Peranan PT Telkom Sebagai Penyedia Layanan Provider Telekomunikasi Telkomsel Terbaik Indonedia Di Era Pandemi COVID 19

Peranan Digital untuk penyesuaian kegiatan masyarakat di Era Pandemi COVID-19, Foto : Pinterest.com


#WritingCompetitionDigitalBisa #DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik

Belakangan ini pandemi COVID-19 kian memburuk. Fluktuasi kasus kematian dan kasus terkonfirmasi positif semakin melonjak dari waktu ke waktu. Tidak jarang beberapa daerah mengkonfirmasi status kawasan menjadi zona merah bahkan hitam. Dikutip dari data WHO (World Health Organization) negara Indonesia tercatat hingga Juli 2021 sejumlah 3,194,733 kasus terkonfirmasi positif dan 84,766 kasus kematian. Hal Tersebut membuat pemerintahan tidak diam saja. Pemerintah memberlakukan beberapa kebijakan terkait penyesuaian hidup di era pandemi seperti saat ini. Berawal dari PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Mikro, PPKM Darurat, hinggan PPKM Darurat Jilid 2. Berdasarkan dampak dari kebijakan tersebut, beberapa sektor di Indonesia mengalami dampak yang cukup signifikan, seperti halnya aktivitas perkantoran dan pendidikan. Mengkaji dari aktivitas pendidikan, sejak bulan April 2020 seluruh kegiatan pembelajaran di Sekolah dan Perguruan tinggi mengalami perubahan metode, yakni dari tatap muka secara langsung diganti dengan belajar online dari rumah. Hal ini sudah berlangsung kurang lebih 1 tahun sampai tahun 2021. Ditengah metode pembelajaran yang baru, tentunnya para siswa dan mahasiswa harus menyesuaikan kebutuhan yang menjadi pokok saat ini, kebutuhan pokok pembelajaran saat ini bukan lagi ruangan kelas, papan tulis, dan alat tulis, namun seperangkat device seperti laptop, gadget, dan yang paling utama adalah koneksi internet. Dikutip dari suara.com, mahasiswa didaerah Makassar, terutama daerah yang terpelosok dan belum banyak jangkauan internet yang masuk disana, rela mencari signal di atas gunung demi bisa mengikuti pembelajaran daring. Begitu juga dengan aktivitas perkantoran, pemberlakuan WFH (Work From Home) sudah menjadi kebijakan baru yang harus diterima setiap karyawan. Aktivias WFH (Work From Home) dan SFH (School From Home) membuat kebutuhan internet semakin meningkat. PT Telekomunikasi Seluler yang merupakan anak perusahaan dari PT Telkom Indonesia berperan penting dalam penyediaan layanan internet sebagai provider yang memiliki jaringan cukup stabil dan jangkauan wilayah yang luas. Kestabilan jaringan yang disuguhkan, tak jarang orang yang menggunakan produk dari Telkom untuk memenuhi kebutuhan internet di tengah WFH dan SFH. PT Telkom sebagai BUMN pemegang jasa telekomunikasi terbesar di Indonesia dengan mengeluarkan produknya yaitu provider kebanggaan Telkomsel, senantiasa menjaga konsistensi performa digital dengan menyuguhkan jaringan yang kuat dan layanan terbaik. Selain itu, pada 26 Juni 2019 di Kuala Lumpur, Malaysia PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) pernah meraih penghargaan internasional untuk inovasi dan kontribusi di dunia digital Indonesia, di ajang Frost & Sullivan Asia-Pasific Best Practices Awards 2019.

Grafik perkembangan COVID-19 di negara bagian Asia dari bulan April 2020 hinggan saat ini.
Grafik Pertumbuhan kasus COVID-19 Di Dunia dari Tahun 2020 hingga tahun 2021-
WHO (World Health Organization), 2021
Upaya PT Telkom untuk memperluas jangkauan jaringan di seluruh daerah Indonesia dengan memasang menara BTS, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia - 
Kompas.com, 2021

Peranan PT Telkom untuk terus berkontribusi memberikan layanan telekomunikasi dapat dilihat dari berbagai proyek yang telah dikembangkan, diantarannya proyek merah putih yang berhasil memasang sebanyak 40 menara BTS (Base Transceiver Station) di perbatasan Indonesia, khusunya Indonesia bagian Timur. Semakin banyak menara BTS (Base Transceiver Station) yang sudah dibangun oleh PT Telkom membuat jaringan semakin merata di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini menambah kepercayaan masyarakat untuk selalu menggunakan provider Telkomsel, apalagi ditengah kondisi yang mana kebutuhan internet adalah kebutuhan pokok bagi karyawan yang WFH dan pelajar untuk tetap bisa bertahan menyesuaiakan dan melanjutkan aktivitasnnya ditengah pemberlakuan kebijakan pemerintah demi penyesuaian kondisi di Indonesia agar lebih baik. Terbukti data mengatakan pengguna Provider Telkomsel yang merupakan anak perusahaan PT Telkom Indonesia tercatat 115,9 juta pelanggan pada tahun 2019 akhir. Legalitas, konsistensi, dan performa Telkomsel sebagai provider pengguna terbanyak, terbaik dan terlama semakin tahun semakin meningkat. Telkomsel hadir sebagai layanan telekomunkasi yang bergerak di industri digital memgang kepercayaan hampir seluruh masyarakat Indonesia.

Referensi

Adrikni, Rendy & Intan, Ruhaeni. 2021. Susah Sinyal, Mahasiswa Nekat Naik Gunung Demi Kuliah Online. (Online) Diakses pada tanggal 26 Juli 2021 (https://www.suara.com/news).

Madina. 2016. Perluas Jaringan Telkomsel Bangun BTS Hingga Pelosok, (Online) Diakses pada tanggal 26 Juli 2021 (https://madina.go.id/)

Millah, Saiful. 2019. Telkomsel Raih Penghargaan Sebagai Layanan Digital Terbaik Indonesia. (Online) Diakses pada tanggal 25 Juli 2021, (https://teknologi.bisnis.com/)

Oktavianis I D, Makmur M, Wachid A. 2017. Upaya PT. Telkom dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Internet Speedy Dalam Memuaskan Pelanggan (Studi pada PT. Telkom Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP). Malang : Universitas Brawijaya.

WHO. 2021. COVID-19 Situation in the WHO South- East Asia Region. (Online) Diakses pada tanggal 26 Juli 2021 (https://www.who.int/southeastasia).

Komentar (2)

  • A

    Asif

    03 Agu 2021 17.07 WIB

    Sangat bagus👍🏻👍🏻👍🏻

    Hapus
  • FA

    Faiq Aminuddin

    03 Agu 2021 17.35 WIB

    Semoga layanan Telkomsel semakin prima

    Hapus

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

X

Tekan ESC untuk keluar