5 Tools Melakukan Riset Kata Kunci untuk YouTube bagi Pemula

Riset Kata Kunci untuk YouTube I Dokumen Pribadi


#57TahunTelkom #DigitalBisaUntukSemua

Sebagai pemula dalam dunia digital khususnya menjadi content creator di platform YouTube tentu saja saya selalu mempergunakan tools ataupun peralatan guna mencari ide sekaligus meningkatkan view terkait dengan video yang telah saya buat.

Fungsi utama dari tools ini sendiri ialah mengetahui standar SEO (Search Engine Optimization) sehingga nantinya video-video telah saya publikasikan diharapkan bisa bersaing dengan konten yang dibuat oleh orang lain. Disisi lainnya bagi pemula hal ini penting, alasannya karena dengan personal branding yang tidak cukup terkenal sangat sulit mencapai 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang sebagai standar agar diterima Google Adsense.

Melakukan Riset Kata Kunci untuk YouTube

Teknik riset keyword ataupun memilih kata kunci judul dalam pembuatan ide konten YouTube menjadi langkah yang cukup mudah bagi yang paham dan terbiasa, sebaliknya hal ini sulit bagi pemula.

Meskipun demikian, sampai saat ini untuk mencari ide konten YouTube saya sendiri memalai tools gratisan tanpa berbayar meskipun ada pilihan berbayar tetap saja sebagai pemula saya memilih gratis.

Jenis Tools untuk Riset Keyword YouTube

Adapun untuk jenis peralatan untuk kebutuhan mencari kata kunci pemberikan judul dalam YouTube yang pergunakan dengan gratisan. Antara lain;

  1. Google Trends YouTube

Bagi siapa saja yang sedang mencari ide untuk pembuatan konten dalam YouTube yang bisa dimanfaatkan ialah dengan memakai Google Trends.

Hingga saat ini untuk kategori-kategori tertentu saya masih mempergunakannya.

Sebagai tips standar untuk menggunakan Google Trends ini pilihlah kata kunci yang bersifat fundamental artinya berlaku dalam jangka waktu yang panjang. Misalnya saja judul konten memasak nasi, cara memelihara ayam dan lainnya.

  1. YouTube Suggest

Meskipun ini bukanlah aplikasi namun bagi pemula yang mencari ide dalam pembuatan konten untuk judul YouTube bisa mamakai YouTube Suggest sebagai standarnya. Teknik penulisan sekaligus pembuatan judul sangat diperlukan agar video yang dibuat bisa dilihat oleh penonton.

Contoh studi kasusnya seperti ketika memilih judul “Tips Mudah Memasak Nasi Goreng” padahal standar penulisan judul seharusnya “Cara Memasak Nasi Goreng”. Agar lebih jelasnya bisa simak pada keterangan gambar berikut;

YouTube Suggest untuk Riset JudulYouTube Suggest untuk Riset Judul I Dokumen Pribadi

Dari penjelasan atas judul konten seharunya kita memilih kata kunci “Cara” bukan “Tips” ataupun “Trik” bahkan memberikan judul secara langsung dengan “Vlog Nasi Goreng Imam Mahmud”. Pertanyaan standarnya siapa yang kenal dengan Imam Mahmud?. Nah, inilah perlunya penggunaan tools untuk memberikan judul pada YouTube.

  1. TubeBuddy

Tools lainnya yang saya pergunakan dalam membuat judul untuk video YouTube ialah memakai TubeBuddy yang ada pilihan berbayar namun terdapat yang gratisan, sampai saat ini pun untuk pembandingnya saya mempergunannya yang gratisan, cukup memakai Google Crome lalu bisa langsung kita masukan dalam mesin pencarian.

Fungsi peralatan ini sendiri bisa melihat jumlah pengunjung dalam chanel YouTube tertentu bahkan bisa melihat tag apa saja yang ia pergunakan.

  1. VidIQ

Peralatan lainnya yang bisa dipergunakan sebagai tools YouTube ialah VidIQ. Tentu saja aplikasi ini gratis meskipun juga ada pilihan berbayar, fungsinya kita bisa melihat jumlah pencarian dalam kurun waktu tertentu. Adapun syarat untuk bisa memiliki aplikasi ini hanya cukup memiliki akun gmail saja.

  1. YouTube Studio

Terakhir jikalau sudah memiliki konten video kita bisa melihat kata kunci menggunakan YouTube Studio. Langkah ini sendiri hanya bisa dilakukan bagi kalian yang sudah memiliki konten video ya, sebab jikalau belum tidak bisa berfungsi bahkan terkesan mustahil untuk dipergunakan.

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

X

Tekan ESC untuk keluar