Perkembangan Digitalisasi di Indonesia

Perkembangan Digitalisasi di Indonesia (Sumber:Dokumentasi Pribadi)


#DigitalBisa #UntukDaerahLebihBaik 

Kira-kira apa yang pertama kali terlintas dipikiran kalian jika mendengar kata "desa" atau "pedesaan"?

Pasti yang terlintas pertama kali dipikiran kalian mengenai desa atau pedesaan adalah penduduknya yang ramah,daerah yang masih alami(sejuk) atau mungkin daerah yang identik dengan ketertinggalan kemajuan zaman?

Yuk kita simak baik-baik informasi yang aku ingin sampaikan!!

Desa adalah suatu wilayah yang dimana letaknya jauh dari hiruk pikuk kota yang dimana sebagian besar masyarakatnya masih mengandalkan pertanian sebagai mata pencaharian utamanya.Lantas apakah dengan begitu kita dapat menyimpulkan bahwa desa itu sudah pasti katinggalan zaman?Eitsss belum tentu loh suatu desa itu selalu identik dengan ketertinggalan zaman buktinya saat ini sudah semakin banyak desa-desa di Indonesia yang warganya melek teknologi,diantara lain penggunaan sosial media seperti Facebook,Twitter,Instagram,bahkan Tik-Tok sekalipun rasanya sudah tidak asing lagi ditelinga kita.

Desa merupakan suatu wilayah yang dapat dikatakan jauh dari hiruk pikuk kota yang dimana sebagian masyarakatnya masih mengandalkan

Tidak dapat dipungkiri perkembangan digitalisasi saat ini telah berkembang pesat dari waktu ke waktu dan tak hentinya para pengembangnya terus melakukan inovasi-inovasi berbasis teknologi informasi agar dapat terus membantu penggunanya dalam menyelesaikan aktivitasnya sehari-hari.

Dengan kemudahan akses tersebut tentunya membuat kita semakin terpacu semangatnya untuk memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa ini salah satunya dengan cara menjadi pengguna Internet dan media sosial yang baik, Kemudahan mengakses internet dan konten yang kita buat maupun terima kadang bisa berdampak positif dan negatif. Kita sebagai warga negara Indonesia yang baik harus bijak dalam memanfaatkan media sosial, mulai dari membuat konten, menyebarkan hingga menanggapi konten yang diterima. Banyak peluang yang terbuka di tengah kemajuan teknologi dan informasi, banyak pula tantangan yang harus dihadapi pemuda Indonesia di era modern.Jangan sampai media sosial menjadi sasaran ujaran kebencian dan penyebaran hoaks karena media sosial semestinya dimanfaatkan untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan menyebarkan konten-konten positif.

Literasi Digital

Zaman sekarang untuk memperoleh informasi apapun sangat mudah sekali kalian tinggal ketik atau search mengenai informasi yang kalian cari di web atau browser setelah itu laman tersebut akan dengan cepat menampilkan informasi yang kalian cari. Maka dari itu ,peran literasi digital sangat penting, karena dengan literasi digital mampu membuat kita untuk berpikir kritis, kreatif, dan inovatif dalam menghadapi masalah yang sedang terjadi. Literasi digital juga mampu membantu dalam memecahkan masalah, berkomunikasi menjadi lebih lancar, dan juga mampu berkolaborasi dengan lebih banyak orang.

Literasi digital sendiri dapat diartikan sebagai kecakapan menggunakan media digital dengan beretika dan bertanggungjawab untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi.

Sebagai salah satu negara dengan jumlah pengguna internet terbesar di dunia, perkembangan dunia digital di Indonesia punya dua sisi yang berlawanan dalam kaitannya dengan pengembangan literasi digital.

Di satu sisi mudahnya akses informasi memudahkan kita memenuhi kebutuhan dan rasa ingin tahu, di sisi lain dengan tidak memiliki keterampilan di dunia digital, maka hal ini akan berdampak negatif untuk kehidupan kita.

Berkembangnya peralatan digital dan akses informasi tentu menjadi tantangan sekaligus peluang. Dengan penggunaan internet yang terbilang tinggi, pihak pemerintah Indonesia mesti memikirkan cara terbaik dalam menanggulangi berita atau informasi hoaks, ujaran kebencian, dan perilaku intoleran yang dapat dengan mudah ditemui di media sosial.




Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar