Internet of Things: Solusi Digital Dalam Satu Genggaman

Ilustrasi Internet of Things (sumber: favpng.com)


#WritingCompetitionDigitalBisa #DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik

Di era revolusi industri 4.0, masyarakat global dan juga Indonesia tidak lepas dari dinamika perkembangan teknologi digital. Sebagian besar penduduk di Indonesia telah melek dengan teknologi digital dan penetrasi internet pun kian meningkat.

Pada januari 2021, dari total populasi 274.9 juta penduduk Indonesia, diantaranya 202,6 juta (73,7%) merupakan pengguna internet, 345,3 juta (125,6%) mempunyai koneksi telepon genggam, dan 170 juta (61,8%) menjadi pengguna aktif sosial media.

Data pengguna telepon genggam, internet dan media sosial
Data pengguna telepon genggam, internet dan media sosial per Januari 2021
(sumber: datareportal.com)

Dari jumlah pengguna internet yang besar dan masyarakat Indonesia semakin paham akan teknologi, berakibat data digital semakin banyak dan variatif. Hal ini membuat teknologi Internet of Things (IoT) mulai dilirik berbagai sektor sebagai salah satu solusi teknologi digital di Indonesia. 

Definisi & Cara Kerja IoT

Secara harfiah, Internet of Things atau disingkat IoT adalah komunikasi antar mesin (M2M) dengan koneksi internet dan manusia sebagai pengguna atau pengelolanya. Pada umumnya, operasional IoT memiliki 3 (tiga) elemen utama:

  1. Barang fisik dilengkapi dengan modul IT;
  2. Perangkat Koneksi ke Internet seperti Modem dan Router Wireless IndiHome;
  3. Cloud Data Center sebagai storage dari aplikasi dan database.
Tiga Elemen Utama IoT
(sumber: mobnasesemka.com)

Konsep kerja IoT yaitu seluruh penggunaan barang fisik yang terkoneksi ke internet akan menyimpan seluruh data yang dikumpulkan sebagai Big Data, kemudian dapat diolah sedemikian rupa untuk dianalisa oleh berbagai sektor, contohnya korporasi dan pemerintah yang selanjutnya dimanfaatkan untuk kepentingan tertentu.

Potensi Teknologi IoT di Indonesia

Direktur Proteksi Ekonomi Digital BSSN, Anton Setiyawan menuturkan terkait pemanfaatan IoT di dunia, sempat diperkirakan tahun 2021, 28 miliar perangkat akan terkoneksi. Namun, pada tahun 2020 saja, perangkat telah terkoneksi internet berjumlah 31 miliar. Tentunya hal ini melebihi ekspektasi, jumlah ini diprediksi akan terus meningkat di tahun 2021.

Berdasarkan survei World Economic Forum (WEF) 2020, IoT merupakan teknologi yang paling transformatif dari sektor perdagangan, dengan kata lain perkembangannya cukup signifikan dibandingkan teknologi lainnya. Hasil ini diambil dari 59% responden dari 340 perusahaan di dunia.

Survey Terkait Teknologi Paling Transformatif di Sektor Perdagangan
(sumber: katadata.co.id, berdasarkan World Economic Forum, Desember 2020

Korporasi di Indonesia mulai mengadopsi teknologi IoT dari sektor perdagangan. Contohnya adalah perusahaan retail modern Alfa Group, secara bertahap menargetkan pemasangan IoT pada 14.500 gerai Alfamart dan Alfamidi dengan memanfaatkan teknologi solusi IoT SD-WAN. Solusi IoT SD-WAN itu juga dilengkapi dengan fitur Zero Touch Provisioning (ZTP), sehingga perangkat keras yang dimiliki Alfamart dan Alfamidi terkoneksi langsung ke pusat data. Kondisi ini dapat meminimalisir kendala teknis oleh para pekerja.

Selain itu, PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) melalui Telkom IoT juga ikut mendukung transformasi teknologi IoT di Indonesia dengan membuat roadmap solusi industri yang dapat dikustomisasi sesuai penerapan industri masing-masing. Fokus penerapan solusi layanan Telkom IoT antara lain segmen enterprise, small-medium enterprise, dan government.

Sebagai penyedia backbone internet untuk basic penyediaan IoT, Telkom saat ini memiliki 165.879 kilometer fiber optik (FO) dari Sabang hingga Merauke. Jaringan FO ini sudah menghubungkan 496 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Beberapa layanan Telkom IoT seperti LoRaWAN yang fungsinya antara lain digunakan untuk smart home, smart city hingga smart farming. Lalu ada Antares, platform IoT yang mengakomodasi protokol dan standar teknis internasional untuk memastikan konektivitas tanpa batas, 24 jam selama 7 hari untuk setiap perangkat yang diintegrasikan. Selengkapnya terkait layanan Telkom IoT dapat dilihat disini.

Saat ini tidak dipungkiri, Indonesia dilanda pandemi Covid-19, sehingga memaksa masyarakat Indonesia menggunakan sarana digital dan internet guna meminimalisir penularan virus Covid-19. Dalam situasi ini, menjadikan IoT cukup penting dan perlu diterapkan secara optimal sebagai salah satu solusi dalam meningkatkan perekonomian sekaligus sebagai usaha mengurangi arus penyebaran Covid-19.

Tantangan Penerapan IoT di Indonesia

Menurut CEO PT Miota International Technology, Moshe Panjaitan, di tengah pandemi Covid-19, akselerasi implementasi IoT adalah salah satu solusi untuk menahan laju penyebaran Covid-19, sehingga kontak antar manusia dapat dikurangi. Moshe menambahkan bahwa implementasi IoT di Indonesia masih rendah, diperkirakan tidak kurang dari 10%.

Salah satu alasan belum maksimalnya implementasi IoT di Indonesia adalah dari sisi keamanan siber. Contohnya saja pada kuartal I 2021, banyak e-commerce mengalami berbagai serangan dan ancaman siber dengan kenaikan mencapai 67%. Jadi, perlunya penguatan sistem keamanan, agar privasi pengguna tidak disalahgunakan sehingga kepercayaan pengguna tetap terjaga.

Selain itu tantangan dari sumber daya manusia (SDM) perusahaan pengembang IoT. Cukup banyak perusahaan pengembang IoT yang cepat dalam hal riset dan terbilang inovatif, namun tidak mengerti tantangan jangka panjang yang dihadapi. Sebagian besar SDM yang terlibat dalam pengembangan IoT hanya memiliki keahlian dalam perangkat lunak saja.

Setelah melihat potensi dan tantangan dari penerapan IoT di Indonesia, perlu juga melihat sekilas implementasi IoT yang telah berjalan saat ini di Indonesia, dua diantaranya yaitu:

1. Qlue

Perusahaan start-up yang terkenal dengan proyek smart city-nya, PT Qlue Performa Indonesia atau yang dikenal dengan Qlue, juga mengembangkan IoT. Beberapa pengembangan IoT yang Qlue lakukan adalah:

  1. Pengembangan Traffic Lamp yang terkoneksi dengan Command Center;
  2. Kotak sampah pintar;
  3. Air Pollution detector.

Pengembangan produk IoT tersebut menunjang proyek smart city kota-kota besar, contohnya adalah DKI Jakarta, Kupang, dan lainnya.

2. eFishery

Merupakan perusahaan Aquaculture Intelligence. Produk IoT yang mereka kembangkan adalah smart feeder atau perangkat pemberi makan ikan secara otomatis dan real-time. Alat ini akan secara otomatis bekerja sesuai dengan jadwal pemberian makan ikan yang sudah di-setting sebelumnya. Dapat pula memberikan makan sesuai dengan kehendak pemilik, agar nutrisi ikan tetap terjaga.

Epilog

Potensi dan tantangan penerapan IoT di Indonesia diharapkan dapat berjalan beriringan untuk tujuan yang baik ditengah carut marutnya keadaan Indonesia saat pandemi dan ekonomi  yang tidak menentu.

Percepatan implementasi IoT secara terstruktur dan masif memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Masih banyak yang harus dibenahi, mulai dari pemantapan regulasi, pemerataan infrastuktur teknologi dari hulu ke hilir, media penyimpanan database yang luar biasa besar hingga sistem keamanan yang mumpuni.

Jika suatu saat implementasi IoT terlaksana secara menyeluruh di Indonesia, baik dari Sumatera hingga Papua, solusi dan kemudahan digital, serta luas dan indahnya Nusantara hanya akan ada dalam satu genggaman tangan.

Source:

  1. https://aptika.kominfo.go.id/wp-content/uploads/2018/12/Kajian-Kominfo-CIPG-compressed.pdf 
  2. https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia 
  3. https://www.cloudcomputing.id/berita/perkembangan-dan-penggunaan-iot-di-indonesia
  4. https://www.cloudcomputing.id/berita/pandemi-menjadikan-teknologi-berkembang-di-indonesia 
  5. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/607d57b36fa66/korporasi-dan-umkm-indonesia-masif-adopsi-ai-iot-cloud-saat-pandemi
  6. https://telkomseliot.com/en/news-insight/internet-of-things-definisi-sejarah-manfaat-penerapan 
  7. http://www.myspsolution.com/news-events/cara-kerja-konsep-internet-of-things/ 
  8. https://mobnasesemka.com/internet-of-things/ 
  9. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/5ef5aca1d92d6/alfamart-target-pasang-teknologi-iot-di-14500-gerai-tahun-ini 
  10. https://www.indotelko.com/read/1608380563/telkom-utilitas 
  11. https://sis.binus.ac.id/2019/10/14/tantangan-iot/ 
  12. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/06/07/3-perusahaan-indonesia-yang-kembangkan-teknologi-aiot-manfaatnya-terasa-untuk-petani 

Komentar (52)

  • YE

    Yulia estevina

    30 Jul 2021 19.49 WIB

    Mantaaaaap

    Hapus
  • MR

    Mariance Roose

    30 Jul 2021 20.03 WIB

    Artikel yg menarik...
    No inet no Life

  • A

    Ariance

    30 Jul 2021 20.10 WIB

    Menarik jg... Sukses

    Hapus
  • E

    Edilman

    30 Jul 2021 20.11 WIB

    Kerennn

    Hapus
  • N

    Nana

    30 Jul 2021 20.14 WIB

    Inspiratif.. manusia tak pernah lepas dari internet

    Hapus
  • A

    Anonymous

    30 Jul 2021 20.21 WIB

    Bagus sekali pendapatnya, karena Iot sangat diperlukan pada saat-saat masa pandemi ini

    Hapus
  • M

    Mandalina

    31 Jul 2021 06.06 WIB

    Keren artikelnya

    Hapus
  • J

    Jaw

    31 Jul 2021 11.22 WIB

    Artikelnya bagus dan menarik. Namun untuk implementasinya sendiri di indonesia mungkin masih agak susah karena ngak sedikit masyarakat yang belum melek teknologi . Saya berharap ide ide seperti ini dpat di lanjutkan ke tahap selanjutnya agar masyarakat dpat menikmati kemudahan teknologi sampai ke pelosok.

    Hapus
  • G

    Gea

    31 Jul 2021 13.15 WIB

    Artikel yg bagus dan relevan dgn kondisi saat ini

    Hapus
  • R

    Roki

    01 Agu 2021 14.14 WIB

    Inspiratif banget...

    Hapus
  • B

    Boby

    02 Agu 2021 11.40 WIB

    Mantapp..👍👍👍

    Hapus
  • B

    Bobo

    04 Agu 2021 08.46 WIB

    Semoga trus menjadi inspirasi... Amin

    Hapus
  • P

    puspasari

    04 Agu 2021 08.46 WIB

    menginspirasi

    Hapus
  • N

    Nita

    04 Agu 2021 08.48 WIB

    Mantap..

    Hapus
  • P

    Pamuji

    04 Agu 2021 08.48 WIB

    Keren abis

    Hapus
  • B

    Bayu

    04 Agu 2021 08.50 WIB

    Kereeeeeeennnnn

    Hapus
  • AH

    Agus Hasanudin

    04 Agu 2021 09.02 WIB

    Sangat inspiratif,,,

    Hapus
  • T

    Trissa

    04 Agu 2021 09.02 WIB

    Konsepnya menarik dan lumayan mindblowing ya. Kalau digunakan secara bijak pastinya menjadi manfaat yang sangat baik.

    Hapus
  • AH

    Andi Hikmal

    04 Agu 2021 09.06 WIB

    Mantap... terus kreatif,dan d implentasikan pada kantor Regional VIII BKN,

    Hapus
  • AF

    Ardy Firman Syah

    04 Agu 2021 09.15 WIB

    Menarik, konklusinya cukup tajam menjawab tantangan diperkuat dgn action plan

    Hapus
  • A

    Aya

    04 Agu 2021 09.15 WIB

    Konsep yg menariikk..

    Hapus
  • A

    anonymous

    04 Agu 2021 09.16 WIB

    sangat relevant yaa dengan kondisi sekarang

    Hapus
  • Q

    qeluarin

    04 Agu 2021 09.16 WIB

    Sukses mas

    Hapus
  • R

    Reyza

    04 Agu 2021 09.18 WIB

    Sangat inspiratif

    Hapus
  • MA

    Mohammad Ali Jinnah

    04 Agu 2021 09.19 WIB

    Analisa dan pemikirannya cukup tajam nih, Yogi,,,,,, bisa jadi narsum IT suatu saat nanti.

    Hapus
  • WS

    Wahyu Sulistyo

    04 Agu 2021 09.19 WIB

    Mantap bahasannya dan harusnya sudah bisa diimplementasikan disemua bidang yang terkait dengan teknologi informasi dan komunikasi.

    Hapus
  • S

    Sufi

    04 Agu 2021 09.21 WIB

    Super sekali. Sungguh sangat inspiratif sekali. Semoga bisa menjadi solusi untuk bangsa.

    Hapus
  • L

    LGrace

    04 Agu 2021 09.24 WIB

    Wahh nambah wawasan baru. Inspiratif banget ☺️

    Hapus
  • SH

    Syonten Hindom

    04 Agu 2021 09.33 WIB

    Nice vision.. Semoga pemerintah dan stakeholder terkait menyadari pentingnya IOT sebab saat ini terlihat banyak sekali masyarakat yg hanya menggunakan internet sebatas bersosmed doang... Smart city contoh nyatanya tapi bakal lebih beken lgi klo bisa dirasakan hingga masyarakat akar rumput lewat smart village contohnya... Good luck Bang Yog... GBU Always..

    Hapus
  • E

    Edi

    04 Agu 2021 09.34 WIB

    Mantap, keren, amazing

    Hapus
  • C

    Christian

    04 Agu 2021 09.36 WIB

    Luar biasa

    Hapus
  • A

    A.Darmuji

    04 Agu 2021 09.39 WIB

    Inovasi di tengah pandemi, dan sangat bermanfaat

    Hapus
  • T

    Tma

    04 Agu 2021 09.43 WIB

    Nice article

    Hapus
  • A

    Azil

    04 Agu 2021 09.47 WIB

    Mantap. Keren. Inovatif. Contoh ASN yang siap untuk menyambut Indonesia 5.0.

    Hapus
  • T

    Tifany

    04 Agu 2021 09.48 WIB

    sangat informatif dan menarik artikelnya.

    Hapus
  • O

    Ocha

    04 Agu 2021 09.50 WIB

    Mantap tulisannya

    Hapus
  • A

    Arisanti

    04 Agu 2021 10.02 WIB

    mantaaap...bagus bgt ini bener2 inspiratif inovatif...good luck

    Hapus
  • K

    Kenny

    04 Agu 2021 10.10 WIB

    Artikel yang menarik dan ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti untuk memahami konsep IoT. Keep up the good work dear writer!

    Hapus
  • R

    Roni

    04 Agu 2021 10.26 WIB

    mantaap ..terus lah berkarya semangat ...

    Hapus
  • F

    Fita

    04 Agu 2021 10.28 WIB

    Good insight and idea. Lewat internet bisa menyatukan semuanya. Thanks masbro!

    Hapus
  • A

    Arvian

    04 Agu 2021 11.05 WIB

    Good Idea...

    Hapus
  • O

    oyy

    04 Agu 2021 11.25 WIB

    Naiss.. next, cyber security in indonesia.

    Semoga AK nya gak ditolak lagi ya bang yog

    Hapus
  • AA

    Andry Aprilianto Sani

    04 Agu 2021 13.03 WIB

    Mantap, bagus banget bang...

  • R

    Retu

    04 Agu 2021 13.28 WIB

    Penulis ini kebanggaan memang.. Hehe

    Hapus
  • Y

    Yanto

    04 Agu 2021 17.01 WIB

    Sukses terus buat mas Yogi .
    Oh iya ada salam dari si pendekar, Mas Dito sekre 😁

    Hapus
  • R

    Rijani

    04 Agu 2021 17.28 WIB

    Kerennn...

    Hapus
  • A

    alfia

    04 Agu 2021 17.51 WIB

    menginspirasi....
    ditunggu artikel dan karya2 selanjutnya, semoga sukses mas

    Hapus
  • A

    angga

    05 Agu 2021 09.54 WIB

    Mantapp….

    Hapus
  • BM

    Beryl Mark

    05 Agu 2021 10.37 WIB

    sangat menginspirasi

    Hapus
  • M

    mikheld

    05 Agu 2021 10.37 WIB

    nicee

    Hapus
  • KA

    Kawanan Angga

    05 Agu 2021 15.07 WIB

    Naise bang

    Hapus
  • A

    Anton

    06 Agu 2021 17.54 WIB

    Sentilan halus buat kebijakan yg ono

    Hapus

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar