Peran Generasi Muda dalam Digitalisasi di Pelosok Negeri

Doc: Pribadi


#DigitalBisa #UntukDaerahLebihBaik

Memasuki abad 21 ini, transformasi teknologi berkembang cukup pesat di seluruh penjuru dunia. Digitalisasi erat kaitannya dengan pembahasan akhir-akhir ini baik di dunia maya maupun dunia nyata. Apa yang dimaksud dengan digitalisasi? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), digitalisasi adalah proses pemberian atau pemakaian sistem digital.  [1]

 Meningkatnya pemakaian sistem digital juga terjadi di negeri kita tercinta, Indonesia.  Digitalisasi sudah mulai terlihat dari munculnya berbagai inovasi dan teknologi digital yang sudah hadir di mana-mana. Pemerataan digitalisasi sangat diperlukan dalam mendukung perkembangan digitalisasi itu sendiri. 

Salah satunya melalui peran generasi muda dalam meningkatkan digitalisasi di pelosok negeri. Generasi muda memiliki peran penting dalam mendukung digitalisasi. Sudah umum dibicarakan bahwa generasi muda tidak asing dengan perkembangan teknologi. Dimulai dari keberadaan internet yang memudahkan akses informasi dimana pun dan kapan pun berada. Perkembangan cukup pesat dapat dilihat dari beredarnya media sosial, aplikasi digital, hingga transformasi kegiatan lainnya yang sudah beralih menggunakan teknologi. Pemanfaataan teknologi guna mendukung digitalisasi di Indonesia dinilai cukup penting. Hal ini sejalan dengan upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mendukung digitalisasi. Sebagai contoh, Kemkominfo yang terus berupaya mendorong percepatan digitalisasi di Indonesia. [2]

Selanjutnya, apa saja peran yang bisa dilakukan generasi muda dalam mendukung digitalisasi? Berikut dua gambaran terkait peran generasi muda dalam mengupayakan peningkatan digitalisasi di pelosok negeri.

Pemuda sebagai Agent of Change

Generasi muda sering kali disebut sebagai agent of change yang memiliki arti agen perubahan. Mengapa disebut demikian? Karena pemuda merupakan harapan bangsa yang akan menjadi penerus untuk keberlanjutan pembangunan negara Indonesia ini. Sebagai generasi penerus, tentu diharapkan mampu menjadi penggerak perubahan yang dapat mengedukasi masyarakat seputar digitalisasi. 

Bagaimana caranya? Cukup mudah, bisa dimulai dengan mulai memberdayakan lingkungan sekitar. Seperti yang diketahui bersama, generasi muda dianggap lebih melek digital dibandingkan dengan generasi lainnya. Hal ini mendorong dibutuhkannya peran generasi muda untuk turut mengambil bagian dalam memajukan Indonesia.

Generasi muda dapat berperan aktif mendukung penggunaan teknologi digital dengan baik dan efektif. Salah satunya melalui kampanye digital di media sosial tentang penggunaan bijak bermedia sosial. Dengan adanya kegiatan edukasi seperti ini diharapkan menjadi pemicu atau pendorong masyarakat untuk lebih peduli tentang pemanfaatan sistem digital dan mengelolanya secara efektif.

Pekembangan yang ada saat ini juga menimbulkan munculnya istilah baru terkait literasi digital. Peran generasi muda juga diperlukan dalam menyukseskan literasi digital, khususnya di pelosok negeri. Dengan adanya kegiatan seperti edukasi pengenalan digital dan pemanfaatannya dapat mendorong tingkat digitalisasi yang ada di Indonesia.

Pemuda sebagai Pahlawan Digital

Pahlawan digital erat kaitannya dengan sosok yang membawa budaya digitalisasi dalam kehidupan sehari-hari. Sosok inilah yang dibutuhkan pada masa sekarang, nilai juang dan semangatnya berada dalam diri seorang pemuda. Kontribusi aktif dalam lingkungan menjadi salah satu faktor penting yang menjadi motivasi untuk generasi muda lainnya yang memiliki tanggung jawab yang sama.

Inovasi digital diperlukan dalam hal ini, melalui semangat kaum muda diharapkan dapat menumbuhkan bibit karya baru yang dapat ikut serta mendukung digitalisasi di pelosok negeri. Tidak ada yang sulit apabila keinginan kemauan sudah menempel dalam jiwa dan dada seorang pemuda. Harapan itu nyata adanya, generasi muda diharapkan mampu menjadi penggerak digitalisasi.

Dengan demikian, peran generasi muda dalam digitalisasi di pelosok negeri sangatlah penting. Kesadaran akan pentingnya digitalisasi juga perlu ditanamkan sejak dini. Motivasi dan semangat dari generasi lain juga menjadi salah satu faktor pendorong digitalisasi. Semuanya akan berjalan sesuai yang diinginkan dengan bantuan dari berbagai pihak yang terlibat. Kini saatnya kita bersama-sama saling mendukung untuk meningkatkan digitalisasi khususnya di pelosok negeri.

[1] https://kbbi.web.id/digitalisasi

[2] https://www.beritasatu.com/digital/755595/ini-strategi-kemkominfo-dorong-percepatan-digitalisasi-di-indonesia

Komentar (3)

  • MS

    Mama Safa

    27 Okt 2021 12.05 WIB

    Sepakat, agar kesempatan warga negara untuk akses pendidikan utamanya sama dimanapun mereka berada. 😍

    Hapus
  • PS

    Putri Sundari

    27 Okt 2021 13.52 WIB

    Keren bangett

    Hapus
  • IS

    Imroatus Sholihah

    27 Okt 2021 13.56 WIB

    Kerennn🤩🤩

    Hapus

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar