Meniti Karir di Sektor Digital Sejak Dini Bukan Lagi Mimpi

Ilustrasi | Pixabay/nattanan23


Jumlah pekerja di bidang digital dipastikan terus bertambah ke depannya. Akumulasi pekerja digital di Indonesia bahkan ditargetkan bisa mencapai 9 juta orang pada 2030 mendatang. Jutaan SDM di bidang digital ini harus dioptimalkan keberadaannya untuk membawa kemaslahatan bagi bangsa dan negara.

Agar SDM di bidang digital bisa memiliki kualitas mumpuni, kesempatan untuk berlatih dan bekerja harus sering diberikan kepada mereka. Melalui pelatihan dan pengalaman kerja yang banyak para SDM di bidang digital dapat semakin berkembang kemampuannya.

Kesempatan bagi para talenta digital untuk mengembangkan kapasitasnya kini sangat terbuka lebar. Salah satu sarana yang bisa dimanfaatkan para pekerja digital untuk terus meningkatkan kemampuannya adalah melalui platform Codex.

Codex adalah platform atau tim khusus dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. yang hadir untuk membantu pengembangan talenta para pekerja digital agar sesuai dengan kebutuhan ekosistem usaha kini. Melalui Codex, talenta digital bisa mendapat kesempatan berkarir di lingkungan TelkomGroup untuk bersama-sama mengembangkan produk dan/atau layanan digital yang dikeluarkan perusahaan.

BACA JUGA: Sekolah Digital Ada Tiga Jenis, Simak Ciri dan Perbedaannya

Kita dapat memanfaatkan Codex untuk menambah pengalaman kerja di sektor digital yang berada di ekosistem usaha startup-like. Dengan status sebagai official recruiter Departemen Digital Business Telkom Indonesia, Codex memastikan seluruh talenta yang bergabung bisa mendapat kesempatan merasakan pengalaman kerja dan berkarir di TelkomGroup.

“Codex adalah tim khusus dari Telkom Indonesia yang bertujuan membantu perusahaan menjalankan inisiatif digital, baik dalam bentuk produk atau layanan digital. Playground dari Codex adalah Digital Talent,” kata CEO dan Co-Founder Codex Hopy Familianto.

Kehadiran Codex menjadi salah satu bentuk keseriusan Telkom bertransformasi dari sekedar perusahaan telekomunikasi menjadi digital telco. Transformasi bisnis yang dilakukan Telkom akan berdampak pada terciptanya lingkungan kerja yang lebih efektif dan efisien, demi mengikuti perkembangan industri telekomunikasi di dunia.

View this post on Instagram

A post shared by CODEX Telkom (@codex.telkom)

Transformasi bisnis yang dilakukan Telkom Indonesia memerlukan bantuan para talenta digital. Karena itu, melalui Codex, Telkom berupaya memfasilitasi talenta digital di Indonesia agar turut berkontribusi dalam sejumlah proyek dan pengembangan produk/layanan digital perusahaan.

Para pekerja di sektor digital bisa bergabung dengan Codex melalui pendaftaran langsung via laman resmi platform ini. Sebelum mendaftar, para talenta digital bisa mengeksplorasi berbagai bidang pekerjaan yang tersedia.

Secara umum ada tiga ranah pekerjaan di Codex yang bisa dipilih para tenaga terampil di bidang digital. Ketiga ranah itu adalah pekerjaan di bidang development, designer, dan data science.

Untuk meraih kesempatan berkarir di Telkom melalui Codex, talenta digital pertama-tama wajib mengikuti tes daring (online assessment) dari website resmi platform. Setelah itu, jika lolos seleksi peserta akan diundang melalui surel untuk mengikuti Mettl assessment.

Peserta yang lolos kemudian wajib mengikuti seleksi wawancara dengan HRD dan Users. Setelah itu, penawaran kontrak akan dilakukan dan pekerjaan bisa segera dilakukan talenta digital terpilih.

Para talenta digital terpilih bisa mendapat kesempatan berkarir di salah satu dari tiga ranah pekerjaan yang disediakan Codex. Seluruh proses rekruitmen melalui Codex bisa dilalui talenta digital dalam waktu sekitar 2 pekan setelah lamaran kerja dikirimkan.

Melalui keikutsertaan di Codex kita bisa merasakan keseruan beraktivitas dan tumbuh bersama, mendapat pola pikir untuk berkembang, dan ilmu serta pengalaman langsung dari para tenaga ahli di dunia digital. Jadi, tunggu apalagi? Ayo kita mulai berkontribusi dan berkembang di dunia digital bersama Codex.

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Dengan mengirimkan komentar, saya menyetujui peraturan berkomentar di #DigitalBisa

Tekan ESC untuk keluar