iOS 16 Diluncurkan, Ini Spesifikasi Terbarunya!

iOS 16 akan segera tersedia mulai bulan depan sebagai beta | Sumber: Unsplash (Serwin)


Senin (6/6/2022) waktu setempat, Apple mengumumkan peluncuran iOS 16 dengan fitur dan sistem operasi terbarunya dalam grand opening Worldwide Developers Conference (WWDC) 2022. Tak hanya itu, mereka mengungkapkan bahwa tidak semua iPhone akan mendapatkan pembaharuan tersebut.

Pada sistem operasi terbaru Apple ini, iOS 16 memang memberikan lebih banyak fitur dan opsi termutakhir kepada para penggunanya. Total ada 8 penyesuaian yang akan diluncurkan dalam sistem tersebut.

Apple meningkatkan kemampuan Dictation yang mempermudah pengguna untuk berpindah aplikasi satu dengan yang lain dengan bantuan suara dan sentuhan. Pada Messages, perusahaan ini membuat opsi edit untuk pesan yang salah ketik dan undo send jika ingin membatalkan pesan. Selain itu, fitur Live Text memungkinkan user untuk mengkonversi mata uang dan menerjemahkan teks pada video yang disorot dengan menyalin teks yang ada. Kita juga bisa mengetik pesan saat sedang menonton dengan adanya SharePlay di Messages.

iCloud Shared Photo Library diciptakan pada sistem terbaru ini untuk membagikan konten gambar dan foto dengan lancar dan cepat. Tampilan Lock Screen-nya kini juga lebih bervariasi karena bisa menambahkan widget dan wallpaper. Apple Pay Later juga akan ada dalam iOS baru itu, menariknya lagi, pengguna tidak akan dibebankan biaya sama sekali.

Diharapkan iOS 16 akan segera rilis secara resmi di musim gugur tahun ini. Sementara itu, pembaharuan tersebut akan tersedia bulan depan sebagai perangkat beta.

Berikut ini adalah daftar perangkat dari Apple yang akan menerima update dari iOS 16:

iPhone 8 dan 8 Plus

iPhone X

iPhone XS dan XS Max

iPhone XR

iPhone 11

iPhone 11 Pro dan Pro Max

iPhone 12 dan 12 mini

iPhone 12 Pro dan Pro Max

iPhone 13 dan 13 mini

iPhone 13 Pro dan Pro Max

iPhone SE (generasi ke-2 dan ke-3)

Untuk  iPad yang kompatibel dengan iOS 16 adalah: 

iPad Pro (semua model)

iPad Air (generasi ke-3 dan lebih baru)

iPad (generasi ke-5 dan lebih baru)

iPad mini (generasi ke-5 dan lebih baru)

Sedangkan untuk perangkat besutan Apple lainnya yang tidak akan menerima iOS 16 (sistem operasi maksimal akan berhenti di iOS 15), yakni:

iPhone SE (generasi pertama)

iPhone 6s

iPhone 6s Plus

iPhone 7

iPhone 7 Plus

iPod Touch

Sementara itu, beragam komentar muncul menanggapi atas berita ini. Tak sedikit pengguna media sosial yang menyayangkan keputusan perusahaan teknologi raksasa itu karena tidak memberikan kesempatan yang sama untuk pengguna iPhone di bawah 8. Mereka mengira iOS 16 tidak akan tersedia hanya untuk iPhone 6 dan seri-seri terdahulunya.

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

X

Tekan ESC untuk keluar