Olimpiade Siswa Cerdas Jawa Barat Berlangsung Sukses, Berikut Daftar Juaranya

OSC Jawa Barat yang diselenggarakan Pijar Sekolah, POSI, dan Dinas Pendidikan Jawa Barat sukses berjalan tanpa kendala | Sumber: Telkom Indonesia


Olimpiade Siswa Cerdas (OSC) Provinsi Jawa Barat resmi berakhir setelah berlangsung pada 10-15 November 2021. Lomba yang diselenggarakan Pijar Sekolah berkolaborasi dengan Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) dan Dinas Pendidikan Jawa Barat ini berjalan lancar dan berlangsung secara daring sejak awal.

Pada lomba yang diikuti tiga ribu lebih peserta ini, siswa dari SMAN 3 Bekasi Jefta Kena Shalom Tarigan keluar menjadi juara pertama. Juara kedua diraih Christopher Raynard dari SMAS Regina Pacis, dan Juara 3 adalah Alandra Salvira Lim dari SMA Kristen Penabur Cirebon.

Para juara OSC Jawa Barat berhak atas hadiah senilai total lebih dari Rp15 juta. Hadiah bagi para juara OSC Jawa Barat diserahkan langsung oleh Executive Vice President PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Regional 3 Sujito, Head of Education Ecosystem Telkom Prasabri Pesti, dan Kepala Teknologi Informasi Pendidikan Budi Hermawan.

Saat menyerahkan hadiah bagi para juara OSC Jawa Barat, Sujito menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh sekolah yang mengikuti acara ini. Dia berkata, perlombaan ini memberikan nilai positif dan jiwa kompetitif kepada tiap peserta. Kedua hal ini diharap membawa dampak bagus terhadap pengembangan diri para siswa dan sekolah di Jawa Barat.

“Terima kasih kepada para peserta Olimpiade Siswa Cerdas Pijar Sekolah Jawa Barat dan juga kepada sekolah-sekolah yang telah mengikuti rangkaian acara. Olimpiade ini membawa nilai-nilai yang postif bagi sekolah-sekolah di Jawa Barat dan juga menumbuhkan rasa kompetitif di antara pesertanya,” kata Sujito.

BACA JUGA: Sekolah dan Belajar Digital Secara Asyik? Begini Caranya!

OSC digelar dengan tujuan menumbuhkembangkan kemampuan belajar dan pengetahuan peserta didik tingkat SMA, SMK, dan MA di berbagai daerah. Sebelum digelar di Jawa Barat, OSC telah diselenggarakan di DKI Jakarta dan Lampung.

Sepanjang acara, peserta saling berlomba menjawab berbagai pertanyaan bertema PPKN, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Sejarah Indonesia. Lomba diikuti peserta secara sepenuhnya daring, dengan syarat para siswa diwajibkan menggunakan seragam dan mengaktifkan kamera gawai selama mengikuti acara. Kewajiban ini diberikan untuk menjamin kejujuran siswa selama berlomba.

Tahapan OSC Jawa Barat telah dimulai sejak masa registrasi pada 25 Oktober – 7 November. Setelah itu, babak penyisihan OSC Jawa Barat dilakukan pada 10 November. Dari babak penyisihan tersebut terpilih 15 peserta lolos ke babak final yang diselenggarakan pada Senin (15/11).

Tahap final OSC Jawa Barat digelar dalam dua babak. Pertama, 15 finalis diminta mengerjakan 50 soal dalam waktu 60 menit. Setelah itu, 5 peserta terpilih untuk menempuh babak kedua dan dihadapkan dengan 10 soal yang harus diselesaikan dalam waktu maksimal 20 menit.

BACA JUGA: Mengenal Lebih Dekat Metode Belajar Hybrid atau Blended yang Mulai Diterapkan di Indonesia

Kelima peserta terakhir berhak atas penghargaan sebagai Juara 1, 2, 3 dan Harapan 1 serta 2 OSC Jawa Barat. Pemenang OSC Jawa Barat langsung diumumkan di hari yang sama dengan perhelatan babak final.

Selain kepada para pemenang, hadiah juga diberikan penyelenggara OSC Jawa Barat untuk pemenang kompetisi Twibbon dan sekolah yang paling banyak mendaftarkan peserta didiknya di perlombaan ini. Pemenang kompetisi Twibbon mendapat hadiah saldo LinkAja senilai Rp100 ribu. Kemudian, dua sekolah pengirim peserta terbanyak yakni SMAN 7 Bekasi dan SMAN 1 Cibinong mendapat hadiah akses gratis Sooltan Net selama setahun.

“Semoga para siswa yang mengikuti OSC Jawa Barat bisa menjadi pahlawan kebanggaan dari sekolahnya masing-masing” ujar OSM BGES Telkom Regional 3 Ricka Febriliantina.

Meski sudah berakhir, babak final OSC Jawa Barat bisa disaksikan melalui tayangan ulang pada kanal YouTube Pijar Sekolah. Para siswa dan pihak sekolah di berbagai daerah juga bisa terus mengikuti perkembangan informasi seputar penyelenggaraan olimpiade serupa pada laman resmi Pijar Sekolah di pijarsekolah.id

Sebagai informasi, Pijar Sekolah merupakan platform sistem manajemen sekolah yang dikelola Telkom Indonesia. Platform ini bisa dimanfaatkan untuk membantu implementasi sistem pembelajaran digital terpadu di sekolah, agar kegiatan belajar-mengajar secara digital dapat berlangsung secara seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan siswa untuk mendukung kegiatan belajar mereka.

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar