Saatnya Generasi Muda Membuat Orang Tua Melek Internet

Aman Berinternet | pixabay (TheDigitalArtist)


#57TahunTelkom

#DigitalBisaUntukSemua

Pekembangan teknologi yang serba digital semakin meningkat mengakibatkan masyarakat perlu melek akan teknologi untuk bisa mengimbangi perubahan zaman yang serba teknologi seperti sekarang ini. Banyak pula orang tua yang dituntut untuk bisa berteknologi khususnya internet dimana semua informasi bisa diakses melalui internet. Tidak banyak pula dari para orang tua yang masih bingung akan teknologi tersebut sehingga kita para generasi muda yang sudah fasih akan teknologi mau tidak mau harus bisa menjadi orang yang membimbing mereka untuk bisa beradaptasi akan teknologi. Sehingga para orang tua tentu saja layak dan pantas untuk mendapatkan pengetahuan akan teknologi agar orang tua itu sendiri juga tidak gaptek (gagap teknologi). Kemudahan mengakses internet pada zaman sekarang ini membuat pada pengguna teknologi khususnya teknologi digital merasa dimudahkan, karena saat ini transformasi teknologi digital melesat cepat.

Banyak juga masalah yang sebenarnya dihadapi oleh para orang tua salah satunya adalah kesendirian merasa kesepian menjadi satu masalah yang sering dihadapi oleh para orang tua. Sehingga hadirnya teknologi terutama internet memang di rancang agar bisa mengisi waktu luang kita untuk bisa bersenang-senang dengan mengakses internet untuk membuka berita online, mencari hiburan online, berkomunikasi dengan media online atau bahkan untuk sekedar membuka media sosial melihat aktivitas dan kegiatan orang-orang diluar sana. Internet itu sendiri bisa diakses dengan teknologi digital yang ada pada era saat ini. Dengan adanya perkembangan teknologi digital yang semakin pesat ini sudah banyak mempengaruhi faset dari kehidupan kita bukan hanya sosial tapi juga kegiatan pembelajaran, belanja, hingga bekerja bisa dilakukan secara online. Berdasarkan hal tersebut baik dari generasi muda maupun orang tua mulai harus mengakrabkan diri dengan kemajuan teknologi yang ada.

Di tengah kekhawatiran penggunaan internet, banyak yang mengatakan media internet ini cukup berbahaya terlebih bagi generasi muda yang terlalu sering dalam menggunakan internet yang dapat membawa dampak-dampak yang kurang baik bagi mereka. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa yang perlu diperhatikan dalam menjalankan dunia internet ini tidak hanya generasi muda tapi para orang tua yang baru saja beradaptasi dengan teknologi internet juga perlu diawasi agar dalam penggunaan internet ini bagi semua kalangan bisa dilakukan secara aman. Aman ini memiliki dua makna yaitu pertama menjadi aman karena tentang memiliki alat yang bisa kita pakai ketika membuat keputusan yang bagus untuk keamanan melakukan media online kita. Contoh yang bisa membuat kita lebih aman dengan berinternet adalah pengelolaan sandi dan pemeriksaan keamanan. Itulah tools yang bisa kita pakai untuk bisa aman berinternet.  

Kedua adalah ketrampilan digital dalam menggunakan internet meskipun banyak tools yang bisa digunakan agar membuat kita aman saat berinternet, namun banyak juga isu yang bisa kita dapatkan ketika berinternet sehingga kita perlu mempunyai ketrampilan digital. Misal ketika kita membuka sebuah artikel kita perlu dan bisa baca serta fikir sendiri apakah berita tersebut bohong atau benar. Contoh berikutnya adalah ketika kita mendapatkan link URL yang mencurigakan kita perlu waspada dan jeli apakah link tersebut baik atau tidak. Sehingga dari kedua contoh tersebut kita perlu mempunyai yang namanya ketrampilan digital agar membuat kita terhindar dari hal negatif saat berinternet dan membuat kita aman berinternet.

Tips Berselancar Internet dengan Aman untuk Orang Tua:

  1. Kita harus perlihatkan dan beri contoh yang visual kepada orang tua bukan hanya memberikan penjelasan yang verbal saja. Jadi, dari sisi orang tua mereka cenderung kurang percaya diri atau kurang memahami sehingga kita perlu memberi tahu langkah demi langkah bagaimana cara untuk memnggunakan teknologi internet.
  2. Kita harus mendorong orang tua untuk mengecek lagi informasi yang mereka terima dan ingatkan kembali kepada mereka untuk selalu berhati-hati dalam mencari informasi.
  3. Kita juga bisa bantu mereka untuk memberi tahu orang tua agar tidak memberikan atau membagi informasi yang bersifat pribadi.

Dari penjelasan tersebut ketika para orang tua diberikan penjelasan secara visual atau ketika para orang tua diberikan bimbingan oleh orang disekitar mereka untuk lebih waspada dan untuk mengontrol diri mereka agar bisa berinternet dengan aman hal tersebut membuat mereka para orang tua akan lebih nyaman dalam menggunakan teknologi internet. Sehingga faktor-faktor yang dapat mendorong mereka khususnya orang tua untuk menikmati teknologi internet lebih banyak dipengaruhi oleh faktor eksternal. Karena kebanyakan dari kita mudah memahami dengan melakukan kolaborasi yaitu saling mengajari satu sama lainnya hal itu juga didasari karena kita itu sebagai makhluk sosial dimana membutuhkan satu dengan lainnya.

Sehingga untuk para orang tua yang ingin melek teknologi khususnya internet mereka harus bisa memiliki pikiran yang terbuka untuk bisa belajar. Karena dari internet itu sendiri menghadirkan banyak sesuatu yang bisa kita jelajahi dan melakukan kegiatan yang tentunya bisa memberikan dampak dan manfaat yang baik untuk diri kita. Untuk orang tua itu sendiri perlu untuk melek teknologi agar mereka bisa mengikuti perkembangan zaman, namun dalam berinternet juga perlu dilakukan denga hati-hati kita perlu waspada dengan kemungkinan buruk yang bisa terjadi maka kita perlu berinternet dengan aman. Orang tua juga mempunyai tempat untuk berinternet karena internet itu sendiri terbuka untuk semua kalangan tanpa melihat dari sisi status apapun.

 

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

X

Tekan ESC untuk keluar