Peran Telkom Melawan Infodemik Covid-19

ilustrasi disinformasi dari berbagai media, sumber gambar: nasional.sindonews.com


#WritingCompetitionDigitalBisa #DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik

Pandemi Covid-19 bukan hanya menyebabkan krisis kesehatan global. Seiring dengan penyebaran virus corona yang semakin masif, pola interaksi manusia terutama dalam hal komunikasi pun turut berubah. Tatanan kehidupan masyarakat yang sudah terbentuk selama ini tidak lagi sama. Perubahan nilai dan norma sosial yang terjadi secara sporadis sangat mengejutkan masyarakat, bahkan masih ada yang belum bisa menerimanya.

Upaya pemerintah untuk menekan angka penyebaran Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan memang terus digaungkan, penerapan pembatasan kegiatan masyarakat juga masih dilakukan. Namun, kesadaran dan kedisiplinan dari masyarakat belum maksimal. Bahkan respon masyarakat terhadap upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 sangat lambat.

Infodemik ditengarai menjadi pemicu kebingungan, ketakutan dan ketidakpercayaan publik. Hal ini dapat mendegradasi langkah-langkah pemerintah dalam menangani pandemi. Akselerasi digital memang telah meningkat dalam berbagai aspek kehidupan. Adopsi masyarakat terhadap transformasi digital sangat cepat karena pandemi. Namun, jika tidak diimbangi dengan pola pikir alternatif dan pemikiran futuristik, infodemik mampu menjebak publik dalam pemahaman yang salah.

Bahaya Infodemik bagi Masyarakat

Dilansir dari beritasatu.com, infodemik pertama kali diucapkan oleh Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. Infodemik merupakan penyebaran disinformasi dengan volume yang besar dan secara cepat. Infodemik terjadi di tengah peristiwa yang menjadi perhatian masyarakat dalam skala besar, dalam hal ini Covid.19. Infodemik ibarat sebuah mikroba berbahaya di tengah pandemi yang belum juga usai.

Pandemi Covid-19 menyebabkan akses terhadap teknologi semakin tinggi. Penggunaan internet mengalami peningkatan karena berbagai aktivitas mengalami pergeseran menjadi kegiatan daring. Di satu sisi, jumlah informasi palsu yang beredar luas di media digital juga meningkat. Informasi tidak sesuai fakta menyebar lebih cepat daripada Covid-19. Akibatnya, terjadi kesenjangan dalam pengetahuan publik karena proses transmisi informasi yang tidak tepat. Menjadi ironi jika banyak yang mempercayai informasi palsu meskipun tidak jelas sumbernya dan informasi faktual hanya memiliki dampak sangat kecil terhadap masyarakat.

Jika media digital dimanfaatkan dengan mengacu pada keterbukaan informasi publik yang berkualitas, kehidupan masyarakat dapat terus berkembang dengan manfaatnya. Tapi jika sebaliknya, akan timbul infodemik yang menimbulkan gejolak sosial di tengah masyarakat. Publik masih membutuhkan edukasi tentang penggunaan media digital yang menyajikan keterbukaan informasi publik secara efektif dan efisien. Hal ini bertujuan agar pesan dan informasi dapat tersalurkan dengan transparan, akurat dan tepat sasaran.

Peran Telkom dalam Memerangi Infodemik

ilustrasi daerah penyebaran Covid-19
Ilustrasi daerah penyebaran Covid-19, sumber gambar : Indonesiabergerak.com

Adanya informasi Covid-19 yang kontradiktif dari satu sumber dengan sumber yang lain, menjadi masalah klasik yang kerap muncul di tengah masyarakat. Maka menjadi sangat penting untuk menyelaraskan informasi publik dari pemerintah kepada masyarakat.

Pemerintah bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk sebagai penyedia layanan yang mumpuni dalam penyediaan saluran informasi yang absah perihal Covid-19. Telkom mendukung pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika mengembangkan aplikasi pedulilindungi. Aplikasi ini mampu memberikan informasi perihal penyebaran Covid-19 di lingkungan sekitar.

Telkom juga mengoptimalkan digitalisasi dan memberikan sumber informasi yang sahih bagi masyarakat perihal Covid-19. Melalui MDI Ventures, Telkom membuat website Indonesia Bergerak yang didukung oleh 4 startup binaan Telkom sendiri, dan ditambah dengan beberapa startup lain yang turut berpartisipasi. Website ini memberikan banyak informasi penting seputar Covid-19, menyajikan data perkembangan pasien dan daerah penyebaran Covid-19, juga pencegahan Covid-19 melalui media chat interaktif.

Telkom juga mendukung upaya pemerintah dalam mensukseskan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19, melalui sistem infrastruktur informasi dan Satu Data Vaksinasi Covid-19. Hal ini bertujuan agar distribusi vaksin dapat optimal, tepat waktu dan sasaran. Dengan menyediakan platform big data, cloud dan pusat data, serta jaringan konektivitas yang baik, Telkom membantu akses informasi dan data distribusi vaksin sesuai kebutuhan pemerintah. Satu Data Vaksinasi Covid-19 mengintegrasikan data vaksin masyarakat dalam bentuk by name, by address dari berbagai sumber, sehingga nantinya dapat menjadi alat ukur pemerintah dalam memetakan dan mendistribusikan vaksin di seluruh Indonesia. Dengan demikian, data ganda ataupun disinformasi perihal data vaksinasi dapat terhindarkan.

Dalam menghadapi Covid-19 yang semakin tinggi penyebarannya, penting untuk mengakses media digital dengan mempertimbangkan kemampuan literasi suatu sumber, dalam artian menerapkan standar ketat dalam mengolah data dan penelitian sehingga dapat dipertanggungjawabkan kepada publik. 

Telkom adalah contoh penyedia layanan yang turut mendukung akselerasi transformasi digital guna menjadikan Indonesia lebih baik. Dengan data dan informasi yang memadai, Telkom telah membantu masyarakat menerima manfaat komunikasi dan informasi dari media digital sebagai rujukan kebenaran. Dengan demikian potensi negatif dan bahaya yang ditimbulkan dari bias informasi Covid-19 dapat terhindarkan. Pemahaman yang benar akan memampukan masyarakat menanggapi pemberitaan Covid-19 dengan bijak, menumbuhkan kesadaran dan kepatuhan yang tinggi terhadap program pemerintah dalam menekan laju penyebaran Covid-19.

Sources:

https://swa.co.id/swa/csr-corner/telkom-indonesia-optimalisasi-digital-untuk-penanganan-covid-19-dan-pemulihan-ekonomi-nasional

https://www.telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/news/indonesia-bergerak,-ayo-lawan-virus-covid-19-1103

https://www.beritasatu.com/nasional/741061/infodemik-covid19-dikembangkan-untuk-menurunkan-kepercayaan-publik-terhadap-pemerintah

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar