Selamat Datang Dunia (yang Makin) Digital

Selamat tahun baru 2022


Nuansa gegap gempita kerap terasa saban tahun baru tiba. Lantas, apa hal yang patut kita rayakan menyambut datangnya 2022?

Jika dilihat dari kacamata pesimis, 2022 memang tidak layak ditunggu. Tahun ini, pandemi Covid-19 diprediksi belum berakhir. Banyak pembatasan kegiatan yang harus kita rasakan selama pandemi berlangsung.

Tahun 2022 juga datang disertai makin dekatnya ancaman akibat perubahan iklim yang terjadi di dunia. Kenaikan air laut, cuaca panas yang makin tak bisa dilawan, hingga ancaman banjir akibat hujan yang semakin deras menyertai datangnya tahun ini.

Karena hal-hal tersebut, tak heran jika di akhir 2021 lalu sempat ramai meme yang mengatakan bahwa 2022 adalah “the new 2020” karena pelafalannya dalam bahasa inggris adalah “two thousand and twenty (part) two.”

Akan tetapi, jika dilihat dari sudut pandang optimistis, 2022 bisa menjadi tahun perubahan. Bayangkan saja, tahun ini Indonesia dipastikan akan menggelar dua ajang internasional terkemuka yaitu Turnamen MotoGP dan KTT G20 masing-masing di Mandalika, Lombok; dan Nusa Dua, Bali.

Tahun 2022 juga banyak digadang akan menjadi momen kembali pulihnya perekonomian masyarakat setelah terdampak parah akibat pandemi sejak awal 2020. Selain itu, optimisme harus kita miliki karena 2022 diprediksi akan menajdi tahun serba digital.

Jika kita lihat, menjelang berakhirnya 2021 ada banyak informasi seputar dunia digital yang sangat menggembirakan bagi kita. Salah satunya, terbukanya peluang besar bagi kita yang hidup di Indonesia untuk mencoba teknologi 5G pasca terobosan terbaru di bidang teknologi informasi itu masuk ke negara ini pertengahan tahun lalu.

Masyarakat Indoneisa di saat yang sama terbukti semakin adaptif hidup berdampingan dengan teknologi di dunia digital. Buktinya, nilai transaksi uang elektronik per November 2021 mencapai Rp31,3 triliun atau tumbuh 61,82%. Itu berarti, ada Rp31,3 triliun uang yang berputar dalam bentuk digital hingga November 2021.

Pertumbuhan itu menunjukkan semakin permisifnya masyarakat dengan kebiasaan bertransaksi daring—baik itu belanja, melakukan pembayaran, atau saling transfer uang. Perilaku tersebut mulai menjelma menjadi hal biasa bagi masyarakat Indonesia.

Memasuki 2022, masyarakat sangat mungkin semakin berkembang pemahaman dan kebiasaannya hidup serta menggunakan teknologi digital. Apalagi, memasuki tahun ini ada banyak produk dan layanan digital yang tersedia dan bisa membantu masyarakat menjalani hidup.

Produk dan layanan tersebut beragam, mulai dari layanan penyimpanan data berbasis komputasi awan, tersedianya berbagai hiburan melalui banyak platform, hingga mulai dikembangkannya kecerdasan buatan (AI) yang mampu membantu manusia secara langsung dalam menghadapi persoalan sehari-hari di rumah atau tempat kerja.

Dunia tampak akan semakin digital pada 2022 ini. Apalagi, di penghujung 2021 lalu sempat ramai dibicarakan produk uang kripto dan munculnya teknologi Metaverse yang kini tengah dikembangkan berbagai perusahaan teknologi.

Melihat peluang-peluang baru yang berpotensi muncul di 2022, rasanya tidak salah jika kita menyambut tahun ini dengan penuh sukacita dan gembira. Berbagai peluang perkembangan itu harus kita manfaatkan, agar bisa menjalani hidup dengan lebih baik dan sejahtera ke depannya.

Selamat tahun baru 2022. Selamat datang di era dunia yang semakin digital.

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar