan kapabilitas eksternal sebuah perusahaan. Fajrin mencontohkan, penggunaan big data memungkinkan perusahaan untuk menawarkan insight yang sifatnya agregat kepada pelanggan. Contohnya, perusahaan pengguna big data bisa memberi informasi terkait berapa banyak orang yang mengunduh dan/atau menggunakan layanan digital atau aplikasi tertentu.

Secara umum, penggunaan big data di sebuah perusahaan bermanfaat untuk tiga hal. Pertama, big data berguna untuk melakukan Churn Prevention atau menjaga agar pelanggan layanan/produk dari sebuah perusahaan tidak berpindah ke kompetitor.

Kedua, big data berguna untuk Smart Collection atau menjaga pertumbuhan pendapatan, mengatur program retensi, serta menghadirkan layanan yang sesuai kebutuhan pelanggan. Terakhir, teknologi ini bermanfaat sebagai pembantu perusahaan ketika hendak melakukan rekruitment pekerja.

“Pada Big Data, data-datanya bisa diperoleh secara real time sehingga kecepatan menjadi salah satu ciri utamanya. Ini membantu kita untuk membuat analisis agar bisa dilakukan secara cepat. Big Data bisa membantu kita sebagai salah satu dasar pengambilan keputusan, sehingga pembuatan keputusan bisa dilakukan secara lebih terukur atau rasional,” ujarnya.

Setelah mengetahui pentingnya peran big data di kehidupan saat ini, maka tidak salah apabila kita mulai sekarang mulai mencoba untuk menggunakan teknologi ini untuk pengembangan kualitas diri atau usaha yang dimiliki. Dengan begitu, ke depannya bukan tidak mungkin bisnis yang kita geluti bisa semakin bertumbuh dan membawa banyak dampak positif baik untuk pribadi, lingkungan, dan negara.

Komentar (1)

  • R

    rohmawati

    22 Sep 2021 10.10 WIB

    Artikel yang sangat menarik. Agar menambah wawasan, saya rekomendasikan artikel berikut : http://news.unair.ac.id/2021/03/17/konsep-the-five-v-big-data-yang-wajib-diketahui/

    Hapus

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Dengan mengirimkan komentar, saya menyetujui peraturan berkomentar di #DigitalBisa

Tekan ESC untuk keluar