Mengenal AKHLAK, Nilai Dasar yang Wajib Dimiliki Seluruh BUMN

Nilai dasar AKHLAK yang harus dimiliki seluruh BUMN di Indonesia


Sejak 1 Juli 2020, seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia memiliki nilai dasar yang seragam. Nilai dasar atau core values ini adalah AKHLAK, akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

AKHLAK ditetapkan sebagai nilai dasar yang wajib dipegang seluruh BUMN dalam menjalankan bisnis dan berkegiatan setiap hari, serta diharap menjadi panduan berperilaku para pekerja baik di kantor, rumah, dan lingkungannya. Kewajiban ini diberikan karena pemerintah ingin proses transformasi BUMN dilakukan menyeluruh hingga ke tiap sumber daya manusia (SDM) di dalamnya.

“Kita perlu transformasi menyeluruh, tidak hanya bisnis tapi sisi operasionalnya, transformasi human capital. Satu tahun sudah keluarga besar BUMN, induk BUMN, mau pun anggota BUMN disatukan dalam misi sama: BUMN untuk Indonesia dengan nilai-nilai yang sama sebagai core value yaitu AKHLAK,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir, Kamis (15/7).

Melalui penerapan nilai dasar AKHLAK secara menyeluruh dan konsisten, ke depannya BUMN diharap bisa lebih kuat menjalankan bisnis dan berperan untuk kemajuan bangsa serta negara. Posisi yang kuat harus dimiliki seluruh BUMN karena peran mereka begitu penting dalam upaya Indonesia menjadi negara maju dan mewujudkan visi Indonesia 2045.

Kini, sudah setahun lebih penerapan nilai-nilai dasar AKHLAK dilakukan seluruh BUMN. Secara umum, implementasi core values AKHLAK di BUMN bisa dikatakan baik, meski masih memiliki beberapa kekurangan.

Melalui nilai-nilai dasar AKHLAK, ke depannya BUMN diharap memiliki sifat dapat menjaga kepercayaan (amanah), mengeksekusi program dan kegiatan secara bagus (kompeten), saling menguatkan (harmonis), menjunjung tinggi kepentingan bangsa & negara di atas kepentingan perusahaan (loyal), terbiasa menyesuaikan diri dengan perkembangan (adaptif), dan mengutamakan gotong royong dalam beraktivitas (kolaboratif)

Baca Juga: Telkom Group Jadi Juara Umum dan Borong Penghargaan di Ajang AKHLAK Award 2021

Pada tahun pertama pelaksanaan penerapan core values AKHLAK, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. menjadi BUMN yang paling berhasil mengimplementasikan nilai-nilai dasar ini dalam berbagai kegiatan dan aktivitas bisnis perusahaan. Keberhasilan ini terbukti dari ditetapkannya Telkom sebagai Juara Umum ajang AKHLAK Award 2021 yang diselenggarakan Kementerian BUMN dan lembaga ACT Consulting Internasional.

Sebagai juara umum di AKHLAK Award 2021, Telkom membawa pulang tiga penghargaan sebagai BUMN dengan Indeks Implementasi Kompeten Terbaik, Indeks Implementasi Loyal Terbaik, dan Indeks Implementasi Kolaboratif Terbaik. Penghargaan ini mencerminkan keberhasilan Telkom dalam bekerja secara efektif (kompeten), mengedepankan kepentingan bangsa dan negara (loyal), serta senantiasa bekerjasama (kolaboratif) dengan berbagai pihak dalam mengeksekusi program serta kegiatan.

Keberhasilan Telkom menjadi BUMN pelaksana core values AKHLAK terbaik juga diikuti dengan banyaknya anak perusahaan BUMN sektor telekomunikasi ini yang mendapat penghargaan pada ajang AKHLAK Award 2021. Total ada 10 perusahaan keluarga TelkomGroup yang mendapat penghargaan dalam kategori anak perusahaan BUMN yaitu Telkomsel, Telkom Infra, Yakes, PINS, Telkomsat, Metranet, Mitratel, Telin, Dapen, dan Telkom Akses.

Suasana Peringatan Satu Tahun Penerapan Nilai Dasar AKHLAK di Lingkungan TelkomGroup | Sumber: Telkom Indonesia

Menurut Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, transformasi SDM penting dilakukan TelkomGroup. Alasannya, SDM merupakan faktor sentral dalam upaya Telkom bertransformasi menjadi digital telco. Visi Telkom menjadi digital telco terdepan dapat terwujud apabila ada banyak talenta digital yang dimiliki perusahaan.

Karena itu, internalisasi nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif diharap dapat dijalankan sungguh-sungguh, konsisten, dan konsekuen oleh seluruh pekerja di TelkomGroup. Ririek menyebut keberhasilan Telkom menjadi Juara Umum AKHLAK Award 2021 bukan menjadi akhir dari penerapan nilai-nilai AKHLAK di internal Telkom.

“Diharapkan, melalui pencapaian ini dapat memotivasi seluruh karyawan, termasuk saya dan seluruh jajaran direksi selaku role model, untuk semakin meningkatkan internalisasi dan implementasi core values AKHLAK dalam setiap pekerjaan. Namun demikian, pencapaian ini bukanlah tujuan akhir perjalanan. Menjadi yang terbaik adalah sebuah keharusan, namun memenangkan persaingan adalah hal mutlak,” kata Ririek.

Keberhasilan Telkom dan anak perusahaan dalam menerapkan core values AKHLAK tak lepas dari gerak cepat perusahaan mengimplementasikan nilai-nilai dasar tersebut. Implementasi nilai AKHLAK dimulai Telkom dari ikrar dan komitmen sejak 23 Juli 2020, sosialisasi ke seluruh karyawan, dan internalisasi melalui Training Living in The Grand Why AKHLAK yang diikuti oleh lebih dari 9 ribu peserta dan dihadiri 108 BUMN.  Telkom juga melaksanakan e-learning yang diikuti oleh 24.848 karyawan dan acara puncak Culture Festival 2020 TelkomGroup secara virtual yang dihadiri lebih dari 24.000 peserta—termasuk BUMN lain dan masyarakat—pada Desember 2020.

“Dengan berlandaskan core values AKHLAK, mari perkuat sinergi untuk terus melahirkan karya terbaik dengan inovasi tiada henti dalam mendorong transfromasi digital untuk Indonesia yang lebih baik,” ujar Ririek.

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Dengan mengirimkan komentar, saya menyetujui peraturan berkomentar di #DigitalBisa

Tekan ESC untuk keluar