Cara Cek Aplikasi Terdaftar PSE, Mudah Banget!

Tampilan laman utama PSE Kominfo | Sumber: PSE Kominfo


Setelah berhari-hari mendapat protes dari masyarakat terkait dengan kebijakan blokir sejumlah aplikasi tak terdaftar Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE), Kemenkominfo mengeluarkan update-nya kembali mengenai status platform-platform “tersemprit”.

Setelah PayPal dibuka akses sementara pada Minggu (31/7) lalu, Steam, CS Go, dan Dota di bawah Valve Corp juga telah dinormalisasi mulai hari ini (2/08). Tak hanya itu saja, di hari yang sama, Yahoo! juga sudah bisa diakses oleh warganet.

Hingga saat ini (2/08), dalam pemantauan DigitalBisa, terhitung ada 286 PSE Asing yang terdaftar dalam Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat. Sedangkan untuk data PSE Domestik sebanyak 8983 aplikasi terdaftar.

Kemenkominfo juga berupaya untuk mendorong perusahaan atau pihak developer yang belum menuliskan namanya pada PSE agar aplikasi bisa berjalan dengan normal kembali di Indonesia. Mereka bahkan meminta bantuan pada kedubes Amerika Serikat untuk melakukan komunikasi dengan software-software asal negara mereka agar segera mendaftar.

Adapun peraturan PSE diterapkan oleh pemerintah berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat.

Bila anda ingin mengecek aplikasi atau situs pada PSE Kominfo, berikut adalah caranya:

  1. Kunjungi halaman utama PSE Kominfo di sini. Visitor akan langsung diarahkan ke tampilan ‘Home’ yang sudah tersedia dua kotak ‘Daftar PSE Asing’ dan ‘Daftar PSE Domestik’.
  2. Klik salah satu yang ingin dibuka. Dalam masing-masing halaman, terdapat tiga pilihan yang bisa anda lihat datanya, yakni ‘SE Terdaftar’, ‘SE Dihentikan Sementara’ dan ‘SE Dicabut’.
  3. Bagian bawah tabel menampilkan jumlah aplikasi yang terdata.
  4. Bagian atas tabel menunjukkan informasi tanggal dan waktu pembaharuan terakhir.

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

X

Tekan ESC untuk keluar