Kartu Prakerja Gelombang 46 Kapan Dibuka? Simak Cara Daftarnya!

Tampilan depan laman resmi Kartu Prakerja | Sumber: prakerja.go.id


Senin (26/9) lalu, hasil penerimaan Kartu Prakerja gelombang 45 baru saja selesai diumumkan. Program pelatihan dan peningkatan kompetensi individu yang diselenggarakan oleh pemerintah ini memang sedianya sudah ditunggu-tunggu masyarakat. Baru saja usai, kini banyak yang sudah mempertanyakan, kapan diselenggarakannya Kartu Prakerja gelombang ke 46.

Melansir dari situs resminya, program yang menyertakan insentif dan training ini belum memberikan keterangan yang pasti kapan batch selanjutnya. Namun, jika menilik dari kebiasaan sebelumnya, maka seharusnya program Kartu Prakerja gelombang ke 46 akan dibuka beberapa hari setelah pendahulunya.

Sebagai informasi, kegiatan ini berada dalam naungan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Tujuannya adalah sebagai wadah pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan.

Dari laman Kartu Prakerja, sasaran pelatihan tersebut ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Berbagai perusahaan dan institusi akan menjadi mentor bagi para peserta Program Kartu Prakerja. Beberapa di antaranya adalah Binus Center, Haruka Edu, Skill Academy by Ruangguru, Celebes International School, Course-net, Dicoding, hingga Gramedia Academy.

Kartu Prakerja memberikan bekal pelatihan kepada masyarakat umum, terutama bagi mereka yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti warga difabel, pelamar kerja, buruh atau pekerja yang terdampak PHK, serta pelaku usaha mikro dan kecil.

Meski demikian, tidak semua warga diperbolehkan mengikuti kegiatan ini. ASN, polisi, tentara, komisaris BUMN, hingga anggota DPRD adalah beberapa di antaranya.

Syarat wajib untuk dipenuhi bagi pendaftar Kartu Prakerja adalah warga negara Indonesia dengan usia minimal 18 (delapan belas) tahun dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal. Adapun bagi peserta yang berada dalam satu Kartu Keluarga, pemerintah membatasi hanya ada dua NIK yang bisa menerima program pelatihan ini.

Setelah pelatihan, Kartu Prakerja akan memberikan dua insentif yang akan dicairkan melalui e-wallet yang telah terdaftar pada pesertanya, yakni:

Insentif mencari kerja sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan.

Insentif survei evaluasi, sebesar Rp 50.000 per survei sebanyak tiga kali.

Bagi warga yang belum mendaftar Kartu Prakerja, silahkan mendaftarkan diri dan melengkapi data di sini.

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

X

Tekan ESC untuk keluar