Riset Pasar Ikut Tentukan Kesuksesan Startup

Riset pasar penting dilakukan. Foto: Jason Goodman/Unsplash.


#DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik

Melakukan riset pasar menjadi salah satu langkah krusial dalam ikut memastikan jalan keberhasilan sebuah perusahaan rintisan (startup).

Sebelum Anda mulai membuat langkah besar dan ambisius dalam membangun sebuah perusahaan rintisan, Anda perlu memastikan terlebih dahulu apakah kira-kira ada calon pelanggan untuk produk dan layanan yang Anda tawarkan. Bagaimanapun, tanpa pelanggan berarti tidak akan pernah ada penjualan. Yang berarti pula tidak ada profit. Bisnis, bagaimanapun, harus menghasilkan profit. Itulah prinsip dasar berbisnis. 

Dengan melakukan riset pasar, maka akan diketahui apakah Anda memiliki calon pelanggan potensial dan di mana mereka selama ini berada. Dari riset pasar pula, Anda bakal mengetahui apakah ada yang tertarik dengan produk dan layanan yang Anda tawarkan.

Lewat salah satu tulisannya di laman (website) majalah Forbes, Shown O'Connor mengingatkan bahwa salah satu langkah penting membangun perusahaan rintisan yang berhasil adalah melakukan riset pasar – sebelum kita jor-joran menginvestasikan waktu dan uang kita.

Riset pasar pada dasarnya merupakan pengumpulan informasi tentang pasar dan orang-orang di dalamnya. 

Menurut Mike Lieberman, CEO dan Chief Revenue Scientist perusahaan pemasaran digital Squre 2, dengan melakukan riset pasar, kita akan mengetahui hal-hal berikut ini.

1. Cara menjual secara tepat
Mengingat hanya 50 persen perusahaan baru yang berhasil melewati usia lima tahun, mengetahui cara menjual secara tepat kepada pelanggan harus senantiasa menjadi salah satu prioritas. Cara orang membeli produk selalu berubah. Oleh sebab itu, memiliki pemahaman menyeluruh tentang khalayak sasaran akan membantu Anda menentukan tidak hanya kepada siapa Anda harus menjual, tetapi juga bagaimana cara menjualnya kepada mereka.

Ambil contoh, jika khalayak Anda tidak membaca surat kabar, mengapa kok masih mencoba menjangkau mereka melalui iklan koran? Riset pasar memungkinkan Anda mengetahui platform terbaik yang perlu Anda gunakan untuk menjangkau pelanggan Anda. Mengetahui bagaimana cara calon pelanggan dan pelanggan Anda berbelanja, misalnya, sangat penting untuk keberlangsungan dan kesuksesan bisnis yang Anda jalankan.

2. Mengetahui peta persaingan
Saat memulai usaha, apa pun bidangnya, penting bagi Anda untuk mengetahui perusahaan mana yang dapat dianggap sebagai kompetitor alias pesaing. Baik itu pesaing langsung maupun pesaing tidak langsung. Dengan mengetahui sejauh mana bisnis mereka dapat menyaingi bisnis Anda, akan membantu menyiapkan produk-produk yang kompetitif.

Melalui riset pasar, Anda dapat memastikan secara detil siapa saja yang menjadi pesaing bisnis Anda, dan juga sejauh mana keunggulan bisnis Anda. Tanpa mengetahui secara persis siapa pesaing Anda, diri Anda bakal merasa seperti ikan kecil di kolam besar – yang sulit dapat memenangi persaingan dan tampil sebagai pemenang.

3. Menyusun strategi pemasaran
Memahami seluk beluk pemasaran dan penjualan dapat membingungkan, terutama ketika Anda memulai usaha baru. Strategi pemasaran seperti apa yang perlu diadopsi mungkin tampak membingungkan pula. Bagaimana cara terbaik untuk menjangkau dan berkomunikasi dengan khalayak dan bagaimana memulainya mungkin juga akan menjadi persoalan bagi Anda.

Dengan melakukan riset pasar, maka dapat dengan segera membantu Anda dalam memastikan strategi komunikasi perusahaan Anda. Dari mulai pembuatan konten hingga manajemen media sosial maupun strategi pemasaran dan penjualan yang paling efektif untuk mendorong terwujudnya hasil yang maksimal dapat segera dipastikan dan dieksekusi. 

Memulai dan merintis usaha baru mungkin saja memunculkan semacam ketakutan tersendiri bagi sebagian orang. Akan tetapi, ketakutan itu semestinya tidak perlu ada jika Anda memiliki informasi yang memadai. Menurut Mike Lieberman, bekerja lebih keras dan melakukan riset pasar bakal memastikan Anda mempunyai semua informasi yang Anda butuhkan untuk membuat usaha yang mulai Anda rintis menuai kesuksesan.***

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Artikel Lainnya

Tekan ESC untuk keluar