PeduliLindungi Versi Baru Sudah Keluar, Begini Cara Pasangnya

Ilustrasi tampilan baru PeduliLindungi yang kini bisa diunduh melalui AppStore dan PlayStore


“Loh, kok tampilan PeduliLindungi berubah ya?”

Pertanyaan itu muncul di benak Dul waktu dia memasang aplikasi pelacakan (tracing) digital PeduliLindungi di smartphone barunya. Setelah dibelikan smartphone baru oleh orangtuanya, Dul memang langsung mengunduh aplikasi PeduliLindungi yang dianggap sangat membantunya beraktivitas di masa kenormalan baru.

Akan tetapi, Dul bingung karena tampilan PeduliLindungi yang baru dia unduh berbeda dengan sebelumnya. Dul pun curiga dan khawatir. “Jangan-jangan aku salah mengunduh aplikasi? Ini aplikasi PeduliLindungi asli atau bukan ya?” batinnya.

Demi mencari jawaban atas kegelisahannya, Dul langsung menghubungi Lindung, sahabat yang mengenalkan PeduliLindungi kepadanya beberapa pekan lalu. Percakapan kedua teman dekat ini pun berlangsung melalui aplikasi pesan singkat.

“Lindung, aku sudah punya smartphone baru nih! Tapi aku bingung, mau ada yang kutanyakan padamu,” tulis Dul.

Tak beberapa lama, Lindung membalas pesannya.

“Hai Dul, wah selamat ya punya handphone baru nih akhirnya. Ada apa Dul? Apa yang bisa kubantu?” respon Lindung.

Tanpa menunggu lama, Dul langsung menanggapi pesan Lindung. “Ini Lindung, aku bingung soalnya waktu aku pasang PeduliLindungi di handphone baru kok tampilannya aneh ya?”

“Aneh seperti apa? Coba kirim sini tangkapan layarnya ke aku,” jawab Lindung.

Dul lantas mengirim tangkapan layar yang menampilkan PeduliLindungi hasil unduhannya. Dia mengirimkan gambar itu disertai pertanyaan, “Ini Lindung, aneh kan? Kok bukan seperti PeduliLindungi yang versi terakhir aku pakai ya? Aku salah pasang aplikasi kah?”

Tampilan baru PeduliLindungi

Setelah beberapa menit mengirim pesan, Dul mendapat balasan dari Lindung. Sambil disertai tawa, Lindung menjelaskan perbedaan desain PeduliLindungi yang baru saja dipasang sahabatnya.

“Hahaha, Dul, kamu itu lucu. Aplikasi yang kamu pasang itu benar PeduliLindungi yang asli. Tenang saja,” jawabnya.

“Oh iya? Tapi kenapa tampilannya beda ya?” tanggap Dul.

“Iya Dul, PeduliLindungi memang sekarang tampil beda jadi lebih simpel. Tapi tenang saja, kamu nggak perlu khawatir. Meski desainnya baru, fungsi PeduliLindungi tetap bisa kok buat bantu kita beraktivitas selama pandemi,” jawab Lindung.

“Wah syukur deh, aku kira salah pasang aplikasi. Tapi benar sih, Lindung, tampilan yang baru ini simple banget. Aku suka deh,” kata Dul.

“Bukan cuma jadi lebih bagus tampilannya Dul. Di model baru PeduliLindungi juga sudah matikan fitur pelacakan lokasi setiap saat loh. Jadi fitur pelacakan cuma aktif kalau kamu pakai aplikasi waktu check-in atau cek sertifikat vaksin dan hasil tes covid-19 saja,” tanggap Lindung.

“Wah bagus nih jadi makin membantu ya. Kamu paham benar ya Lindung soal aplikasi ini. Kamu sudah pasang ya versi barunya?” tanya Dul.

Lindung menjawab pertanyaan Dul dengan emotikon tertawa. Kemudian dia menulis, “Hehehe, aku malah belum pasang Dul! Lupa aku belum cek versi barunya. Kamu pasang dari store kan ya?”

“Walah, dasar kamu Lindung. Iya kamu pasang dan unduh saja dari AppStore atau Google Play Store. Nanti setelah masuk halaman aplikasi PeduliLindungi, kamu tinggal pasang. Ayo Lindung, pasang sekarang biar kita bisa sama-sama lihat fitur barunya PeduliLindungi. P.S: Biar aku bisa lebih enak bertanya kalau ada yang aku kurang paham sih, hehehe,” jawab Dul berkelakar.

“Ah kamu mengejek saja Dul. Oke deh, aku pasang dulu versi barunya PeduliLindungi. Nanti kalau ada apa-apa, kabari saja ya,” ujar Lindung sekaligus mengakhiri percakapan.

BACA JUGA: Ada yang Baru di PeduliLindungi, Apa Saja Tuh?

BACA JUGA: Tips Simpel Gunakan PeduliLindungi Tanpa Smartphone

Komentar (2)

  • RK

    Robby kusworo

    25 Okt 2021 11.11 WIB

    Mau aktifkan versi baru

    Hapus
  • Y

    Yanti

    25 Okt 2021 14.02 WIB

    Tapi menu paspor digital tidak muncul yg versi barunya

    Hapus

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Dengan mengirimkan komentar, saya menyetujui peraturan berkomentar di #DigitalBisa

Tekan ESC untuk keluar