Hubungan Internet dan Inovasi Digital

Ilustrasi internet dan inovasi digital (Sumber : Dokumentasi pribadi)


#DigitalBisa #UntukDaerahLebihBaik

Pemanfaatan layanan akses internet dengan baik dapat menciptakan inovasi digital, baik di kota maupun di desa. Dengan adanya akses internet berbagai macam kegiatan dapat dilakukan, apalagi di era pandemi seperti ini. Akses internet juga menciptakan lapangan pekerjaan baru, misalnya programer. Tidak hanya itu, para pengusaha terutama UMKM lebih mudah menjual produknya keluar daerah. Inovasi digital juga tak kalah penting untuk membantu memudahkan manusia dalam beraktivitas.

Inovasi Digital

Sebelum membahas mengenai inovasi digital di daerah, alangkah baiknya mengenal terlebih dahulu “Apa itu inovasi digital?”. Inovasi menurut para ahli adalah suatu contoh dimana suatu kreativitas, daya cipta dan inisiatif kuat dapat menghasilkan sesuatu yang secara materi jauh lebih baik daripada penemuan-penemuan sebelumnya. Dapat disimpulkan bahwa, inovasi digital merupakan proses pembaruan proses bisnis dengan melibatkan sektor digital.

Dengan adanya inovasi-inovasi digital, manusia dapat melakukan kegiatan menjadi lebih mudah dan cepat. Tentunya dengan biaya yang menjadi lebih efisien atau terjangkau. Salah satu contohnya adalah e-commerce. Dengan adanya e-commerce, manusia lebih mudah untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Begitu pula dengan pebisnis, adanya e-commerce membuat pebisnis terutama UMKM menjadi lebih mudah memasarkan produk ke luar daerah.

Pasti kalian tahu Kota Surakarta atau yang biasa disebut dengan Solo? Namun, yang akan dibahas kali ini bukanlah Kota Surakarta. Tetapi, salah satu kabupaten yang berbatasan dengan Kota Surakarta, yakni Kabupaten Boyolali. Kabupaten Boyolali ini biasa dikenal sebagai Kota Susu. Kabupaten ini juga mendapat julukan “New Zealand van Java”. Sepanjang tahun 2020, kabupaten ini menghasilkan susu mencapai 49.934.660 liter.

Pandemi memiliki dampak terhadap semua sektor salah satunya yakni sektor pendidikan. Pendidikan menjadi sulit untuk dilaksanakan dan memiliki tantangan yang sangatlah sulit untuk dihadapi. Sehingga inovasi digital menjadi sangatlah diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran.

Sebagai contoh diambil salah satu Madrasah Ibtidaiyah atau biasa disebut MI. Pada salah satu Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Boyolali yakni MI Muhammadiyah Karanglo. Pada awalnya sekolah tersebut menggunakan platform chatting WhatsApp sebagai media pembelajaran. Namun, seiring berjalannya waktu, kini sekolah atau madrasah tersebut memanfaatkan sebuah platform digital yang bernama SCI Media Online untuk pembelajaran jarak jauh. Dengan begitu pembelajaran dapat berjalan dengan lebih baik.

Seperti sekolah-sekolah lain yang berada dibawah Kementrian Agama, untuk melakukan pendataan siswa dan membuat rapor, kini sudah mulai berbasis teknologi. Dengan menggunakan EMIS untuk mendata lembaga, guru, dan siswa dan RDM untuk membuat rapor.

Inovasi digital juga terjadi pada sektor perdagangan/UMKM. E-commerce dan sosial media adalah contoh platform yang bermanfaat bagi para pengusaha yang saat ini biasa digunakan untuk menjual dan memasarkan produknya. Terlihat pada banner yang ada pada toko offline mereka banyak yang tertera akun sosial media beserta nomer teleponnya.

Semua inovasi-inovasi tersebut dapat terjadi karena hadirnya tower BTS (Base Tranciver Station) dan layanan fixed broadband yang menunjang untuk mengakses internet. Namun, jika tidak ada penunjang-penunjang tersebut maka akses internet bisa tidak ada atau menjadi sulit. Karena, pada saat ini kedua layanan tersebut yang paling mudah untuk didapatkan dan memiliki harga terjangkau. Apabila sulit untuk mendapatkan akses internet maka juga akan mengakibatkan sulitnya untuk melakukan sebuah inovasi.

Maka dari itu, penting untuk memberikan akses internet yang merata bagi seluruh masyarakat Indonesia. Mulai dari kota hingga pelosok, diharapkan dengan meratanya akses internet dapat terjadi inovasi-inovasi baru yang lebih baik lagi untuk kemajuan bangsa.

Referensi :

https://www.studilmu.com/blogs/details/pengertian-inovasi-manfaat-inovasi-tujuan-inovasi-dan-5-mitos-inovasi

https://jateng.inews.id/berita/produksi-susu-sapi-di-boyolali-diprediksi-naik-dibanding-tahun-lalu

 

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar