Mengenal Lebih Dekat Istilah Digital Services

Ilustrasi: Beragam layanan digital kini tersedia untuk membantu aktivitas manusia di segala bidang


Kemajuan teknologi dan tren digitalisasi yang semakin cepat kerap diikuti dengan munculnya banyak istilah baru. Berbagai istilah baru ini kerap kita dengar dan temui keberadaannya di berbagai tempat dan kesempatan.

Salah satu istilah baru yang muncul seiring derasnya arus digitalisasi adalah Digital Services. Kata ini pasti sering kita dengan sejak beberapa tahun terakhir. Lantas, apa arti dan maksud dari istilah digital services?

Istilah digital services bisa diartikan sebagai berbagai layanan yang bisa diakses masyarakat melalui dunia digital. Layanan digital ini beragam rupanya, mulai dari servis keuangan, jasa kesehatan, serta transaksi dan/atau pertukaran data lain yang dilakukan secara daring.

Ada juga pengertian digital services yaitu layanan yang disediakan dalam format otomatis dan bisa disediakan melalui berbagai bentuk, antara lain aplikasi atau platform. Sistem kerja digital services pasti mengandalkan informasi dan data yang bersumber lebih dari satu komputer. Integrasi informasi dan data dari berbagai sumber itu bisa terjadi mengandalkan koneksi internet atau jaringan fisik dari pihak penyedia digital services.

Melihat pengertian istilah digital services, maka tak heran bila terminologi ini kerap kita temui sejak beberapa tahun terakhir. Upaya digitalisasi  kehidupan dan tren efisiensi yang dilakukan berbagai pihak dalam kurun 1-2 dasawarsa terakhir menjadi penyebabnya. Belum lagi jika kita berbicara mengenai terjadinya pergeseran pola masyarakat bersosialisasi mengandalkan berbagai platform-platform digital.

BACA JUGA: Apa Itu Digital Platform?

Digital services semakin penting bagi manusia karena kehadirannya membuat hidup di muka bumi berjalan lebih simpel dan cepat. Dampak positif digital services di berbagai bidang antara lain berkurangnya biaya manusia melakukan kegiatan, menciptakan efisiensi waktu, serta meningkatkan efektifitas kerja dan transparansi bagi pihak swasta atau pemerintah.

Di Indonesia, saat ini ada banyak perusahaan penyedia digital services di berbagai bidang. Berkat kehadiran perusahaan-perusahaan tersebut, layanan kesehatan, pendidikan, hiburan, dan lain-lain kini bisa diakses masyarakat secara mudah.

Salah satu perusahaan penyedia digital services di Indonesia adalah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Digital telco terbesar di Indonesia ini memiliki banyak layanan digital yang bisa digunakan masyarakat di segala aktivitas.

Kehadiran Telkom di ranah digital services sejalan dengan visi BUMN sektor telekomunikasi ini untuk menjadi digital telco terdepan di Indonesia dan dunia. Sebagai informasi, saat ini digital services merupakan satu dari tiga ranah kerja utama Telkom. Kedua ranah kerja utama lain dari perusahaan ini adalah digital platform dan digital connectivity.

Seluruh layanan digital (digital services) yang dikembangkan Telkom hadir berdasarkan pertimbangan kebutuhan masyarakat. Secara umum, ada dua kelompok digital services yang disediakan Telkom yaitu digital services consumer dan enterprise.

Layanan digital untuk konsumer yang disediakan Telkom antara lain aplikasi Langit Musik, platform game daring gameQoo, platform hiburan Maxstream, IndiBox, dan LinkAja. Pada kelompok enterprise digital services, Telkom memiliki layanan seperti CloudX, IoT, internet positif, Pijar Mahir dan Sekolah, Agree, Logee, Chat Aja, dan lain-lain.

Berbagai digital services yang disediakan Telkom  bisa membawa banyak manfaat apabila digunakan secara tepat. Karena itu, mari kita mulai memanfaatkan layanan-layanan digital yang ada untuk kebaikan bersama.

Komentar (1)

  • AA

    Adit Adit

    24 Mei 2022 13.15 WIB

    Untuk job description pada role digital service terdapat penyusunan strategi inisiatif digital, lalu metode dan desain yang inovatif dg tren digital;
    Ecosystem engagement, product dan ecosystem design, digital media dan content design, digital architecture, digital delivery, data analytics dan business intelligence, digital business & product operation serta digital marketing.
    Tolong. Bisa dijelaskan lebih detailnya kah?

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

X

Tekan ESC untuk keluar