Perkembangan Pesat Digitalisasi Ketika Pandemi

(contoh: Digitalisai akibat pandemi, foto: https://unsplash.com/photos/FHnnjk1Yj7Y )


#WritingCompetitionDigitalBisa #DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik

Dampak wabah virus corona mulai merambah masuk ke Indonesia mengakibatkan berubahnya tatanan berbagai sektor kehidupan masyarakat. Jika selama ini semua kegiatan dikerjakan secara offline, tidak bisa dipungkiri pengaruh pandemi harus beralih menjadi daring. Transformasi penggunaan teknologi digital kini meningkat amat pesat. Penggunaan teknologi sebagai alternatif pilihan demi tetap berjalannya roda kehidupan masyarakat.

Sektor pendidikan memerlukan peran teknologi digital guna menunjang suksesnya proses pembelajaran. Akibat pandemi para pelajar melaksanakan proses pembelajaran dari rumah menggunakan handphone, laptop dan komputer yang dimilikinya. Berbagai aplikasi pendukung kegiatan pembelajaran turut andil berpartisipasi akan kelancaran pembelajaran secara daring. Dengan beralihnya metode proses pembelajaran dari tatap muka langsung pada ruang kelas menjadi online maka penyampaian materi oleh pengajar, pengumpulan tugas, bahkan pelaksanaan kuis dan ujian memanfaatkan teknologi digital.

Munculnya istilah work from home merupakan terobosan baru bagi perusahaan guna mencegah penularan virus corona pada pegawai. Meskipun bekerja dari rumah karyawan dituntut tetap produktif, mulai dari absen pegawai, rapat kantor hingga penyelesaian pekerjaan dilaksanakan secara daring. Terkesan lebih fleksibel, namun para karyawan harus bertanggungjawab akan pekerjaan. Sehingga kegiatan perusahaan tetap berjalan dan meminimalisir terjadi kerugian.

Selama pandemi mayoritas masyarakat menentukan pilihan merekan dengan belanja secara online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tidak heran jika banyak masyarakat memanfaatkan peluang membuka usaha online agar menambah pundi-pundi penghasilan hingga memperbaiki perekonomian akibat adanya pandemi. Beraneka macam produk kebutuhan bisa dibeli dengan mudah pada aplikasi belanja digital. Kemudahan transaksi, hemat waktu, dan kelengkapan produk menjadi pertimbangan untuk memutuskan belanja secara online guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dengan di rumah saja pastinya rasa jenuh dan bosan kerap timbul karena tidak bebas keluar rumah hanya sekadar bermain supaya terhindar dari virus covid. Namun jangan khawatir, adanya berbagai aplikasi pendukung video call membuat jalinan komunikasi dengan teman atau keluarga jauh tetap tersambung. Kelengkapan fitur teknologi seperti untuk mendengarkan musik, melihat film, bermain game hingga membaca cerita secara digital berperaan meradakan rasa jenuh dan bosan masyarakat ketika di rumah saja. Perkembangan lain dari kemajuan digital antara lain munculnya aplikasi memesan jasa ojek kendaraan bahkan membeli makanan secara online. Selain itu dompet digital berguna sebagai metode pembayaran transaksi yang dilakukan secara online.

Perkembangan digitalisasi terlihat pesat seiring berjalannya waktu, penyelesaian pekerjaan menjadi lebih ringan dengan bantuan kinerja teknologi digital. Digitalisasi tidak bisa lepas akan jaringan internet yang dikenakan. Semakin lancar akses koneksi internet, maka pekerjaan terselesaikan secara cepat. Telkom merupakan perusahaan penyedia jasa internet di Indonesia. Tersedia berbagai pilihan layanan akses internet berlangganan mulai diperuntukkan kepentingan individu hingga perusahaan. Tentunya telkom sangat berkontribusi dalam proses digitaliasi Indonesia.

Digitalisasi secara tidak langsung merubah sedikit budaya lama masyarakat. Dahulu masyarakat membeli kebutuhan secara datang langsung ke toko tetapi sekarang bisa membelinya secara online sebab hampir seleuruh kebutuhan dijual pada market place. Dengan cara ini lebih hemat waktu bagi masyarakat memiliki kesibukan yang padat. Munculnya berbagai macam aplikasi ojek online juga berperan mengubah kebiasaan masyarakat. Apabila sebelumnya mencari ojek motor atau mobil harus ke pangkalan atau menunggu di tempat tertentu sekarang bisa langsung memesan melalui aplikasi dan driver akan menjemput ke titik lokasi yang kita tentukan. Tak hanya itu, berbagai pilihan kuliner kini bisa dibeli melalui aplikasi online, caranya cukup memilih menu makanan diinginkan lalu memesannya dan makanan siap akan diantar ke tempat kita. Transaksi pembayaran sekarang juga praktis karena adanya inovasi dompet digital. Perkembangan digitalisasi merubah kebudayaan masyarakat dengan banyak dampak poitif. Bisa disimpulkan digitalisasi menjadi salah satu solusi pendukung kemajuan bangsa.

Masa pandemi merupakan transisi berbagai aspek kehidupan menjadi serba digital. Demi mendorong pemerataan digitalisasi nusantara, diharapkan seluruh wilayah negeri bahkan sampai pelosok terjangkau koneksi internet. Sehingga masyarakat dapat menikmati kemajuan digital dan mencegah terjadi kesenjangan teknologi digital antar masyarakat. Akselerasi digital sangat dibutuhkan karena tak hanya berpengaruh pada sektor perekonomian semata akan tetapi juga pelayanan pendidikan dan kesehatan yang berperan dalam kesejahteraan masyarakat.

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar