Inovasi Digital untuk Mewujudkan Smart Village

Inovasi Digital untuk Mewujudkan Smart Village, Foto: pasarjasa.id


#DigitalBisa #UntukDaerahLebihBaik

Di era perkembangan teknologi digital ini masyarakat membutuhkan hal yang lebih dari sekadar adaptasi. Untuk terus bersaing masyarakat perlu mengeluarkan ide-ide inovatif dalam memanfaatkan teknologi digital. Kini sudah banyak ditemukan inovasi dalam kegiatan industri di perkotaan yang mulai mengadopsi teknologi digital. Inovasi tersebut dapat hadir pada proses produksi, distribusi, dan promosi. Inovasi pada teknologi digital tersebut harus mulai dikembangkan pada daerah-daerah yang cukup tertinggal dari daerah perkotaan.

Selain untuk mengikuti perkembangan zaman, inovasi digital juga hadir karena tuntutan keadaan pandemi Covid-19. Pandemi menyebabkan keterbatasan pada segala aktivitas manusia dan memaksa masyarakat untuk beraktivitas dari rumah. Teknologi digital hadir sebagai salah satu solusi untuk menghadapi permasalahan tersebut. Tidak hanya di perkotaan, daerah-daerah lain seperti perdesaan pun turut merasakan keterbatasan tersebut. Akibatnya, diperlukan inovasi-inovasi baru pada teknologi digital untuk menunjang aktivitas masyarakat yang terbatas tersebut.

Inovasi digital dan internet merupakan dua hal yang saling berkaitan. Untuk menunjang inovasi pada teknologi digital tersebut masyarakat membutuhkan akses internet yang baik agar dapat terhubung. Kini pemerintah mulai menerapkan program-program untuk mengembangkan akses internet di daerah. Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) menyebutkan bahwa terdapat sekitar 15 ribu desa yang memiliki akses internet yang buruk. Untuk menanggulangi hal tersebut pemerintah melakukan berbagai kolaborasi dengan pihak swasta untuk mewujudkan Indonesia merdeka internet. Salah satu programnya adalah pembangunan infrastruktur internet berupa satelit Palapa Ring atau dikenal sebagai ‘tol langit’.

Selain mengembangkan infrastruktur, kini hadir juga program Smart Village untuk mengembangkan desa digital. Salah satu yang menginisiasi program tersebut adalah PT. Telkom Indonesia dengan nama Smart Village Nusantara. Program ini bertujuan untuk mewujudkan desa yang mandiri dan produktif dengan menghubungkan suatu desa dalam sebuah dunia digital untuk meningkatkan kualitas pemerintahan, pelayanan publik, dan perekonomian di desa.

Salah satu inovasi digital di daerah yang dapat diwujudkan di masa pandemi adalah inovasi dalam hal pelayanan publik dari pemerintah kepada masyarakat. Pemerintah dapat melakukan inovasi berupa pelayanan yang disajikan secara online, seperti pelayanan administrasi. Dengan adanya inovasi tersebut pelayanan pemerintah dapat berjalan dengan lebih efektif, sederhana, dan tentunya aman di masa pandemi ini. Inovasi lainnya dapat diterapkan pada layanan kesehatan, pendidikan, dan perizinan dari pemerintah. Inovasi tersebut akan membuat masyarakat semakin terbiasa dalam menggunakan teknologi digital. Meskipun begitu, pemerintah tetap harus melakukan sosialisasi yang baik kepada masyarakat agar inovasi dapat lebih terarah.

Selain inovasi dari pemerintah, masyarakat juga dapat mengembangkan inovasi digital untuk memudahkan kegiatan perekonomiannya. Keterbatasan dalam pandemi ini membuat masyarakat di daerah yang bermata pencaharian dalam bidang agraris perlu berinovasi untuk terus bertahan. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan bisnis yang dijalankan secara online atau kini biasa dikenal dengan bisnis start up. Masyarakat yang bekerja dalam bidang agraris dapat melakukan inovasi dalam hal pemasaran barangnya secara online. Cara tersebut dapat membuat proses pemasaran dapat menjangkau pasar yang lebih luas tanpa memerlukan kontak fisik dan menambah daya jual dari suatu produk.

Contoh inovasi digital yang ada di daerah Indonesia dapat dilihat di Desa Krandegan, Purworejo, Jawa Tengah. Di desa tersebut terdapat sebuah inovasi berupa toko online dan layanan ojek online yang bernama Ngojol. Ada juga inovasi yang bernama pasarjasa.id yang menawarkan jasa dari masyarakat, seperti pijat, servis elektronik dan komputer, tukang bangunan, dan masih banyak lagi. Inovasi tersebut dapat menjadi lapangan kerja baru bagi masyarakat yang terdampak pandemi dan juga dapat membantu memasarkan usaha para pelaku jasa.

Inovasi digital di daerah dapat diterapkan dalam berbagai bidang. Sebelum itu, setiap daerah harus mengetahui dan menggali potensi dari daerahnya yang dapat menjadi komoditas untuk dikembangkan. Pengembangan infrastruktur dan program dari pemerintah dapat menjadi penunjang bagi masyarakat untuk mengembangkan ide inovatif. Pemerintah daerah dan masyarakat harus dapat bekerja sama untuk dapat memanfaatkan potensi dari setiap daerah yang dimiliki. Pemerintah daerah juga dapat melakukan pelatihan kepada masyarakat dalam mengembangkan sebuah inovatif di dunia digital.Kehadiran inovasi digital pada setiap daerah dapat menjadi ciri khas tersendiri bagi suatu daerah. Setiap daerah pasti memiliki potensi dan kelebihannya masing-masing. Dengan memanfaatkan hal tersebut inovasi digital yang dikembangkan dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat, menambah pendapatan daerah, serta mewujudkan misi dari program Smart Village untuk pengembangan desa digital atau desa cerdas.

Daftar Pustaka

Koes, A. (2019). Berkolaborasi Atasi Blankspot Internet di Desa-desa. Gatra.com. https://www.gatra.com/detail/news/412040/teknologi/berkolaborasi-atasi-blankspot-internet-di-desadesa

Toto, R. (2020). Inovasi Digitalisasi Desa. Goodnewsfromindonesia.id. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/08/21/inovasi-digitalisasi-desa

Yusuf. (2021). Kisah dari Jateng, Memanfaatkan Teknologi Digital untuk Jadikan Desa Cerdas. Aptika.kominfo.go.id. https://aptika.kominfo.go.id/2021/04/kisah-dari-jateng-manfaatkan-teknologi-digital-untuk-jadikan-desa-cerdas/

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar