Internet Explorer Dimatikan Hari Ini, Good Bye!

Internet Explorer akan dimatikan hari ini | Sumber: Microsoft


Perusahaan teknologi raksasa, Microsoft, secara official mengumumkan suntik matinya pada Internet Explorer, Rabu (15/6/2022). Sejak diluncurkan 27 tahun yang lalu, kini publik dipastikan tidak akan bisa mengakses browser tersebut.

Diberitakan bahwa rencana Internet Explorer untuk di-shutdown memang tampak sejak tahun 2020, ketika penelusur web tersebut akan dihilangkan pada Windows 10. Adapun para user juga sudah diminta untuk tidak menggunakan lagi.

Namun, satu tahun sebelumnya, yakni Mei 2021, Microsoft melalui rilis resminya menyatakan bahwa Microsoft Edge akan menggantikan Internet Explorer sebagai browser teranyarnya pada Windows 11.

Peramban berwarna biru dengan logo huruf ā€˜eā€™ tersebut diperkenalkan pertama kali pada 24 Agustus 1995 sebagai additional package di Windows 96 secara gratis.

Bahkan, browser lawas ini pernah merajai 95 persen pasar di tahun 2003. Pada masa itu, IE memiliki kecepatan di atas rata-rata peramban yang ada dan memiliki sistem security yang mumpuni karena terintegrasi langsung dengan Windows.

Namun, seiring berjalannya waktu, Internet Explorer tersingkirkan oleh penelusur web lainnya yang lebih baru seperti FireFox, Safari, Opera, hingga Chrome. Apalagi, IE disebut-sebut sangat lemot di versi terbaru dan memiliki tampilan yang kurang nyaman.

Meski demikian, melansir dari media CNN, Internet Explorer sebenarnya masih disukai, terutama di kalangan pebisnis karena memiliki dukungan pada kerangka kerja tertentu yang penting untuk operasi aplikasi simulator e-learning dan akuntansi berbasis website, seperti ActiveX dan VB. Karena itulah, Microsoft Edge sebagai pengganti pendulunya, dilengkapi pendukung ActiveX versi lama.

Sementara itu, banyak warganet yang alih-alih sedih, justru melepas kepergian Internet Explorer dengan beragam meme dan komentar lucu.

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

X

Tekan ESC untuk keluar