Pandemi COVID-19 Akselerasikan Digitalisasi Bidang Pendidikan dan Perekonomian Kehidupan Masyarakt Indonesia

(Sumber gambar : https://fikrarachmania.wordpress.com/2016/11/25/komunikasi-digital/)


#WritingCompetitionDigitalBisa #DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik

Pandemi covid-19 yang terjadi di seluruh dunia mengakibatkan segala aspek bidang kehidupan mengalami transisi secara menyeluruh, baik itu bidang perekonomian, pendidikan, sosial dan budaya. Perubahan besar yang terjadi ini mengakibatkan setiap orang dituntut untuk bisa beradaptasi dengan situasi yang sedang terjadi serta mampu untuk bertahan dalam kondisi demikian. Hal ini tentunya menjadi persoalan baru yang dihadapi manusia, di tengah-tengah situasi yang sedang dihadapi ini setiap orang berusaha untuk berpikir keras bagaimana cara menjalani kehidupan di tengah-tengah pandemi covid-19 yang terjadi kini.

Adanya pandemi covid-19, menyebabkan akselerasi digital berjalan sangat cepat, Sebab kondisi pandemi covid-19 membuat kita tidak punya pilihan selain memanfaatkan potensi yang ada sepenuhnya untuk dapat beradaptasi. Teknologi digital bukan lagi sebagai suatu pilihan atau hanya sebatas kebutuhan sekunder lagi, melainkan teknologi digital sudah menjadi keharusan dan kewajiban bagi semua orang guna menunjang segala aktivitas di tengah-tengah pandemi covid-19. Secara tidak langsung hal ini mengakibatkan segala aspek bidang kehidupan masyarakat mentransformasikan segala aktivitasnya seperti pekerjaan, belajar, perekonomian dan lain sebagainya ke dalam bentuk platform digital.

Teknologi digital adalah suatu alat yang tidak lagi menggunakan tenaga manusia secara manual, tetapi cenderung pada sistem pengoperasian yang otomatis dengan sistem komputerisasi atau format yang dapat dibaca oleh komputer. pada dasarnya teknologi Digital adalah perkembangan dari teknologi Analog. Namun teknologi analog masih menggunakan sistem yang manual, dalam artian belum sepenuhnya dapat bekerja secara otomatis seperti pada teknologi digital. Teknologi analog pada dasarnya hanyalah alat yang sederhana dengan program yang tertentu saja seperti telepon biasa (bukan smartphone), transistor, Tabung TV, IC-IC TTL, IC Catu daya. Sedangkan contoh dari teknologi digital seperti telepon seluler, CD untuk penyimpanan data, komputer, dan lain sebagainya.

Digitalisasi tidak dapat dihentikan, pandemic covid-19 membuat teknologi digital sebagai suatu kewajiban bukan keharusan. Teknologi digital sudah menjadi backbone segala aktivitas masyarakat. Penggunaanya sendiri pun terbilang efektif dan efisien mengingat kondisi saat ini mengharuskan kita untuk tetap berdiam diri di rumah. Teknologi digital telah banyak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, dimana keberadaannya berperan sebagai media atau alat bantu aktivitas di berbagai bidang seperti dalam bidang penelitian, pendidikan, bisnis, sosial, dan lain sebagainya.

Adapun beberapa aplikasi yang seringkali digunakan di sini dan tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari adalah zoom, Goggle meet, aplikasi belanja online, Laptop, Smartphone, dan lain sebagainya. Berikut beberapa manfaat teknologi digital di berbagai bidang kehidupan masyarakat indonesia.

Bidang pendidikan

Indonesia punya tantangan besar dalam menghadapi penanganan Covid-19. Dari semua aspek yang menjadi tantangan saat ini, salah satu aspek yang menjadi konsentrasi adalah aspek pendidikan, yang signifikan untuk didiskusikan. Aspek pendidikan menjadi konsentrasi penulis, karena penulis sendiri juga ikut mengalami pendidikan si tengah-tengah pandemic covid-19. Banyak hal baru serta tantangan-tantangan yang penulis alami selama menjalani studi sebagai mahasiswa di tengah-tengah pandemic covid-19.

Pandemic covid-19 yang terjadi memaksa pemerintah untuk mengambil kebijakan social distancing atau physical distancing (menjaga jarak fisik) di kehidupan bermasyarakat guna untuk memperlambat lajunya penyebaran covid-19. Menteri pendidikan republik indonesia menanggapi permasalahan ini dengan memberlakukan kebijakan belajar dari rumah atau yang lebih dikenal dengan sistem pembelajaran online (Daring).

Pemberlakuan belajar dari rumah (Daring) membuat sebagian pelajar dan mahasiswa kaget dan shock. Semuanya bukan tanpa alasan, teknologi digital menjadi hal baru bagi sebagian pelajar di indonesia sebab tidak semua mempunyai dan memiliki teknologi yang dapat diakses kapan saja. Pandemi covid-19 membuat para pelajar maupun orang tua beradaptasi dengan kondisi saat ini khususnya dengan teknologi berbasis digital yang digunakan. Mungkin bagi sebagian masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan teknologi digital bukanlah sesuatu yang asing bagi mereka namun bagaimana dengan masyarakat yang tinggal di pedalaman. Tentu hal ini menjadi tantangan double bagi mereka, di samping menyesuaikan dengan pandemic covid-19 mereka juga dituntut untuk beradaptasi dengan penggunaan teknologi digital.

Tetapi kita tidak punya pilihan, mau tidak mau serta suka tidak suka teknologi digital harus kita jalani. Teknologi digital bukan lagi sebagai pilihan melainkan kewajiban bagi para pelajar di indonesia. Penggunaan teknologi digital sendiri dapat menjadi nilai positif bagi pendidikan di indonesia sebab hal ini akan mempercepat digitalisasi khususnya di bidang pendidikan. Selain itu penggunaan teknologi digital juga terbilang efektif bagi para pelajar dan mahasiswa, di samping mengurangi risiko kesehatan hal ini juga akan membantu pemerintah untuk mewujudkan pendidikan indonesia yang modern. Sehingga pendidikan indonesia dapat mengejar dari ketertinggalan.

Bidang ekonomi

Di bidang ekonomi teknologi digital sendiri bukanlah suatu hal yang baru, jauh sebelum adanya pandemic covid-19 kegiatan perekonomian sudah banyak dilakukan melalui media digital seperti transaksi online, belanja online, iklan online, dan tokoh online.

Merebak nya kasus covid-19 menjadi titik balik bagi segala perekonomian di indonesia, tidak terkecuali bagi para pengusaha UMKM untuk dapat mempertahankan usahanya serta pendapatan secara maksimal. Dalam situasi pandemi COVID-19 yang hingga kini belum bisa dipastikan kapan akan berakhir, pemanfaatan teknologi menjadi cara yang paling tepat agar roda perekonomian bisa tetap berlangsung dan terus berjalan. Meskipun penggunanya perlu penyesuian dan adaptasi secara perlahan pengguna teknologi digital terbilang efektif dan efisien. Sebab selain mengurangi risiko kesehatan hal ini juga dapat menjadi cara baru untuk dapat bertahan di tengah-tengah pandemic yang terjadi.

Pandemic yang sudah terjadi 1 tahun 5 bulan atau tepatnya sejak awal tahun 2020 sampai detik ini, dimana ini artinya kita sudah cukup lama hidup bersama pandemi covid-19. Memang ini semua membuat kita panic dank shock. Namun kita harus siap menjalani kehidupan baru ini, yang artinya siap tidak siap kita harus berani dan dapat bertahan di tatanan baru kehidupan. Semuanya kembali lagi kepada diri kita masing-masing, Apakah diam berpangku tangan dan menyalahkan keadaan? atau berani ambil risiko dan berpikir keras untuk dapat bertahan?

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_analog

http://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajaran-online-di-tengah-pandemi-covid-19-tantangan-yang-mendewasakan/

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4314395/teknologi-digital-jadi-penopang-berjalannya-perekonomian-dan-pendidikan-di-masa-pandemi

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

X

Tekan ESC untuk keluar