Nonton TV Gratis dan Bergambar Jernih Kini Tak Lagi Mimpi

Ilustrasi televisi | Sumber: Pixabay/mohamed_hassan


Kenapa harus pakai TV digital?

Pertanyaan tersebut mungkin sering kita sampaikan saat berbincang dengan teman, saudara, pasangan, atau sekedar bergumam sendiri saat mendengar/membaca berita tentang TV digital. Istilah TV digital memang semakin sering kita dengar terutama sejak 2 tahun terakhir.

Secara sederhana, TV digital dapat diartikan sebagai sistem penyiaran televisi yang dilakukan secara digital dengan teknologi canggih. Karena dilakukan secara digital, kualitas gambar dan suara tayangan televisi digital jauh lebih bagus dibanding TV analog.

Masih bingung membedakan TV digital dan analog? Contoh simpelnya seperti ini, siaran televisi digital pasti pernah kamu lihat apabila sedang menonton TV berbayar, kanal-kanal televisi dari luar negeri, atau mengakses TV dari kamar hotel dan restoran. Sementara tayangan televisi analog adalah siaran yang biasa kamu lihat di rumah, dan identik dengan banyaknya “semut” yang mengganggu kejernihan tayangan.

Biasanya, kalau sudah melihat tayangan penuh “semut”, kita pasti kesal dan langsung sibuk mengotak-atik antena. Kalau untung, kita bisa cepat dapat posisi antena yang pas sehingga tayangan kembali bagus. Akan tetapi, tak jarang kita akhirnya harus kesal dan menyudahi kegiatan menonton TV karena siaran tak kunjung membaik.

Nah, kalau kita menggunakan TV Digital, enggak akan ada lagi gangguan “semut” saat menonton televisi. Kualitas tayangan juga terjamin bagus, setara gambar dan suara yang biasa kita lihat waktu menonton TV di hotel atau menggunakan layanan berbayar.

BACA JUGA: Berkenalan dengan Sejumlah Istilah Penting di Bidang Teknologi Komunikasi

Kamu bisa nonton tayangan TV digital dengan mudah dari rumah. Ada dua cara yang dapat dilakukan. Pertama, kalau perangkat TV sudah mendukung siaran digital, kamu bisa langsung mencoba menangkap siaran TV digital melalui opsi pengaturan jaringan.

Kedua, kalau TV belum mendukung siaran digital, kamu harus memasang Set Top Box (STB) untuk menangkap jaringan digital. STB bisa kamu beli dengan harga terjangkau di berbagai toko dan lokapasar. Setelah kamu beli dan pasang alat itu, kamu bisa langsung mencari jaringan siaran digital menggunakan remote control STB.

Kita mulai sekarang harus mengatur televisi agar bisa menangkap siaran digital, karena pemerintah telah mengeluarkan kebijakan menghentikan siaran TV analog selambat-lambatnya per 2 November 2022. Enggak perlu takut dan ragu, soalnya siaran dari TV digital dipastikan terjamin bagus dan lebih beragam program-programnya dibanding apa yang kita dapat kalau memakai TV analog.

BACA JUGA: Bermain Gim Tanpa Hambatan dengan Platform Buatan Anak Bangsa

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar