Dahsyatnya Smartphone, Bagaimana Kita Harus Menyikapinya?

Efek Smartphone


Telepon merupakan penemuan yang benar-benar mengubah dunia. Sebelum ditemukannya telepon, manusia berkomunikasi dengan surat menyurat yang memakan waktu dan energi. Lalu, ditemukanlah telegraf oleh Samuel Morse sebagai alat komunikasi yang memakai kode morse. Namun pola komunikasi antar manusia menjadi berubah drastis semenjak telepon ditemukan di tahun 1876, komunikasi menjadi jauh lebih mudah dan cepat, serta memangkas jarak. Penemuan telepon awalnya hanya untuk menyempurnakan telegraf, namun tak disangka penemuan ini menjadi sangat fenomenal. Dengan bertelepon, kita bisa mendengar suara lawan bicara. Gaya komunikasi melalui telepon pun lebih santai dan singkat, ketimbang surat yang panjang.  Perlahan-lahan di rumah, kantor, atau tempat umum mulai dipasanglah telepon kabel. Bahkan di jalanan pun dulu banyak tersebar telepon umum yang pembayarannya menggunakan koin.

Seiring berjalannya waktu, muncullah telepon genggam. Telepon genggam atau mobile phone diciptakan supaya manusia bisa berkomunikasi dengan telepon kapan saja dan dimana saja. Munculnya telepon genggam secara perlahan menggusur peran telepon umum dan telepon rumah yang pernah berjaya bertahun-tahun. Telepon genggam yang pertama ditemukan di tanggal 3 April 1973 yaitu Motorola DynaTAC. Semakin lama makin banyak merek telepon genggam yang berkembang. Merek yang paling terkenal adalah Nokia yang lama berjaya sebelum dihantam oleh Android.

Made by: Meizke Anandhita

Setelah ditemukannya telepon genggam, rupanya manusia tetap tidak puas dan terus menerus mencari inovasi yang lebih baik. Maka muncullah telepon pintar atau istilah kerennya adalah smartphone. Kalau dulu telepon hanya sebatas untuk telepon dan sms, sekarang bisa multifungsi seperti membuka email, kamera, media sosial, nonton film sampai main game. Meskipun telepon pada dasarnya merupakan alat komunikasi, namun telepon pintar atau smartphone terkadang lebih banyak dipakai untuk kegiatan yang tidak esensial seperti untuk menonton video, bermain game, atau menggunakan internet. 

Pemakaian smartphone membuat telepon semakin melekat di kehidupan manusia. Yang awalnya hanya sebatas komunikasi tapi sekarang sudah bisa dipakai untuk berbagai aspek kehidupan. Hampir setiap aspek kehidupan kita tidak bisa lepas dari smartphone. Tidak bisa dipungkiri smartphone membuat aktivitas manusia menjadi lebih mudah dan cepat dikarenakan smartphone bisa menghubungkan dunia menjadi lebih terhubung. Namun pada satu sisi, ada dampak negatif dari munculnya smartphone seperti membuat manusia menjadi sibuk dengan dunianya sendiri, dan lupa bersosialisasi dengan sesama.

Namun menyalahkan kemajuan teknologi seperti kehadiran smartphone bukanlah tindakan yang bijaksana. Smartphone itu ibarat dua mata pisau, bisa digunakan untuk hal yang positif seperti menambah pengetahuan, mengembankan skill baru, atau menambah pendapatan dengan berjualan. Tapi, apabila disalah gunakan juga bisa membuat kita terjerumus seperti menjadi manusia yang anti sosial, tidak peduli dengan lingkungan, atau konsumtif. Pilihannya kembali ke diri kita sendiri lagi.

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar