Dampak Teknologi Digital Terhadap Budaya Di Indonesia

Digital Dan Budaya Kita, Foto : blog.eikontechnology.com


#WritingCompetitionDigitalBisa #DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik

Digitalisasi kebudayan merupakan suatu konsep pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan daya guna dalam bidang kebudayaan. Digital ialah sesuatu yang berhubungan dengan angka dan penomoran untuk sistem tertentu. Namun, untuk pengertian teknologi sendiri adalah metode ilmiah atau cara untuk mencapai tujuan kehidupan yang diperlukan untuk kenyamanan dan kelangsungan hidup masyarakat. Berdasarkan pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa teknologi digital adalah suatu hal yang hanya menggunakan komputerisasi atau format yang dapat dibaca oleh komputer yang modern dan tidak lagi menggunakan atau memakai tenaga manusia. Kemudian untuk pengertian dari budaya Indonesia adalah seluruh kebudayaan nasional atau kebudayaan lokal yang telah ada di Indonesia sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945 yang dimiliki oleh bersama dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya juga terbentuk dari beberapa unsur, yaitu sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, pakaian, karya seni dan lainnya. Namun, adapun penjelasan lain yang berkaitan dengan budaya digital. Budaya digital ialah hasil pemikiran, kreativitas, dan cipta karya masyarakat Indonesia yang menggunakan teknologi internet. Perkembangan budaya digital sangat ditentukan oleh kemampuan dari masyarakat mengenai pengetahuan dan teknologi digital di Indonesia. Pada dasarnya, teknologi digital telah mengubah cara masyarakat di Indonesia berinteraksi dengan sesama, dengan media dan muatannya, atau hal lainnya yang berkaitan dengan budaya Indonesia.

CNN Indonesia
Budaya Hiburan Indonesia, Foto: CNN Indonesia

Sebagai contoh yang pertama yaitu dahulu masyarakat menerapkan budaya hiburan melewati Seni daerah dan tradisional serta seni nusantara yang dilihat secara langsung. Namun, ketika teknologi digital berkembang di Indonesia, beberapa media seperti televisi yang dapat menampilkan siaran seni tradisional, komputer permainan dan apapun yang berkaitan dengan budaya hiburan sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat sehari-hari yang bersifat menghibur. Namun, pada akhirnya bisa menimbulkan dampak negatif yaitu penggunaan budaya hiburan ini dapat menentukan ekonomi moral dan sejauh mana identidas anggota rumah tangga dari sebuah keluarga.

Tradisi Surat Menyurat
Budaya Komunikasi, Foto : ParcelDay

Tidak hanya itu, dampak yang kedua adalah cara berkomunikasi masyarakat terhadap sesama. Dengan adanya teknologi digital di Indonesia, masyarakat yang dulunya berkomunikasi menggunakan surat atau mengirim pesan singkat SMS, sekarang terbiasa berkomunikasi lewat e-mail atau media sosial lainnya tanpa batas ruang dan waktu. Namun, hal ini juga bisa menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat yaitu membuat masyarakat jarang menjalin komunikasi tatap muka sehingga bisa menjauhkan diri dari orang sekitar.

Tempo Foto - Tempo.co
Budaya Berpakaian, Foto : Tempo.co

Tidak hanya itu, cara berpakaian juga menimbulkan dampak positif yang berpengaruh pada kebudayaan. Sekarang cara berpakaian yang sedang trend dikalangan anak muda adalah gaya yang lebih modern dan bisa menjangkau berbagai kalangan yang harus disesuaikan dengan pakaian yang layak digunakan di Indonesia. Berbagai contoh trend berpakaian bisa diakses dari Smarthphone melalui Internet seperti media sosial. Namun, hal ini juga mempunyai dampak negatifnya yaitu tidak kesesuaiannya cara berpakaian dengan budaya Indonesia seperti memakai bikini saat berenang dipantai kemudian mengumbar photo serta video ke media sosial yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi yang melihat postingan tersebut.

Glitzmedia.co
Budaya Gaya Hidup, Foto: Glitzmedia.co 

Selanjutnya adalah gaya hidup. Budaya gaya hidup juga memiliki dampak positif melalui teknologi digital contohnya adalah penggunaan aplikasi pada Smartphone yang membantu masyarakat menjadi lebih rajin untuk berolahraga, menjaga pola hidup sehat dengan mengurangi konsumsi daging atau lainnya. Tidak hanya itu, masyarakat yang dulunya biasa dalam menggunakan kertas peta dan buku atlas, sekarang masyarakat sangat terbantu dan bisa mengakses hal tersebut menggunakan Internet yang terdapat pada laptop atau Smartphone secara cepat dan lebih hemat tenaga. Namun, terdapat juga dampak negatifnya seperti penyalahgunaan Smartphone sebagi teknologi digital untuk menjual barang ilegal, penggunaan narkoba, pergaulan bebas atau lainnya.

Good News From Indonesia
Kabudayaan Berbahasa, Foto : Good News From Indonesia

Kemudian budaya berbahasa yang memiliki dampak positif dari teknologi digital. Dengan adanya teknologi digital di Indonesia, bahasa daerah mulai jarang digunakan dan digantikan dengan bahasa nasional yaitu Bahasa Indonesia karena tidak semua masyarakat mengerti bahasa daerah ditiap-tiap wilayah di Indonesia. Tidak hanya itu, dengan adanya komputer dan smartphone sebagai alat yang biasa digunakan oleh masyarakat dapat membantu masyarakat Indonesia dalam mempelajari bahasa asing seperti Bahasa Inggris atau lainnya. Bahkan ada yang memadukan kedua bahasa tersebut menjadi bahasa sehari-hari. Hal tersebut tidaklah disalahkan selama masyarakat tersebut tetap menjaga kelestarian bahasa daerah dan juga bahasa Indonesia. Namun, hal ini juga bisa memberikan dampak yang negatif contohnya dalam pelajaran bahasa asing melalui teknologi digital, terdapat kata dan kalimat yang tidak seharusnya diucapkan atau kata tersebut tidaklah bagus untuk didengar oleh orang lain dan justru masyarakat tersebut menerapkan kata dan kalimat tersebut dalam bahasa sehari-hari mereka.

Beberapa hal yang dibahas di atas adalah beberapa contoh dari beberapa budaya yang ada di Indonesia. Berbicara tentang kebudayaan di Indonesia, maka kebudayaan Indonesia terdiri atas keberagaman kebudayaan daerah yang didukung oleh berbagai macam etnis yang ada. Seluruh kebudayaan daerah tersebut merupakan bagian integral dari kebudayaan Indonesia. Dengan adanya digital, budaya serta adat istiadat di Indonesia sangat terbantu dan banyak menimbulkan dampak yang positif dalam perkembangan budayanya. Namun, hal tersebut juga dapat menimbulkan dampak yang negatif pula jika tidak diterapkan dengan benar dan sesuai. Untuk itu diperlukan kesadaran bagi masyarakat untuk mengakses teknologi digital secara baik dan benar. Selain itu, perkembangan teknologi di masa mendatang sebaiknya mampu meningkatkan kesempatan bagi masyarakat umum untuk ikut serta dalam proses pengumpulan, pembuatan dan pendistribusian dari informasi media teknologi digital.

Reference :
Jadi Tatanan Kehidupan Baru, Budaya Digital Hasil Olah Pikir Manusia (2021) https://biz.kompas.com/read/2021/06/23/192318828/jadi-tatanan-kehidupan-baru-budaya-digital-hasil-olah-pikir-manusia
Putri. P (2015) Teknologi Digital dan Kebudayaan https://www.remotivi.or.id/kupas/232/teknologi-digital-dan-kebudayaan
Putri. V. K. M. (2021) Dampak Kemajuan Teknologi di Bidang Sosial dan Budaya https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/09/142234669/dampak-kemajuan-teknologi-di-bidang-sosial-dan-budaya?page=all
Sitokdana M. N. N (2015) Digitalisasi Kebudayaan Di Indonesia https://fti.uajy.ac.id/sentika/publikasi/makalah/2015/13.pdf

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar