Perkuat Literasi Digital Bagi Pemuda Wangkung Nusa Tenggara Timur

Area pertanian dan peternakan di Wangkung NTT – Sumber foto: dokumentasi penulis


#WritingCompetitionDigitalBisa #DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik

Banyak wisatawan yang mengunjungi Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai destinasi liburan mereka. Padahal, jika kita menempuh perjalanan darat selama enam jam ke arah utara, terdapat suatu surga tersembunyi bernama Wangkung yang masih terjaga keasriannya. Walaupun medan perjalanan cukup berat dengan jalanan yang tidak beraturan dan lamanya durasi perjalanan, namun terbayar dengan keindahan desa yang disuguhkan. Lokasi tepat Wangkung tersebut berada di Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, NTT.

Wangkung merupakan kawasan wisata alam dengan budaya Manggarai yang masih sangat kental keberadaannya seperti, rumah adat Mbaru Niang, tarian Caci, serta pakaian adat Songke. Pertanian pun tumbuh subur, hasil laut begitu melimpah, serta kawasan hutan hijau yang belum terjamah, jelas membuat kehidupan Wangkung begitu memukau. Terlebih lagi, masyarakat lokal yang sangat hangat dan terbuka dengan wisatawan sehingga memikat siapapun yang berkunjung untuk menikmati panorama yang dimiliki oleh Wangkung.

Sebagai daerah yang memiliki potensi alam dan budaya yang sangat beraneka ragam, kehadiran masyarakat menjadi unsur utama berkembangnya potensi wisata tersebut. Oleh karenanya, masyarakat setempat mulai memanfaatkan teknologi untuk kemajuan daerahnya. Hal ini dilihat dari tingginya kemauan pemuda untuk mempelajari teknologi melalui literasi digital. Pengertian literasi digital ini merupakan kemampuan untuk memperoleh suatu informasi dan menggunakan ilmu pengetahuan tersebut.

Literasi Digital oleh Pemuda Wangkung NTT – Sumber foto: dokumentasi penulis

Keberadaan internet saat ini sangat memudahkan para pemuda untuk untuk memperoleh dan mempelajari ilmu yang bermanfaat dari berbagai sumber. Mulai dari mengakses video interaktif, membaca e-book, hingga mengikuti kelas virtual. Literasi digital telah membawa dampak positif bagi kehidupan masyarakat. Di antaranya, menambah wawasan, meningkatkan berpikir kritis, memahami informasi secara mendalam, dan memperkaya kemampuan verbal individu.

Pada tahun 2018, saya bersama tim diberi kepercayaan untuk memperkuat literasi digital dengan memberikan pengajaran kelas-kelas khusus seperti pembuatan website, video, dan narasi promosi wisata surga kecil Wangkung di NTT. Harapannya dengan para pemuda yang lebih dini sadar akan pentingnya literasi digital, ke depannya juga dapat memberikan sumbangsih lebih besar terhadap Wangkung secara mandiri sebagai salah satu destinasi utama lainnya di NTT. Namun, tak bisa dipungkiri juga bahwa pemuda setempat telah berhasil memanfaatkan teknologi dengan sangat baik. Hal ini dilihat dari adanya pelaksanaan “Festival Wangkung” tahun 2018 sebagai wadah untuk mempromosikan daerah mereka kepada pihak luar melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Youtube. Acara ini mendatangkan berbagai wisatawan lokal dan asing untuk menikmati pertunjukan seni, pesona alam, dan membeli beberapa cinderamata khas Manggarai.

Sejalan dengan visi pemerintah dalam meningkatkan literasi digital dunia pariwisata, Telkom hadir ke pelosok nusantara sehingga masyarakat Wangkung kini semakin mudah mengakses jaringan internet. Namun, tidak dapat berhenti sampai di titik tersebut. Edukasi lanjutan juga merupakan hal penting lainnya untuk terus digali. Misalnya, kita dapat berkontribusi dalam meningkatkan pariwisata mereka dengan membuat beberapa video tutorial tentang digital marketing.

Apalagi, dengan adanya pandemi COVID-19 ini, keberadaan internet sangat dibutuhkan demi menunjang pembelajaran jarak jauh serta membukakan mata masyarakat tentang peluang membuka usaha baru dengan memanfaatkan teknologi. Terlebih lagi dengan pemanfaatan teknologi, jangkauan pemasaran dapat lebih luas dari sebelumnya. Hal ini akan berdampak pada perekonomian agar tetap bergerak melaju di tengah pandemi COVID-19. Oleh karena itu, dengan koneksi internet yang sudah memadai dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh kaum pemuda untuk meningkatkan literasi digital mereka demi menunjang kesejahteraan masyarakat.

Komentar (17)

  • RR

    Randyani rarasati

    31 Jul 2021 22.55 WIB

    Keren banget kak, semangat terus untuk membantu memperkuat literasi digital buat teman2 di daerah👍

    Hapus
  • T

    Titi

    31 Jul 2021 22.55 WIB

    Wah ternyata ada destinasi keren banget yah di NTT dan di sana udah maju banget pake teknologinya. Semoga daerah lain juga memanfaatkan teknologinya dengan baik

    Hapus
  • A

    Adi

    31 Jul 2021 22.59 WIB

    Tulisan yang sangat membuka wawasan pembacanya, sukses terus untuk kak penulis

    Hapus
  • C

    Cita

    31 Jul 2021 23.00 WIB

    Keren banget yah! Jadi pengin membantu pemanfaatan di daerah lain

    Hapus
  • U

    Udo

    31 Jul 2021 23.03 WIB

    Keren kak, asli jadi ingin kesana

    Hapus
  • E

    Elsa

    31 Jul 2021 23.05 WIB

    Saya rasa tulisan2 seperti ini perlu terus disuarakan agar masyarakat paham bahwa tempat pariwisata di Indonesia tidak melulu Bali dkk. Personally, tulisan ini membuka mata saya bahwa NTT juga punya potensi yang jarang dilirik orang, bahkan saya sendiri.
    Ini yg harus kita pikirkan bersama : bagaimana caranya agar pariwisata NTT bisa berkembang sehingga menghasilkan "Bali" baru bagi Indonesia.

    Hapus
  • A

    Awp

    01 Agu 2021 06.22 WIB

    Nice

    Hapus
  • S

    Sita

    01 Agu 2021 07.14 WIB

    Wah jadi pengen ke Wangkung

    Hapus
  • KW

    Kinanti Wibowo

    01 Agu 2021 09.42 WIB

    Akhirnya ketemu tulisan yang mengangkat daerah lain di Indonesia selain daerah wisata pada umumnya, seperti Bali, Labuan Bajo, dll. Thank you! Jadi, semakin ingin mengeksplorasi Indonesia, tentunya ke daerah yang belum banyak diketahui orang, seperti Wangkung ini!

    Hapus
  • GA

    Galih Anjasmoro

    01 Agu 2021 11.38 WIB

    Terima kasih, sangat menambah wawasan

    Hapus
  • B

    Bunga

    01 Agu 2021 11.47 WIB

    Keren banget!! Smoga terus menginspirasi yah😍

    Hapus
  • D

    Dea

    03 Agu 2021 11.07 WIB

    Keren bangeet😍 bikin pengen kesanaa

    Hapus
  • L

    Lita

    06 Agu 2021 18.22 WIB

    Kereennn 😍😍

    Hapus
  • V

    viola

    09 Agu 2021 10.59 WIB

    😍🤩

    Hapus
  • N

    Nanang

    09 Agu 2021 12.07 WIB

    Siiip................

    Hapus
  • D

    Defi

    09 Agu 2021 12.19 WIB

    Great post ! Nice info
    berguna sekali , sukses terus untuk penulisanya 😍😍

    Hapus
  • A

    Arifa

    10 Agu 2021 10.07 WIB

    Keren bgtt jadi pengen kesana🥺

    Hapus

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar