Pentingnya Kehadiran Orang Tua Saat Anak Menggunakan Gadget

Pengawasan Orang Tua | Sumber : Unsplash.com


#DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik

Pengaruh gadget di masa sekarang

Bayangkan setiap informasi yang dulunya hanya bisa kita dapatkan dari buku yang ada di perpustakaan atau berita yang biasanya kita harus lihat melalui televisi dan koran harian, bahkan hiburan secara audio visual yang dulunya ada di televisi sekarang semuanya bisa diakses melalui sebuah alat yang sangat efisien bentuknya. Ya, alat ini adalah gawai atau gadget yang biasanya kita sebut sebagai smartphone, alat yang berukuran telapak tangan orang dewasa ini bisa membuat kita dapat mengakses berbagi informasi yang ada di dunia ini, mulai dari buku-buku yang sekarang bisa diakses dalam bentuk E-Book, lalu berita harian yang sekarang selalu muncul di laman google sebagai headline setiap hari, serta berbagai hiburan yang bisa memanjakan kita saat ingin menghibur diri. Tentu saja karena alasan itu semua sekarang banyak orang dari usia yang cukup dini hingga yang sudah berumur sangat berketergantungan akan alat ini.

Hubungan smartphone dan internet

Keterikatan smartphone dengan internet. Foto : Unsplash

Keterikatan smartphone dengan internet. Foto : Unsplash

Dengan kelebihan smartphone yang begitu banyak, ada syarat penting agar si penggunanya bisa mengakses hal tersebut, yaitu internet, yang mana dalam internet sendiri menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh orang-orang yang menggunakannya, tidak hanya sekadar mendapatkan informasi, akan tetapi penggunanya juga bisa berkomunikasi melalui internet yang digunakan oleh smartphone tersebut. Karena besarnya informasi yang tersedia dan hampir tidak terbatas, maka terkadang ada beberapa pengguna yang rentan sekali dalam menggunakan smartphone dan internet, banyak informasi yang tidak sesuai dengan umur perngguna tertentu bahkan sampai informasi yang seharusnya tidak ada di dalam internet. Contoh sederhana dari pengguna yang rentan adalah anak-anak di bawah umur dan orang yang tidak mempunyai batasan dalam dirinya dalam menggunakan internet dan smartphone.

Pentingnya pengawasan orang tua pada anak saat menggunakan smartphone dan internet

Dengan penjelasan di atas tadi tentu sekarang kita tahu mengapa sebuah smartphone dapat memberikan efek positif atau negatif kepada penggunanya. Untuk anak-anak sendiri, smartphone bisa menjadi hiburan yang menarik saat orang tua sedang sibuk dan tidak bisa menemani anak bermain, mereka bisa mengakses berbagai permainan yang ditujukan kepada anak kecil seperti “Talking Tom” atau bisa juga berbagai video edukasi yang ditujukan pada anak-anak dalam kanal video youtube seperti ABCD yang dibalut dengan visual warna-warni dan diiringi dengan lagu yang menarik bagi anak-anak, lalu bagi orang dewasa sendiri, smartphone bisa menjadi hiburan pelepas stres dikala senggang dengan sekadar menonton film atau berkomunikasi secara daring dengan orang lain. Tidak hanya itu, para orang dewasa yang ingin selalu “up-to-date” dengan berita terkini dapat langsung mencarinya di internet atau di sosial media.

Lantas kenapa anak-anak perlu diawasi?

Perlu diingat dikarenakan terdapat bebagai hiburan yang ada pada sebuah smartphone, maka anak-anak akan cenderung merasa adiktif pada hal ini, sekarang banyak sekali anak kecil disekitar kita yang ke mana-mana selalu memegang smartphone orang tuanya, hal ini dikarenakan orang tua tersebut selalu mengandalkan gadget sebagai pengganti mereka disaat mereka sedang sibuk. Banyak orang tua zaman sekarang tidak bisa memberikan edukasi dalam bentuk hiburan yang menarik sehingga mereka selalu mengandalkan smartphone, hal ini menyebabkan si anak hanya akan merasa terhibur jika mereka menonton atau memainkan permainan yang ada pada smartphone tersebut. Orang tua seharusnya mengawasi dan membatasi serta harus bisa memberikan edukasi pada anak saat mereka menggunakan smartphone.

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar