Go Digital Bukan Lagi Mimpi Bagi UMKM dari Sigi

Pendampingan UMKM agar siap masuk dunia digital terus dilakukan berbagai pihak, salah satunya oleh Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom di Palu


Digitalisasi usaha barangkali bukan hal yang sulit dilakukan para pebisnis di kota-kota besar. Akan tetapi, hal ini masih menjadi barang mewah untuk para pelaku usaha di daerah. Keterbatasan infrastruktur dan kurangnya pemahaman mengenai teknologi digital menjadi faktor penghambat yang kerap menjadi sebab sulitnya digitalisasi dilakukan.

Kesulitan tersebut dirasakan salah satunya oleh pelaku UMKM di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Selama ini, banyak pelaku usaha di Sigi yang ingin mengembangkan usahanya melalui digitalisasi. Akan tetapi, keinginan tersebut terhalang segala keterbatasan seperti yang disebutkan di atas.

Besarnya antusias pelaku usaha di Sigi melakukan digitalisasi mendorong para pemangku kebijakan di sana membantu mereka. Alhasil, di bawah koordinasi Dinas Koperasi UMKM Provinsi Sulawesi tengah, pendampingan bagi pelaku usaha di Sigi untuk melakukan digitalisasi pun dimulai.

Dinas Koperasi UMKM Sulteng membantu pelaku usaha di Sigi melakukan digitalisasi melalui Bimbingan Teknis Digitalisasi yang digelar secara luring dan protokol kesehatan ketat, Sabtu (25/9). Dalam melakukan bimtek, Dinas Koperasi UMKM Sulteng bekerjasama dengan Rumah BUMN Palu yang dikelola PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

“Kegiatan ini merupakan hal yang sangat baru bagi pelaku usaha di Sigi. Mereka begitu antusias dan merasa bimbingan ini sungguh luar biasa. Semangat dan antusias UMKM di Sigi sangat besar,” ujar Fasilitator Rumah BUMN Telkom Palu Pusparani Sahran.

BACA JUGA: Kisah Sukses UMKM Asal Sumatera Utara Bertahan dan Berkembang Selama Pandemi

Edisi perdana bimtek digitalisasi di Sigi diikuti 20 pelaku UMKM. Puluhan peserta itu merupakan pelaku usaha yang bergerak di sektor olahan pangan dan memiliki beragam produk seperti makanan ringan, madu, kopi, dan lain-lain.

Pusparani berkata, ada banyak pelaku UMKM di Sigi yang bergerak di sektor pangan. Kondisi ini terjadi karena Sigi dikenal sebagai salah satu daerah lumbung pangan di Sulawesi Tengah. Karena itu, tak heran apabila banyak bisnis sektor makanan yang lahir dari sana.

Potensi pelaku UMKM dari Sigi mengembangkan usahanya cukup besar, karena ditopang kekayaan alam daerah usaha mereka. Agar potensi besar itu bisa dimanfaatkan secara optimal, maka Rumah BUMN Telkom berkomitmen akan terus membantu digitalisasi usaha pelaku UMKM di Sigi.

Suasana Bimbingan Teknis Digitalisasi UMKM di Kabupaten Sigi yang diinisiasi Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Tengah dan dibantu Rumah BUMN Telkom Palu, Sabtu (25/9)

Rumah BUMN Telkom Palu ke depannya akan aktif mendampingi setiap UMKM, dan menjadi konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) UMKM di Sigi. Pendampingan ini diharap bisa semakin membentuk kemampuan UMKM di Sigi untuk lekas go digital.

Berdasarkan cerita Pusparani, kegiatan bimtek digitalisasi edisi perdana di Sigi sangat membantu pelaku UMKM di sana. Dia menuturkan, selepas acara bimtek akhir pekan lalu, ada beberapa pelaku UMKM yang menyampaikan testimoni dan mengucapkan rasa syukurnya karena telah mendapat pelatihan.

BACA JUGA: UMKM Asal Depok Ini Makin Sukses Usai Lakukan Digitalisasi Bisnis. Begini Ceritanya!

Kegembiraan dimiliki pelaku UMKM dari Sigi karena mereka akhirnya bisa mendapat bimtek digitalisasi yang mudah dan cepat dipahami. Pusparani berkata, selama bimtek berlangsung para peserta terlihat sangat tanggap dan mudah memahami pemakaian teknologi digital untuk mengembangkan usahanya.

“Dengan digitalisasi produk Telkom (dalam hal ini menggunakan platform Bonum) mereka sangat tanggap dan cepat menangkap setiap langkah pengaplikasian (digitalisasi usaha). Kami harap beragam produk digital dari Telkom dapat membantu para UMKM—bukan hanya di perkotaan—untuk dapat merasakan manfaat dari internet, semakin maju, dan percaya diri untuk bersaing dengan UMKM dari daerah lain,” katanya.

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar