Inklusi Digital Sebagai Akses Ketersediaan Pelayanan Publik di Desa Sungai Mentoba, Kec. Ella Hilir Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat

Digital sebagai Akses Gelar Vaksinasi Desa Sungai Mentoba Jaya, Kecamatan Ella Hilir (Foto: Ilham Maulana).


#DigitalBisa #UntukDaerahLebihBaik

Indonesia merupakan wilayah kepulauan terbesar di dunia yang juga sering dijuluki sebagai negara Heaven Of Earth atau surganya dunia ini memiliki keindahan alam dan keanekaragaman hayati yang sering menjadi daya tarik pelancong domestik maupun mancanegara untuk dapat menikmati pesona keindahannya. Berbicara mengenai negara kepulauan, pasti sudah tidak asing lagi jika pulau Kalimantan sering diklaim sebagai pulau terbesar di Indonesia dengan luas 743.330 km2. 

Luasnya pulau kalimantan sebagai jantung paru-paru dunia ini tidak terlepas dari kemajuan infrastruktur pembangunan daerah. Dimana untuk wilayah Kalimantan Barat sendiri terdapat setidaknya 2.301 desa yang tersebar di 12 kabupaten dan 2 kota. Dari 2.301 desa tersebut terdapat beberapa desa yang masih dalam wilayah 3T, tertinggal, terdepan, dan terluar wilayah Indonesia yang menjadi fokus pemerintah dalam memberikan akses ketersediaan informasi digital. 

Saat ini, sebanyak 252 desa yang baru mendapatkan ketersedian akses internet di wilayah Provinsi Kalimantan Barat. Sedangkan untuk target Kemkominfo khusus daerah Kalimantan Barat sendiri menargetkan sebanyak 556 desa yang masih perlu disalurkan akses internet digital oleh Bakti Kemenkominfo. Seperti halnya di  Desa Sungai Mentoba Kecamatan Ella Hilir, ketersedian akses internet menjadi basis utama dalam menggerakan roda perekonomian, pendidikan, serta kesehatan. 

Perlu kita ketahui, pandemi yang kini seakan menjadi penyekat bagi kita dalam beraktivitas merupakan salah satu masalah krusial di daerah 3T. Bagaimana tidak, pandemi Covid-19 ini menjadi peluang bagi kita untuk dapat menggunakan akses digital sebagai jembatan dalam berkomunikasi. Nyatanya, setelah ketersediaan akses internet pun dinilai masih kurang efektif mengingat masyarakat mengeluhkan jaringan internet yang masih minim dalam pemenuhan kebutuhan komunikasi masyarakat. Namun setelah adanya program bakti Kemenkominfo semua permasalahan akses ketersedian internet mulai sedikit terisolir oleh adanya program tersebut. 

 

Ketersedian Internet sebagai Pemenuhan Akses Pelayanan Kesehatan 

Dokumentasi akses perjalan menuju Desa Sungai Mentoba Jaya, Kecamatan Ella Hilir (Foto: Ilham Maulana).
Dokumentasi akses perjalan menuju Desa Sungai Mentoba Jaya, Kecamatan Ella Hilir (Foto: Ilham Maulana).

Pada hari senin 18 Oktober 2021 lalu, tenaga kesehatan mengunjungi Desa Sungai Mentoba Jaya Ella Hilir untuk melakukan giat vaksinasi massal guna meningkatkan herd immunity para warga desa. Kegiatan ini dilakukan di beberapa titik diantaranya SMPN 01 Ella Hilir, dan Puskesmas Ella Hilir. Untuk dapat mengunjungi Desa Sungai Mentoba Jaya, para tenaga kesehatan harus melewati akses jalan yang cukup rusak, ditambah lagi untuk dapat kedesa mobil ambulance harus terlebih dahulu menggunakan tambang untuk dapat menyeberangi sungai. 

Meski harus melewati perjalanan panjang, ternyata antusiasme warga untuk dapat melakukan vaksinasi pun menjadi semangat para tenaga kesehatan untuk dapat merealisasikan program. Terlihat warga Desa Sungai Mentoba Jaya berbondong-bondong melakukan vaksinasi massal tersebut. 

Selain melakukan kegiatan vaksinasi yang ditujukan untuk masyarakat desa, kami juga melakukan kegiatan vaksinasi untuk para siswa SMPN 01 Ella Hilir. Salah satu siswa kelas 7 bernama Rafael mengaku senang akan adanya vaksinasi ini. Menurutnya, ia ingin segera di vaksin agar bisa melakukan kegiatan belajar di sekolah bersama teman-teman tanpa khawatir akan adanya penyebaran virus Covid-19. 

“Hallo Rafael, Gimana berani gak di suntik vaksin?”

“Hai kak, berani dong kak”, jawab Rafael.

“Kenapa kok bisa berani dan semangat nih”

“Saya harus berani di vaksin soalnya saya capek kuliah daring kak, saya rindu ketemu kawan dan ibu guru di sekolah”, jawab Rafael. 

“Wah semangat terus Rafael, semoga sehabis vaksinasi ini kamu bisa belajar lagi di sekolah ketemu kawan dan Ibu Guru yah”.

Dokumentasi Antusiasme Vaksinasi Siswa SMPN 01 Kecamatan Ella Hilir (Foto: Ilham Maulana).
Dokumentasi Antusiasme Vaksinasi Siswa SMPN 01 Kecamatan Ella Hilir (Foto: Ilham Maulana).

Melihat antusiasme masyarakat desa yang mulai aware terhadap vaksinasi, Pemerintah Kabupaten Melawi pun juga mengisyaratkan Kabupaten Melawi harus melakukan vaksinasi setidaknya sebanyak 75% mengingat saat ini Kabupaten Melawi masih berada di peringkat 9 dengan cakupan vaksinasi mencapai 19,03% pada dosis pertama. Namun, hal ini menjadi langkah yang akseleratif sebab percepatan cakupan vaksinasi tentunya akan lebih mudah digencar dengan akses telekomunikasi yang baik. Terlebih lagi berkat bantuan akses telekomunikasi yang sudah cukup baik oleh Bakti Kemenkominfo di Kecamatan Ella Hilir ini menjadi langkah yang tepat dalam menciptakan wilayah Kabupaten Melawi sebagai wilayah yang tinggi dalam cakupan vaksinasi nasional.

Dokumentasi Penyerahan Administrasi Vaksinasi Oleh Warga Desa Sungai Mentoba Jaya, Kecamatan Ella Hilir (Foto: Ilham Maulana).
Dokumentasi Penyerahan Administrasi Vaksinasi Oleh Warga Desa Sungai Mentoba Jaya, Kecamatan Ella Hilir (Foto: Ilham Maulana).

Dari beberapa penelusuran kami, dalam melakukan gelar vaksinasi massal ini tentunya memiliki banyak hambatan dalam hal pemenuhan administrasi. Beberapa warga desa yang belum terdaftar di DUKCAPIL pun harus diurus satu persatu dengan melakukan sambungan telepon ke dinas terkait. Dengan bantuan akses internet Bakti Kemenkominfo segala hambatan administrasi warga terselesaikan dengan baik. salah satu warga bernama Sri mengatakan, “Semoga akses ketersediaan internet bagi masyarakat desa Sungai Mentoba Jaya ini sih bisa lebih luas lagi, soalnya kalau tidak ada internet dan jaringan kita semua kesusahan termasuk menginput data yang rata-rata semuanya dilakukan secara online”, tuturnya. 

Sejalan dengan program Bakti Kemenkominfo untuk dapat menyebarluaskan akses inklusi digital Nasional, maka hal ini pun menjadi harapan besar seluruh warga desa yang masih belum terisolir akan adanya akses internet. Dikutip oleh pernyataan Bill Gates bahwasanya, “The Internet is becoming the town square for the global village of tomorrow” yang artinya “Internet menjadi alun-alun kota untuk desa global di masa depan.” 

Komentar (35)

  • DS

    Dwi Sudarti

    25 Okt 2021 13.56 WIB

    Kereen, internet sudah sampai ke daerah 3T, semoga semakin lancar dan menjadi fasilitas untuk keperluan masyarakat seperti pendidikan dan kesehatan.

    Hapus
  • IN

    Irma Nofianti

    25 Okt 2021 14.00 WIB

    Digitalisasi memang sudah menjadi kebutuhan masyarakat saat ini,terlebih dengan adanya pandemi,akses digital menjadi satu hal penting dalam keberlangsungan kehidupan bermasyarakat,semoga kedepannya akses digital bisa dinikmati secara merata oleh seluruh masyarakat indonesia.

    Hapus
  • NA

    Nabiila Azzahra

    25 Okt 2021 14.01 WIB

    Alhamdulillah akses internet sudah menyebar luas. Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik ya oleh masyarakat sekitar.

  • MA

    Muhammad Azam

    25 Okt 2021 14.03 WIB

    Senang sekali akses internet dapat dirasakan banyak orang

  • F

    Fajriatussyafaah

    25 Okt 2021 14.06 WIB

    Ikut seneng, sekarang dimanapun butuh internet .semoga bisa di gunakan dengan sebaik baiknya dan ya semoga internetnya lancar ...🥰

    Hapus
  • WP

    Wahyu Puji Sasongko

    25 Okt 2021 14.07 WIB

    Wah sekali bisa akses internet bisa merasakan berbagai manfaatnya

    Hapus
  • A

    Astutik

    25 Okt 2021 14.08 WIB

    Dengan kemajuan digitalisasi yg sangat cepat,ya semoga saja wilayah yg belum terjangkau akses internet nya ,bisa mendapatkan akses internet dengan mudah, seperti yg kita tau peranan digital sangat lah penting saat ini.

    Hapus
  • F

    Fithrie

    25 Okt 2021 14.15 WIB

    Saluutttt, semoga dengan bisa mengakses internet dimana saja bisa memudahkan aktifitas di era digital sekarang, smoga bermanfaat bagi seluruh komponen masyarakat

    Hapus
  • EA

    Eksanur A F

    25 Okt 2021 14.27 WIB

    Alhamdulillah sudah semakin banyak daerah yang sekarang bisa mengakses internet.

  • IM

    ILHAM MAULANA

    25 Okt 2021 14.37 WIB

    Terimakasih kepada pihak telkomsel telah malakukan pembangunan pemerataan jaringan internet dari sabang sampai meroke meskipun di desa akses jaringan masih Mengunakan tower mini telkom bakti dan jaringan terbatas tapi sangat terasa sekali manfaat nya bagi masyarakat pedalaman khusuanya pedalam kalimantan

    Hapus
  • ES

    Eky Semartboy

    25 Okt 2021 14.48 WIB

    Apresiasi untuk masyarakat yang sudah mau turut berpartisipasi dalam mensukseskan vaksinasi. Semoga keadaan bisa cepat membaik. Guud job 🔥🔥

    Hapus
  • DN

    David Nurfianto

    25 Okt 2021 15.20 WIB

    Semangat terus dalam memutus rantai pandemi Covid-19, dan tulisan ini mengajarkan bagaiman lelahnya siswa yang belajar daring

    Hapus
  • IE

    Ima Ermawati

    25 Okt 2021 15.28 WIB

    Saya apresiasi kepada masyarakat yg telah mengikuti vaksinasi
    , mari kita sama sama memutuskan matarantai penyebaran covid ini dengan cara mengikuti vaksinasi.

    Hapus
  • SK

    Syazi Khasan Syadzili

    25 Okt 2021 15.44 WIB

    Alhamdulillah ikut seneng dengernya

    Hapus
  • DR

    Dwi Rahayu

    25 Okt 2021 15.55 WIB

    Ikut senang, desa di Kalimantan sudah mendapat bantuan internet. Serta salah satu siswa yang semangat di vaksin karna dah kangen sama temen dan guru di sekolah
    Sehat selalu semuanya !

    Hapus
  • L

    Laela

    25 Okt 2021 15.57 WIB

    Alhamdulillah Internet sudah dapat dirasakan banyak orang, semoga dengan adanya internet dapat melancarkan arus informasi serta memudahkan urusan kita semua

    Hapus
  • JA

    Jamaluddin Asrofi

    25 Okt 2021 15.57 WIB

    Alhamdulillah internet sudah bisa tersebar luas, semoga dengan adanya akses internet bisa menjadi lebih baik dalam berbagi hal

    Hapus
  • MF

    Muhammad Fikri Akbar

    25 Okt 2021 16.20 WIB

    Untuk penggunaan media sosial, sangat di perlukan jaringan internet yang bagus, semoga jaringan internet terus berkembang dan bisa membantu masyarakat dalam kegiatan sehari-hari #DigitalBisa

    Hapus
  • SP

    SITI PARAMIDA

    25 Okt 2021 16.48 WIB

    Masya allah dan alhamdulillah banget dengan adanya fasilitas Internet pasti akan sangat membantu masyarakat sekitar terutama pelajar-pelajar yang ada di sana. Walaupun jaringan terkadang masih kurang memadai tetapi melihat antusias masyarakat di sana membuat para pengunjung dan lain nyaa tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut.

    Hapus
  • Y

    Yusansia

    25 Okt 2021 16.52 WIB

    Alhamdulillah karena jaringan internet sudah tersebar luas, masyarakat di pedesaan jadi semakin mudah mengakses informasi, semoga memberikan dampak yang baik untuk kemajuan masyarakat sekitar

    Hapus
  • MT

    Muh Thufeil

    25 Okt 2021 17.01 WIB

    semoga makin maju dan makin bisa mengembangkan potensi bagi penduduk setempat

    Hapus
  • DU

    Dwi Utami

    25 Okt 2021 17.20 WIB

    MasyaAllah seneng banget Internet mudah di akses, karena di era pandemi ini khususnyapelajar dan mahasiswa harus daring dan sangat membutuhkan internet untuk proses belajar mengajar. Semoga kedepannya bisa memanfaatkan internet dengan baik. #DigitalBisa

    Hapus
  • MA

    Mita Aprillia

    25 Okt 2021 17.36 WIB

    Wah, keren semoga selalu menginspirasi...

    Hapus
  • N

    Nur

    25 Okt 2021 17.39 WIB

    Semoga akses ketersediaan digital bisa lebih bermanfaat lagi khususnya dibidang pendidikan dan kesehatan #DigitalBisa

    Hapus
  • IE

    Ilyas elijah

    25 Okt 2021 18.07 WIB

    Setelah membaca tulisa tersebut naluri literasi saya serasa sedang di sleding tekel. Saya tersadar bahwa ini bukan hanya tulisan biasa, sebagai seorang penulis tentunya saya sudah bersahabat dengan frasa dan antek anteknya. Saya yakin dengan potensi dari si penulis, terus semangat dalam berkarya giat bekerja keras dan suatu saat akan berjabat tangan dengan kesempatan.

    Hapus
  • DF

    Dana Fikri ikromi

    25 Okt 2021 18.35 WIB

    Mantap bngt

    Hapus
  • F

    Fatin

    25 Okt 2021 18.53 WIB

    Keren banget, sangat menginspirasi. Semangat! #DigitalBisa

    Hapus
  • FR

    Fia Risty

    25 Okt 2021 22.28 WIB

    Semoga akses ketersediaan internet dapat menyebarluas hingga ke pelosok negeri #DigitalBisa

    Hapus
  • SA

    sabiq anam

    25 Okt 2021 23.16 WIB

    Mantap

    Hapus
  • BA

    Bahitsa Al Badiyah

    26 Okt 2021 06.42 WIB

    Ikut senang Alhamdulillah internet sudah dapat di akses hingga pelosok Negeri, Semoga dapat memanfaatkan internet dengan sebaik mungkin dan sinyal juga mendukung untuk mengakses berbagai info dsb melalui internet 😀

    Hapus
  • IN

    Irfan Nur Arba

    26 Okt 2021 09.45 WIB

    Alhamdulillah MasyaAllah, semoga kedepannya jaringan telekomunikasi bisa merata di seluruh daerah negeri ini terutama daerah yang berkategorikan 3T (Terluar, Tertinggal, Terpencil). Dan dengan adanya jaringan Internet yang merata tentunya akan mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan digital, Ayo Indonesia Bisa

  • ET

    Eliza Triana

    26 Okt 2021 11.11 WIB

    Besar sekali ternyata dampak dari menyebar luasnya akses internet ke wilayah 3 T. Sekarang masyarakat tidak perlu khawatir karena jaringan internet lemah, semoga bisa dimanfaatkan untuk hal yang baik. Dan juga seneng banget masyarakat di sana semangat untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Semoga dengan digitalisasi informasi ini dapat mempersuasi khalayak untuk tidak termakan hoax dan menolak adanya vaksinasi.

    Hapus
  • ZA

    Ziaulhaq alaudin

    26 Okt 2021 17.52 WIB

    Semoga dengan terlaksananya program tersebut kedepannya fasilitas internet dapat diakses diseluruh negara Indonesia

  • R

    Riandi

    26 Okt 2021 19.21 WIB

    Artikel yang sangat menarik dan bahasannya mudah dimengerti. Keren.

  • FO

    Faiz Okta

    08 Nov 2021 21.06 WIB

    Ikut senang melihat artikel ini.. semoga akses internet semakin merata di seluruh Indonesia

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar