Siap-siap! Ajang Balap Motor Besar di Dunia Segera Digelar di Indonesia

Ajang World Superbike (WSBK) 2021 di Mandalika, NTB, akan segera digelar | Sumber: Telkom Indonesia


Indonesia patut bangga karena sepekan lagi negara ini resmi menjadi tuan rumah ajang World Superbike Championship (WSBK). Lomba balap motor besar ini akan digelar di Indonesia pada Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Perhelatan WSBK di Mandalika patut ditonton karena balapan nanti merupakan seri terakhir dari WSBK 2021. Aksi kebut-kebutan para pembalap di atas sirkuit jalan raya di Mandalika pasti akan menyajikan tontonan menarik bagi pemirsa.

Sebagai tuan rumah seri terakhir WSBK 2021, Sirkuit Mandalika memiliki spesifikasi panjang trek 4,31 kilometer dan 17 tikungan. Arena balap ini sudah menggunakan aspel jenis Stone Mastic Asphalt (SMA) yang, mengutip Motor Plus Online, memiliki makro tekstur lebih baik untuk pembalap.

Kapasitas penonton yang bisa hadir langsung di sana mencapai lebih dari 188 ribu orang. Sebanyak 50 ribu tempat duduk tersedia di Sirkuit Mandalika, dan 138 ribu merupakan area penonton tribun berdiri. Selain dapat menyaksikan para jagoannya bersaing di lintasan balap, para penonton yang hadir di Sirkuit Mandalika juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam indah di Lombok.

Perhelatan seri terakhir WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika patut disambut meriah karena menjadi ajang Indonesia untuk menarik perhatian dunia. Jika acara nanti berlangsung lancar, maka Indonesia bisa membuktikan bahwa negara ini siap menjadi tuan rumah ajang olahraga level internasional.

Sebagai catatan, Mandalika merupakan salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang ditetapkan pemerintah melalui PP Nomor 52 Tahun 2014. Kawasan tersebut berada di bagian selatan Pulau Lombok, NTB. Selain dilengkapi sirkuit standar internasional, KEK Mandalika nantinya akan memiliki berbagai infrastruktur penunjang pariwisata berwawasan lingkungan kelas dunia.

Gambar: Informasi pembelian tiket ajang WSBK 2021 yang akan digelar di Mandalika, Lombok, NTB.

Turis dan penikmat olahraga tak perlu khawatir apabila hendak berkunjung ke Mandalika, karena di sana telah tersedia berbagai infrastruktur penunjang untuk memenuhi kebutuhan para pelancong. Selain memiliki infrastruktur jalan dan sistem penyaringan air nomor wahid, Mandalika juga telah dilengkapi sarana komunikasi dan digital mumpuni.

Saat ini, Mandalika telah dilengkapi jaringan fiber optic dan backbone telekomunikasi berkapasitas tinggi. Keberadaan jaringan komunikasi berkapasitas 7.22 Gbps juga sudah tersedia di sana. Berbagai sarana tersebut disediakan oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. selaku BUMN sektor telekomunikasi di Indonesia.

“Saat ini Telkom tengah mempersiapkan seluruh fasilitas ICT beserta layanannya untuk salah satu destinasi super prioritas, yakni Mandalika, bekerja sama dengan ITDC Group. Terima kasih kepada ITDC Group, Pemprov NTB dan Pemerintah yang terus memberikan kepercayaan kepada Telkom untuk mempersiapkan dan mengawal infrastruktur ICT pada pelaksanaan berbagai event besar negara,” kata Direktur Network dan IT Solution Telkom Herlan Wijanarko saat menghadiri uji jaringan (rehearsal test) di Sirkuit Mandalika, Rabu (3/11).

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar