Mengenal SKKL, Jaringan Utama Penunjang Konektivitas Internet di Dunia

Ilustrasi: Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) yang berfungsi menghantarkan internet antarnegara dengan kecepatan tinggi


Akses internet kini tidak lagi menjadi barang mewah bagi mayoritas orang. Akan tetapi, pernahkah kita berpikir apa yang menyebabkan internet bukan lagi menjadi barang mewah dan kini mudah diakses masyarakat?

Pertanyaan di atas bisa dijawab dengan berbagai jawaban. Salah satunya, konektivitas internet semakin mudah dan cepat karena keberadaan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL). Lantas, apa itu SKKL?

Berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 16/2005, SKKL memiliki arti “sistem transmisi telekomunikasi menggunakan media kabel yang dibentangkan di dalam lautan dan atau samudera untuk menghubungkan beberapa stasiun kabel di setiap negara yang dilaluinya.”

Sederhananya, SKKL adalah kabel yang berfungsi menghantarkan koneksi internet antar negara. Pada SKKL terdapat kabel-kabel fiber optik yang mampu melakukan transfer data dalam kecepatan tinggi. Karena kemampuannya itu, maka keberadaan SKKL penting untuk menjaga konektivitas di suatu wilayah.

BACA JUGA: Sekolah Digital Ada Tiga Jenis, Simak Ciri dan Perbedaannya

Sesuai namanya, SKKL berada di dalam laut. Untuk menjaga kualitas transfer data dan mencegah kerusakan, maka SKKL harus memiliki sarana-sarana pengamanan yang ketat agar daya tahannya tinggi. Umumnya, sebuah SKKL terbentang dengan dilapisi gel silikon, plastik, kabel baja, tembaga, dan nilon. Pengamanan ekstra dipasang pada SKKL untuk mencegah kerusakan akibat bencana alam, gangguan hewan di dalam laut, atau upaya pengrusakan oleh tangan oknum-oknum tertentu.

Meski sudah dilengkapi fasilitas pengamanan yang banyak dan kuat, namun kerusakan pada SKKL bisa tetap terjadi. Apabila gangguan muncul, perbaikan SKKL dilakukan dengan mengandalkan operasional kapal dan para teknisi yang menyelam ke dasar laut untuk mengganti kabel rusak. Waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan SKKL sangat tergantung dari jenis gangguan dan kondisi laut lokasi kabel rusak berada.

Panjang sebuah jaringan SKKL bisa mencapai ratusan bahkan ribuan kilometer. Akan tetapi, SKKL bisa menjamin koneksi internet dan pertukaran informasi antara tempat-tempat yang dihubungkan bisa berjalan nyaris tanpa jeda. Bisa dibayangkan kan, betapa cepatnya kemampuan transfer data di dalam SKKL?

Di Indonesia, hingga 2024 diproyeksikan ada 56 SKKL yang membentang. Puluhan SKKL ini ada untuk menghubungkan Indonesia dengan negara/regional lain, atau membangun koneksi antar pulau dan daerah dari Sabang sampai Merauke.

Salah satu perusahaan yang memiliki jaringan SKKL terpanjang di Indonesia adalah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Hingga Juni 2021, jaringan SKKL Telkom yang bernama Indonesia Digital Network telah memiliki panjang 169.833 kilometer lebih atau setara 4 kali keliling bumi. Ratusan ribu kilometer SKKL milik Telkom-lah yang membuat kita kini bisa leluasa mengakses internet kapanpun dan di manapun. 

Tanpa SKKL, koneksi internet yang bisa kita akses tak akan secepat dan semudah sekarang. Karena itu, SKKL harus dijaga dan terus dikembangkan demi meningkatkan kualitas koneksi internet di berbagai daerah.

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar