Digitalisasi di Pelosok Negeri: Berproses Menuju Daerah Lancar Akses

Dokumentasi Pribadi: Salah seorang anak yang ingin belajar dengan mencari tempat yang lebih strategis untuk bisa terhubung baik dengan jaringan.


#DigitalBisa #UntukDaerahLebihBaik

Zaman sekarang, banyak perubahan dan perkembangan yang diterima masyarakat. Salah satunya adalah digitalisasi. Masa pandemi yang kian meresahkan juga salah satu dampak yang harus siap diterima seluruh lapisan masyarakat dimana pun berada. Tak hanya di kota besar, bahkan desa dan pelosok negeri juga ikut merasakannya. Salah satu dampak dari situasi yang cukup rumit ini adalah terbatasnya interaksi pertemuan dan keramaian. Maka dari itu, beraktivitas dari rumah menjadi pilihan demi kebaikan.

Lalu, bagaimana caranya agar tetap bisa membantu masyarakat untuk tetap dapat menjalankan tanggung jawab dan aktivitasnya kembali? Tentu saja dengan pemanfaatan digitalisasi. Melalui digitalisasi, semua kalangan dapat melaksanakan tugasnya kembali dalam situasi saat ini. Seiring perkembangan zaman juga cukup membantu masyarakat untuk pemanfaatan digital, karena terciptanya teknologi-teknologi canggih digital.

Indonesia yang memiliki wilayah yang luas, dengan berbagai keragaman di setiap daerahnya juga harus siap untuk menerima perkembangan yang ada. Wilayah terpencil yang berada di pelosok negeri pun harus siap mengikuti perkembangan yang ada. Segala hal-hal baru yang tumbuh dan berkembang dalam negeri juga akan menyebar ke segala penjuru. Maka tak ada satu wilayah pun yang mampu menutup diri untuk tidak menerima perkembangan yang ada, khususnya dunia digital.

Salah satu daerah yang masih cukup terbatas kemajuannya adalah daerah Kabupaten Padang Lawas. Daerah yang memiliki perkebunan karet dan kelapa sawit dengan kearifan lokal masyarakat bertani dan berkebun. Daerah ini masih terus berjuang untuk berkembang dan beradaptasi dengan hal-hal baru untuk melewati semua ketertinggalannya dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya yang sudah cukup baik pencapaiannya. Daerah Kabupaten Padang Lawas juga ikut berperan dalam mencegah penyebaran pandemi seperti yang dianjurkan oleh pemerintah bagi seluruh lapisan masyarakat di semua wilayah Indonesia. Salah satunya, yaitu daerah ini juga ikut serta menerapkan sistem digital untuk menghindari kerumunan pada situasi saat ini.

Meski daerah ini tidak begitu baik dalam menggunakan sistem daring di seluruh wilayahnya, namun usaha dan semangat yang tinggi dalam masyarakat sangat kuat untuk mempelajari dan melatih diri mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Semua kalangan memiliki rasa ingin tahu yang besar untuk bisa memiliki dan menggunakan alat-alat teknologi dan pemanfaatan digital. Jika sebelumnya, pemanfaatan digital tidak terlalu banyak digunakan, maka pada masa pandemi ini justru aktivitas sudah cukup banyak dilaksanakan dengan pemanfaatan teknologi digital dan daring, khususnya belajar-mengajar di sekolah.

 

Jika sebelumnya, sistem belajar dilaksanakan secara langsung, maka saat ini dilaksanakan dengan dua tahap yaitu sesi tatap muka dan belajar dari rumah dengan pemanfaatan jaringan. Anak-anak sekolah juga mulai aktif menggunakan telepon genggamnya untuk mengakses internet demi kelancaran sistem belajarnya di rumah. Daerah Kabupaten Padang Lawas dengan jaringan yang masih bisa dikatakan belum stabil, tentu berbagai cara pun dilakukan setiap orang untuk tetap bisa terhubung ke jaringan, yaitu mencari tempat yang bisa mendukung untuk mendapatkan jaringan yang lancar. Begitu juga  dalam aktivitas perkantoran, pemasangan WIFI juga sudah banyak diterapkan. Bukan hanya di kantor, sekolah-sekolah dan tempat umum juga sudah semakin banyak yang memasang WIFI demi mendukung kelancaran dan keperluan dalam setiap aktivitas yang menghasruskan terhubung dengan akses internet. Digitalisasi di daerah ini terus mengikuti perkembangan teknologi yang ada.

Bukan hanya di sekolah dan perkantoran, para masyarakat umum juga sangat membutuhkan bantuan digital. Adanya digitalisasi membantu masyarakat untuk mengenalkan dan mempromosikan barang dagangannya kepada seluruh wilayah daerahnya bahkan luar daerah Padang Lawas. Pemanfaatan teknologi digital di daerah sangat membantu dan memberikan sejuta manfaat bagi seluruh kalangan masyarakat. Melalui digital, interaksi ke berbagai pelosok daerah juga bisa dilakukan setiap individu. Melalui akses internet, segala informasi dan peristiwa yang terjadi dalam negeri maupun luar negeri dapat diketahui setiap individu dengan terhubungnya ke jaringan. Daerah Kabupaten Padang Lawas sangat terbantu dengan adanya digitalisasi. Digitalisasi juga sangat membantu perkembangan daerah Kabupaten Padang Lawas menuju daerah yang lebih baik, maju dan sejahtera. Palas (Padang Lawas) terus berproses menuju lancar akses.

Digitalisasi di pelosok negeri, sungguh sangat berarti. Masyarakat tak hanya mencari, tapi selalu siap disuguhkan berbagai informasi. Jarak yang jauh tak menjadi penghalang lagi, semua kalangan bisa berkomunikasi setiap hari. Melalui digitalisasi menjadi solusi berbagai kendala di masa pandemi. Digital menjadi pahlawan bagi setiap kalangan. Membantu banyak lapisan masyarakat dalam hal keperluan dan kebutuhan. Semoga seluruh wilayah dalam negeri hingga ke pelosok negeri bisa merasakan dan menikmati digitalisasi dalam kehidupan sehari-hari. Digitalisasi di pelosok negeri mendukung terciptanya kreasi dan inovasi untuk kemajuan negeri.

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar