#57TahunTelkom #DigitalBisaUntukSemua
Tak terasa sudah 57 tahun Telkom hadir untuk medukung pembangunan nasional melalui program digitalisasi hingga pelosok negeri. Telkom sendiri merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta jaringan telekomunikasi terbesar di Indonesia.
Telkom memiliki misi untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan platform digital cerdas yang berkelanjutan, ekonomis, serta dapat diakses oleh seluruh masyarakat. Dengan begitu, akan lahir talenta-talenta digital yang turut serta dalam memajukan bangsa.
Misi Telkom tersebut bukan sekedar wacana yang akan berakhir jadi cerita, tapi sudah terealisasi dengan hadirnya Leap. Leap merupakan umbrella brand yang menaungi beragam produk dan layanan digital dari Telkom untuk mempercepat digitalisasi di masyarakat. Kehadiran Leap tersebut menjadi wujud nyata kontribusi Telkom dalam membangun ekosistem digital Indonesia.
Leap bukan sekedar nama yang tak bermakna, sebab setiap huruf dari kata Leap memiliki makna tersendiri, yaitu: Look for progress (memandang kedepan), Exploring new ideas to innovate (mengeksplorasi ide-ide baru untuk berinovasi), Always giving good impact (selalu memberikan dampak yang baik), Providing solution (menyediakan solusi).
Hal tersebut menujukkan bahwa Leap adalah core value dalam menciptakan produk digital yang inovatif, solutif, serta memberikan dampak positif bagi seluruh rakyat Indonesia. Diantara produk unggulan Leap yaitu:
1. PaDi UMKM
PaDi (Pasar Digital) UMKM adalah platform yang diinisiasi Kementerian BUMN dan dikembangkan oleh Telkom. Platform ini dirancang secara khusus untuk menggerakan ekosistem UMKM digital dan sistematis dalam skala nasional yang berkelanjutan. Kehadiran platform PaDi UMKM adalah untuk medorong pertumbuhan dan pemulihan ekonomi pasca pandemi di Indonesia. Melalui platform tersebut para UMKM dapat terintegrasi dengan e-commerce, mempromosikan produknya, menerima dan memantau pesanan, serta bekerjasama dengan BUMN. Pada intinya PaDi UMKM diluncurkan sebagai platform belanja yang menghubungkan BUMN dan UMKM lewat transaksi B2B (Business to Business).
2. Agree
Biaya produksi yang tinggi, akses permodalan terbatas, rendanya penetrasi teknologi, kesenjangan pengetahuan adalah contoh dari beberapa masalah yang harus dihadapi para pelaku usaha di sektor pertanian, peternakan, dan perikanan. Maka dari itu, Telkom menghadirkan Agree yang membawa misi mensejahterakan masyarakat Indonesia yang bekerja di tiga sektor tersebut. Agree menyediakan Smart Ecosystem dan Smart Technology untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen pertanian dan perikanan.
3. Antares
Antares adalah penyedia solusi Internet of Thing (IoT) end-to-end yang dikembangkan oleh Telkom. Antares menawarkan menawarkan platform IoT untuk perangkat maupun aplikasi, didasarkan pada standar One Machine-to-Machine (M2M) yang dilengkapi dengan beragam fitur dan kapasitas data tanpa batas. Antares juga menyediakan konektivitas tanpa batas dengan platform terintegrasi untuk mengembangkan solusi IoT. Antares memiliki perpustakaan dan panduan membuat perangkat IoT yang menggunakan berbagai teknologi, seperti LoRaWan, NBIot, Wifi, GSM/GPRS, dan LAN.
4. BigBox
Data sangat penting di era digital, sebab sebagai salah satu pertimbangan dalam mengambil keputusan. Sehingga, dibutuhkanlah suatu platform untuk mengelola data tersebut. Maka dari itu, BigBox hadir sebagai solusi untuk mengubah data kompleks menjadi wawasan bermakna guna membantu mengambil keputusan akurat dan terarah yang dibutuhkan dalam bisnis. BigBox merupakan layanan komprehensif teknologi platform Big Data, analitik kasus penggunaan (BigOne, BigSocial, BigMarket, Bigview), atau solusi khusus yang meliputi Infrastucture as A Service, Platform as A Service, dan Solution as A Service.
5. Logee
Logee adalah jembatan digital rantai pasok untuk era baru logistik yang dikembangkan oleh Telkom. Logee menghadirkan solusi untuk proses logistik rantai pasokan di Indonesia dengan sistem terintegrasi dari hulu ke hilir yang terbagi dalam 3 kategori, yaitu: Transportation, Distribution, Control Tower. Logee Transportation adalah ekosistem digital di mana pemilik kargo dan pengemudi truk dapat bertemu dalam platform yang dirancang dengan baik terdiri dari Cargo Apps, Trucker Apps, dan Driver Apps. Sementara itu, Logee Distribution adalah penghubung outlet dan distributor yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Adapun, Logee Control Tower adalah pengubah data layanan rantai pasokan Logee menjadi wawasan yang berguna untuk mengambil keputusan bisnis melalui Visibilitas Logee dan memanfaatkan teknologi terbaru untuk pelacakan armada dengan layanan Internet of Thing (IoT) melalui Pelacakan Logee.
6. My IndiHome
Internet sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, tanpa adanya internet tentunya masyarakat akan mengalami kesulitan dalam berinteraksi, berkomunikasi, berkolaborasi, berkarya, dan bekerjasama dengan berbagai pihak yang tersebar di seluruh dunia. Maka dari itu, untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam melakukan aktivitas sehari-hari di internet dan mengelola langganan internet yang lebih fleksibel, Telkom menghadirkan aplikasi myIndiHome. Melalui aplikasi tersebut pengguna dapat dengan mudah mengelola layanan IndiHome tanpa harus keluar rumah dan bisa dilakukan kapan saja.
7. My Sooltan
My Sooltan adalah ekosistem digital untuk UMKM yang mendukung perkembangan usaha bagi para pelaku bisnis melalui layanan internet, komunikasi, aplikasi digital bisnis, pelatihan bisnis, dan pinjaman modal. Kehadiran My Sooltan ini sangat membantu para pelaku usaha untuk menggunakan teknologi digital dalam menjalankan bisnis, sebab kebiasaan membeli konsumen telah berubah secara dramatis dari pengalaman luring (offline) menjadi daring (online). Diantara produk My Sooltan adalah sooltanNet (penyedia layanan internet), sooltanPay (layanan pembayaran digital atau non tunai), sooltanKasir (aplikasi kasir yang memudahkan operasional bisnis), sooltanCam (teknologi IoT untuk monitoring tempat usaha melalui IP Camera), dan lain sebagainya.
8. Pijar Mahir
Pijar Mahir merupakan platform pembelajaran digital yang berfokus pada pelatihan bersertifikat untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan calon tenaga kerja di Indonesia. Kehadiran platform Pijar Mahir adalah sebagai solusi yang dapat menjembatani kesenjangan antara hasil pendidikan formal dan kebutuhan industri. Platform Pijar Mahir memudahkan masyarakat usia kerja, lembaga pelatihan, dan para profesional untuk belajar dan berbagi tanpa harus bertemu secara langsung (fisik). Melalui platform Pijar Mahir pengguna dapat mengakses beragam konten pelatihan yang menarik dengan cakupan kategori yang luas, mulai dari bisnis, pemasaran, teknologi informasi dan komunikasi, hingga pengembangan diri lainnya.
Dengan demikian, dapat dipahami bahwa PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bukan sekedar penyedia layanan internet. Telkom memegang peranan penting dalam proses digitalisasi berbagai sektor yang ada di Indonesia, mulai dari bisnis, pertanian, perikanan, pendidikan, dan lain sebagainya. Telkom terus berinovasi, memberikan solusi, serta membawa transformasi untuk menghadirkan peluang yang lebih baik bagi masyarakat dan mempercepat realisasi kedaulatan digital Indonesia. Maka dari itu, sudah semestinya sebagai masyarakat yang bijak untuk turut serta dalam mensukseskan program digitalisasi yang diluncurkan oleh Telkom dengan menggunakan produk yang dikembangkan.