Cara Aman nan Murah untuk Kelola dan Simpan Berbagai Data

Ilustrasi: Penyimpanan data bisa dilakukan secara praktis memanfaatkan berbagai teknologi, salah satunya yaitu pusat data | Pixabay/Akela999


Berapa besar memori handphone dan komputer yang anda miliki? Seberapa sering anda mengganti atau meningkatkan kapasitas memori gawai?

Dua pertanyaan ini bisa jadi mudah dijawab sebagian anggota masyarakat, terutama bagi kalian para pelaku usaha dan kelas pekerja. Kebutuhan memori pada gawai (handphone, laptop, atau komputer) yang semakin besar membuat kita kerap memperbarui atau menambah daya penyimpanan perangkat.

Daya muat gawai setiap tahun terus bertambah jenis dan variannya, karena semakin banyaknya data yang bisa dan harus disimpan pada perangkat keras. Sebagai contoh, seorang pemilik handphone dengan kapasitas memori 32 GB pasti tidak bisa leluasa menyimpan foto, video, musik, atau memasang aplikasi dibanding pengguna smartphone berkapasitas 64 GB.

Kapasitas penyimpanan (storage) pada gawai kini sudah jauh lebih besar dibanding kondisi 5, 10, bahkan 20 tahun lalu. Coba kalian ingat, 10 tahun lalu adakah handphone yang dijual dengan kapasitas memori internal mencapai 128 atau 256 GB? Kini, rata-rata handphone memiliki kapasitas internal minimal sebesar itu. Bahkan, kapasitas penyimpanan di laptop serta komputer jauh lebih berkembang. Rata-rata kini laptop atau komputer baru sudah terpasang memori berkapasitas 500 GB hingga 1 TB.

BACA JUGA: Mengenal Lebih Dekat Istilah Digital Services

Meski jumlahnya terus bertambah, kapasitas memori internal gawai seringkali tidak cukup digunakan pemiliknya. Alhasil, banyak cara harus dilakukan pengguna handphone, komputer, atau laptop berkapasitas kecil untuk menambah memori perangkatnya.

Penambahan memori bisa dilakukan melalui pembelian memori eksternal dengan kapasitas tertentu. Tak jarang pula masyarakat yang pada akhirnya harus membeli handphone, komputer, atau laptop baru demi bisa menyimpan dan mengakses semua dokumennya.

Pembelian memori bahkan perangkat baru untuk menambah kapasitas penyimpanan gawai sekilas terlihat praktis dan menjadi solusi yang efektif. Akan tetapi, cara tersebut ternyata kurang ekonomis apabila sering dilakukan.

Bayangkan, berapa uang yang harus kita keluarkan apabila membutuhkan tambahan kapasitas sebesar 256 GB hingga 512 GB untuk menambah memori di handphone? Dana yang harus dikeluarkan rata-rata bisa mencapai Rp150 ribu lebih. Akan tetapi, dana itu bisa jadi bertambah karena belum tentu memori yang kita beli bisa bertahan lama, atau harus diganti apabila di kemudian hari kita membutuhkan tambahan memori lagi.

Untuk tambahan memori di laptop atau komputer, biaya yang harus dikeluarkan lebih mahal. Kini rata-rata harga memori eksternal berkapasitas 256 GB hingga 512 GB mencapai sekitar Rp600 ribu – Rp1,5 juta.

Uang yang perlu dikeluarkan untuk membeli gawai baru juga lebih besar dibanding opsi menambah memori eksternal. Rata-rata kita butuh biaya sebesar Rp1,5 juta hingga Rp15 juta untuk sekedar membeli handphone, laptop, atau komputer baru dengan memori dan spesifikasi yang cukup bagus demi menunjang kegiatan sehari-hari.

BACA JUGA: Pentingnya Keberadaan Inkubator dan Akselerator untuk Pengembangan Startup

Apabila pergantian perangkat atau pembelian memori eksternal dilakukan berulang, tak terbayang berapa dana yang perlu kita keluarkan untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan. Apalagi, perlu kita ingat bahwa pembelian memori atau perangkat baru juga harus diikuti dengan biaya ekstra untuk membeli pulsa, aplikasi, serta membayar iuran listrik yang pasti ikut naik.

Lantas, bagaimana caranya agar kita bisa menambah kapasitas penyimpanan di gawai dengan biaya terjangkau?

Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah memanfaatkan fasilitas pusat data (data center) serta penyimpanan berbasis komputasi awan (cloud). Pusat data adalah fasilitas yang menyediakan sarana penyimpanan data berbasis cloud dengan kapasitas besar. Sebuah pusat data biasanya menawarkan fasilitas rak, routers, dan server yang bisa diakses pengguna sesuai kebutuhannya

Penyimpanan data di pusat data terjamin aman karena fasilitas ini memiliki pengamanan yang ketat, jaminan sumber tenaga listrik, serta teknologi mutakhir demi menjaga keamanan dan kualitas penyimpanan data penggunanya. Pusat data bisa menjadi solusi bagi masyarakat atau pelaku usaha yang bisnisnya mulai berkembang untuk menyimpan seluruh data di sana. Penggunaan pusat data membuat kita tak perlu repot-repot membeli gawai baru, memori eksternal, atau menambah kapasitas listrik dan pulsa hanya demi menambah kapasitas simpanan di gawai.

Saat ini, sudah ada banyak perusahaan penyedia layanan pusat data yang bisa kita manfaatkan untuk menyimpan data-data secara aman dan efisien. Akan tetapi, tidak semua pusat data memiliki kualitas dan fasilitas yang sama. Jadi, jika kamu tertarik untuk memakai fasilitas ini, segera yuk mulai sekarang pilih-pilih dan tentukan mana pusat data yang cocok untuk kebutuhanmu.

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Dengan mengirimkan komentar, saya menyetujui peraturan berkomentar di #DigitalBisa

Tekan ESC untuk keluar