Bermain Telepon Genggam Ada Batasnya, Simak Penjelasannya Berikut Ini

Ilustrasi pengguna ponsel | Sumber: Freepik/Katemangostar


Selain saat tidur, kapan kamu tidak memegang ponsel dalam waktu lama?

Bagi banyak orang pertanyaan di atas sulit dijawab. Kamu juga pasti berpikir dan mengingat-ingat dulu, kan, untuk menjawab pertanyaan tersebut? Setelah itu, bisa jadi kamu sadar bahwa hampir tak ada waktu lama tanpa telepon genggam yang kamu miliki, selain saat mata terpejam.

Telepon genggam kini seakan menjadi kebutuhan primer manusia. Mau buktinya? Lihat saja, saat kamu pergi ke luar rumah dan tidak bawa ponsel pasti kamu seketika langsung panik. Bahkan, bisa jadi kamu rela kembali ke rumah untuk mengambil ponsel tersebut, sebelum akhirnya meneruskan perjalanan.

Keberadaan ponsel menjadi lebih penting karena kini hampir semua kegiatan bisa kita lakukan mengandalkan teknologi tersebut. Mau ambil uang, beli makan, melakukan pembayaran, sampai beli tiket dan rapat sekarang dapat dilakukan di ponsel. Saat capek karena kerja seharian, kamu juga bisa menonton film, main gim, dan update di medsos via ponsel.

Fungsi ponsel yang all-in-one itu membuat kita kini sangat tergantung pada keberadaannya. Fakta ini mau tak mau harus kita akui. Tidak perlu merasa aneh, karena menurut data ini per Oktober 2021 ada 5,29 miliar orang di bumi yang kini menggunakan ponsel.

BACA JUGA: Apa Itu Digital Platform?

Dari jumlah tersebut, 4,44 miliar pengguna tercatat aktif mengakses internet dari ponselnya. Jumlah pengakses internet dari ponsel kini setara 90,9 persen dari total total pengguna internet di dunia. Setiap hari, rata-rata manusia menghabiskan waktu sekitar 3,5 jam berselancar di dunia maya menggunakan ponsel.

Di Indonesia, rata-rata waktu pengguna ponsel menggunakan gawainya setiap hari mencapai 5 jam. Pengakses internet via ponsel di Indonesia setara 96,4 persen dari seluruh pengguna internet di negara ini. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibanding tingkat rata-rata dunia.

Lamanya durasi masyarakat Indonesia mengakses ponsel setiap hari bagai pisau bermata dua. Di satu sisi, hal ini bagus karena menandakan banyaknya masyarakat yang kini sudah sadar ihwal fungsi dari ponsel untuk membantu berbagai kegiatan. Akan tetapi, penggunaan ponsel dalam waktu lama juga bisa membawa malapetaka.

BACA JUGA: Cara Mudah Tingkatkan Omzet Usaha

Sebuah riset mengatakan, batas aman penggunaan ponsel setiap hari adalah 4 jam 17 menit. Waktu tersebut tentu tidak berlaku bagi semua orang. Bagi anak-anak misalnya, waktu akses ponsel yang ideal disebut maksimal 2 jam per hari.

Hitung-hitungan mengenai batasan waktu ideal untuk manusia mengakses ponsel keluar bukan tanpa alasan. Salah satu sebabnya, karena penggunaan ponsel berlebihan dapat menghambat produktivitas kita. Seseorang bisa membutuhkan waktu hingga 23 menit untuk kembali fokus apabila dia sebelumnya mengakses ponsel ketika bekerja.

Selain berdampak pada produktivitas, penggunaan telepon genggam berlebih juga membawa efek negatif untuk kesehatan kita. Berbagai penyakit dan gangguan seperti insomnia, nyeri kepala dan mata, obesitas, pegal-pegal, dan terhambatnya pertumbuhan anak bisa muncul apabila ponsel digunakan berlebihan.

Supaya nggak terkena dampak negatif, yuk kita mulai sekarang batasi penggunaan ponsel dan akses internet. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan pasti nggak baik kan buat kita. Kalau bukan kita sendiri yang mulai membatasi, lantas siapa lagi?

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar