Legenda Digital Lewat Siniar

Photo by unsplash.com


#WritingCompetitionDigitalBisa #DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik

“Malin, anakku. Kau benar anakku kan?” tanyanya menahan isak tangis karena gembira, “Mengapa begitu lamanya kau tidak memberi kabar?” Bundo Mande menambahkan.

Bundo Mande, mungkin menjadi sosok yang tak asing bagi kita. Sosok ibu dari dongeng yang melegenda Malin Kundang. Hingga kini, kisah Malin Kundang masih sering terdengar. Bahkan, tak jarang kita temui Malin Kundang digunakan orangtua sebagai simbol untuk mengingatkan anak terhadap karakter buruk yang enggan menurut.

Dongeng telah lumrah menjadi cerita pengantar tidur atau sekadar dibacakan untuk mengisi waktu luang anak-anak. Namun, kegiatan tersebut kini mulai jarang kita temui. Padahal, dongeng yang sering kita dengar memiliki banyak amanat dan nilai moral yang dapat diajarkan kepada para pendengarnya.

Minat masyarakat terhadap dongeng legenda mulai mengalami degradasi. Cerita Legenda sebagai sarana hiburan mulai mengalami penggerusan dan tergantikan oleh hiburan-hiburan lain yang dikira lebih interaktif dan menarik untuk dinikmati oleh masyarakat.

Transfigurasi penyajian cerita legenda bisa menjadi salah satu solusi efektif untuk meningkatkan kembali minat masyarakat terhadap legenda. Legenda dapat didongengkan melalui berbagai media. Salah satunya dengan menggunakan siniar.

Siniar atau biasa kita kenal dengan istilah podcast merupakan sebuah rekaman audio yang nantinya diunggah ke media sosial dan dapat diakses oleh khalayak umum. Siniar mulai ramah terdengar di telinga masyarakat Indonesia sejak masa pandemi terjadi di era disrupsi ini. Fakta ini dapat kita buktikan dengan semakin bertumbuhnya jumlah podcaster di Indonesia.

Dilansir dari ekonomi.bisnis.com, pendengar podcast di Indonesia telah meningkat tiga kali lipat. Hal ini dikarenakan siniar dianggap lebih fleksibel karena bisa didengarkan di mana saja, bervariasi dan lebih bisa dinikmati oleh masyarakat daripada konten visual.

Legenda-legenda yang biasa kita baca di buku dongeng atau dengarkan secara langsung dapat didigitalisasi dan dijadikan konten siniar yang menarik. Tentunya dengan proses nasionalisasi berupa peralihan bahasa penyajian menjadi Bahasa Indonesia terlebih dahulu. Proses nasionalisasi legenda ini sangatlah krusial, karena biasanya legenda yang kita temui menggunakan bahasa daerah dalam penyampaiannya.

Dengan adanya proses pengalihan bahasa penyajian menjadi Bahasa Indonesia, legenda yang dijadikan konten dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia, tidak hanya masyakarat yang berasal dari wilayah legenda tersebut bersumber saja.

DIGITALISASI LEGENDA

Proses pembuatan legenda digital sebenarnya tidak berbeda jauh dengan pembuatan siniar pada umumnya. Pemilihan legenda dilakukan untuk menentukan cerita apa yang akan dibawakan pada siniar.

Lalu dilakukan pembuatan narasi agar penyampaian alur dan amanat dari legenda yang akan dijadikan konten nantinya dapat tersampaikan dengan baik dan mampu dinikmati oleh target tujuan. Tentunya pembuatan narasi dilakukan dengan tidak mengubah unsur intrinsik yang memang sudah terikat dengan legenda yang telah ditentukan.

Setelah naskah siap, maka dilakukan perekaman dan penyuntingan suara. Beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk merekam dan menyunting siniar antara lain Adobe Premier, Audacity, dan aplikasi lainnya. Tidak lupa, penambahan backsound atau suara latar dapat dilakukan untuk membuat siniar lebih menarik.

PUBLIKASI SINIAR

Photo by @cowomen in unsplash.com

Platform penyedia jasa hiburan semakin pesat berkembang, begitu pula media layanan streaming siniar. Berbagai aplikasi tersedia untuk mengunggah dan menikmati siniar. Spotify, Anchor, dan Google Podcasts adalah contoh media penyedia layanan streaming siniar yang dapat kita gunakan untuk mempublikasikan siniar yang telah kita buat.

Digitalisasi tidak dapat terelakkan. Budaya-budaya yang sudah berkembang dan menjadi bagian dari kehidupan kita pasti akan terkena dampak dari digitalisasi, baik secara langsung atau tidak. Kita sebagai penegak pilar bangsa Indonesia selanjutnya, harus peka dan peduli terhadap hal tersebut agar budaya yang kita miliki tetap masif terbudayakan dan terjaga. Siniar Legenda mampu menjadi upaya pemertahanan cerita-cerita legenda Indonesia sekaligus ajang untuk mempromosikan budaya Indonesia.

Resource

https://moondoggiesmusic.com/cerita-rakyat/#gsc.tab=0

https://www.sekawanmedia.co.id/apa-itu-podcast/

https://www.idntimes.com/tech/trend/izza-namira-1/perkembangan-podcast-di-indonesia/7

https://ekonomi.bisnis.com/read/20210101/12/1337659/wah-pendengar-podcast-meningkat-3-kali-lipat

Komentar (14)

  • FA

    Faiq Aminuddin

    01 Agu 2021 12.47 WIB

    Saya suka saya suka.
    http://digitalbisa.id/artikel/diperlukan-pusat-data-digital-nasional-MHRyT

    Hapus
  • I

    Indah

    01 Agu 2021 19.57 WIB

    idenya keren banget, bisa nih di terapin buat melestarikan budaya kitaa

    Hapus
  • NA

    Naila Ardelia

    01 Agu 2021 20.04 WIB

    Keren banget bisa angkat topik ini. Ini hal sederhana yang dampaknya besar buat kebudayaan di Indonesia. Semangat Daffa!

    Hapus
  • SD

    Sherlly Dwi Angelin

    01 Agu 2021 20.16 WIB

    idenya sangat bagus, bisa menjadi salah satu inovasi yang hebat untuk melestarikan budaya Indonesia

    Hapus
  • H

    helma

    01 Agu 2021 20.28 WIB

    keren bgtt idenya, semangatt teruss daf!!

    Hapus
  • N

    Nhasywapi

    01 Agu 2021 20.31 WIB

    Suka banget sama ide topiknya, semoga kedepannya bisa diterapin!

    Hapus
  • T

    Titania

    01 Agu 2021 20.32 WIB

    Wowww mantapp bangett idenya, bisa memotivasi anak muda untuk terus melestarikan kebudayaan indonesia agar tidak habis termakan zaman

    Hapus
  • F

    Farhan

    01 Agu 2021 20.49 WIB

    Keren bgt idenya sangat menarik untuk dibaca

    Hapus
  • RD

    Rakha Dwi Agung Saputra

    01 Agu 2021 20.53 WIB

    BAGUS BANGET, SEMANGAT TERUS MA PREN🔥

    Hapus
  • A

    Aqis

    01 Agu 2021 20.57 WIB

    Mantul sihh,sangat memotivasi anak bangsa🔥

    Hapus
  • D

    difa

    01 Agu 2021 21.01 WIB

    keren idenya, semangat daffa🔥

    Hapus
  • P

    Prima

    01 Agu 2021 21.32 WIB

    wahhh menarik bangett nih buat dibacaa! sangat memotivasiii🤩 pilihan kata nya sangat bagus dan mudah untuk dipahami, kerenn ide nyaa! semangatttt

    Hapus
  • A

    adraa

    02 Agu 2021 03.49 WIB

    keren sukaa sekaiii

    Hapus
  • NS

    N Santi Ariyantie

    02 Agu 2021 05.59 WIB

    Keren banget daf, memudahkan anak-anak yang malas membaca untuk tetap mengenal budayanya dengan mendengarkan siniar.
    Semangat dappppp 🔥

    Hapus

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar