Digitalisasi Budaya: Pelestarian Warisan Budaya Indonesia Berbasis Digital di Era Pandemi

(Permainan Tradisional Egrang, Foto: Tanoker.org)


#WritingCompetitionDigitalBisa #DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik      

Ragam Budaya Indonesia, Foto: MMCKalteng.com

Indonesia merupakan salah satu Negara yang menyimpan banyak sekali ragam budaya tradisional pada hampir setiap provinsinya. Ragam budaya Indonesia memiliki makna dan arti tertentu, sehingga perlu dilestarikan. Kebudayaan Indonesia yang merupakan gabungan dari berbagai macam budaya lokal dari Sabang hingga Merauke yang sangat unik dan beragam dari seni tari, upacara adat, pakaian tradisional, makanan khas hingga adat istiadat (Hartanti dan Budi, 2019). Budaya yang beragam tersebut tentu memiliki ancaman bagi Negara Indonesia sendiri, hal ini dikarenakan semakin canggih teknologi yang akan membawa arus budaya tidak pada tempatnya. Budaya luar dengan mudah dapat masuk ke Indonesia melalui banyak hal, namun salah satunya yakni melalui teknologi.

        Digitalisasi budaya merupakan suatu konsep dalam pemanfaatan teknologi informasi dan juga komunikasi untuk meningkatkan daya guna dalam hal kebudayaan Indonesia terutama pada hal pengelolaan, penyebarluasan informasi dan pengetahuan dari unsur-unsur kebudayan (Sutikno, 2020). Era digital sangat memudahkan kita dalam mengakses hampir seluruh kebutuhan manusia. Pada masa pandemi saat ini hampir seluruh orang menggunakan akses internet dalam melakukan hal pekerjaan bahkan melepas penat, tak heran apabila hampir seluruh orang memiliki smartphone yang tak pernah lepas dari genggaman tangan. Kemudahan akses internet tersebut dapat dimanfaatkan untuk tetap melestarikan kebudayaan Indonesia. Bagaimana caranya?

Permainan Tradisional Egrang, Foto: Tanoker.org

       Jember, merupakan kota kelahiran saya yang memiliki beragam kebudayaan unik salah satunya yakni adanya permainan tradisional egrang. Permainan ini memiliki makna dalam memainkannya, sehingga permainan ini perlu dilestarikan. Selain makna yang ada pada permainan egrang, minimnya penggunaan permainan ini dikalangan anak-anak juga menjadi salah satu alasan terbesar terkikisnya permainan tersebut. Kecamatan ledokombo merupakan salah satu kecamatan yang mulai mengembangkan dan membuat sekelompok komunitas permainan tradisional egrang. Permainan ini juga telah dibuat sebuah festival yang bernama Festival Egrang Tanoker Jember. Kegiatan tersebut menghadirkan beberapa kegiatan dan perlombaan yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Jember. Festival ini diadakan setiap tahun dan tentunya menghadirkan kegiatan yang berbeda setiap tahunnya, adanya festival ini tentunya telah menjadi pusat perhatian bagi beberapa lembaga bahkan di kancah internasional.

    Semenjak adanya wabah virus Covid-19, festival ini terhambat dalam pelaksanaanya, sehingga penyaluran permainan ini yang seharusnya diikuti oleh seluruh masyarakat secara beramai-ramai kini hanya dihadiri oleh masyarakat sekitar yang sangat terbatas. Pada era yang serba digital ini tentu dapat kita manfaatkan, optimalisasi internet kita dapat salurkan dengan mempromosikan permainan egrang tersebut. Salah satunya yakni dengan pengoptimalan sosial media Tanoker Ledokombo, yang mana masih terdapat beberapa akun sosial media seperti youtube masih memiliki sedikit penonton. Hal ini dapat disiasati dengan mengadakan suatu webinar atau perlombaan yang berkaitan dengan permainan egrang dan pentingnya permaian egrang dalam konteks budaya, selain itu dapat dilakukan dengan festival online yang diisi oleh dokumentasi permainan egrang sehingga para generasi muda tidak terlalu acuh dalam melestarikan kearifan lokal.

 

Referensi

Hartanti, G., dan B. Setiawan. 2019. Pendokumentasian aplikasi ragam hias batik jawa tengah motif kawugn, sebagai upaya konservasi budaya bangsa khususnya pada perancangan interior. aksen. 3(2): 26-27.

Sutikno, P. Y. 2020. Era digital? “pendidikan seni music berbasis budaya” sebagai sebuah inovasi pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal kependidikan dasar. 11(1): 39-40.

Komentar (6)

  • S

    Septian

    02 Agu 2021 17.02 WIB

    Keren banget!

    Hapus
  • AE

    Aditya Erlangga Putra

    02 Agu 2021 17.04 WIB

    Good

  • AE

    Aditya Erlangga Putra

    02 Agu 2021 17.04 WIB

    https://digitalbisa.id/artikel/mobilitas-era-digital-VwJMa


    Dear All,
    Silahkan kunjungi publikasi artikel saya buat baca-baca. Jgn lupa kasih respon dan tinggalkan komentar ya

  • Y

    Yuniar

    02 Agu 2021 17.30 WIB

    Kerennnn!!!

    Hapus
  • AF

    Aufar finas

    02 Agu 2021 17.42 WIB

    Ngeri ngeri

    Hapus
  • JM

    Janu M

    05 Agu 2021 07.21 WIB

    Artikel yang bermanfaat

    Hapus

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar