Bermain Gim Tanpa Hambatan dengan Platform Buatan Anak Bangsa

Ilustrasi | Sumber: Pixabay/ExplorerBob


Siapa tidak suka bermain gim?

Mungkin saat ini hanya ada sedikit orang yang menjawab “tidak suka” menanggapi pertanyaan di atas. Apalagi, sejak maraknya pembatasan aktivitas akibat pandemi yang merebak di awal 2020, akses gim di berbagai perangkat diprediksi naik signifikan.

Ada banyak alasan bagi kita untuk bermain gim di perangkat apapun. Selain untuk menghilangkan penat, gim juga bermanfaat untuk mengisi waktu luang. Bermain gim juga bermanfaat meningkatkan pengetahuan, keaktifan anak, memperlambat penuaan, serta membantu meningkatkan kemampuan memimpin dan pengambilan keputusan pemainnya.

Hasil riset terbaru yang diterbitkan The NPD Group akhir tahun lalu juga menunjukkan adanya kenaikan akses gim sepanjang 2020. Menurut penelitian lembaga itu, jumlah pemain gim di Amerika Serikat tumbuh 6 basis poin menjadi 79 persen dari total warga Negeri Paman Sam. Selain jumlah pemain yang meningkat, pengeluaran masyarakat untuk membeli gim juga naik hingga 33 persen.

Pertumbuhan pemain gim terjadi bukan hanya untuk mereka yang mengakses permainan dari komputer, namun juga mencakup angka kenaikan pengakses gim dari perangkat telepon genggam. Per 2020 lalu diprediksi ada sekitar 50,8 juta orang yang aktif bermain gim dari perangkat telepon (mobile game).

Di Indonesia, tren yang sama juga terjadi sepanjang setahun terakhir. Hal ini dibuktikan dengan adanya kenaikan lalu lintas data untuk layanan gim daring hingga 61 persen per 2020 lalu. Data ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan jumlah pemain gim, dan lamanya waktu mereka mengakses permainan.

Kini, bermain gim bisa dibilang bukan menjadi barang mewah yang hanya bisa dimiliki segelintir orang. Kemajuan teknologi membuat banyak gim bisa diakses melalui berbagai perangkat, bahkan yang berspesifikasi rendah. Hal ini juga didukung adanya peningkatan kecepatan akses internet, yang membuat banyak orang kini mendapat kemudahan bermain gim secara daring.

View this post on Instagram

A post shared by Cloud Gaming Indonesia (@gameqoo_id)

Salah satu cara untuk masyarakat agar bisa bermain gim tanpa hambatan adalah melalui akses pada platform GameQoo. Platform yang dikembangkan Telkom Indonesia ini menyediakan layanan streaming untuk masyarakat bermain gim mengandalkan layanan komputasi awan (cloud).

GameQoo merupakan solusi bagi masyarakat yang selama ini kesulitan mengakses permainan karena masalah koneksi internet, keterbatasan daya dukung perangkat, atau mahalnya harga untuk membeli sebuah gim. Melalui platform ini, pemain gim tak perlu khawatir karena server yang digunakan berlokasi di Indonesia. Kedekatan jarak server dengan pemain membuat berbagai gim pada GameQoo bisa diakses dengan latensi rendah atau tanpa lag.

Pemain juga tidak perlu khawatir kehabisan ruang untuk menyimpan data gim yang dimainkan. Alasannya, dengan teknologi komputasi awan pada GameQoo, semua data gim seorang pemain langsung tersimpan di cloud alih-alih diska keras di komputer.

Seluruh gim yang disediakan GameQoo dijamin bisa diakses dengan koneksi internet rata-rata di Indonesia. Pemain hanya perlu memastikan punya akses internet berkecepatan minimal 10Mbps untuk memainkan seluruh gim di GameQoo tanpa hambatan.

Saat ini ada sekitar 110 gim yang bisa diakses masyarakat pada platform GameQoo. Jumlah gim yang bisa dimainkan akan terus bertambah, karena tim GameQoo berjanji rutin menambah permainan untuk pelanggan setiap bulan.

Kehadiran GameQoo seakan menjadi oase bagi industri gim di Indonesia, karena selama ini banyak pemain gim yang mengakses permainan bukan dari penyedia layanan buatan dalam negeri. Bukan tidak mungkin, ke depannya GameQoo akan memiliki kualitas layanan dan jumlah gim yang lebih komplit lagi untuk memanjakan para gamers di Indonesia. Yuk bersama kita hilangkan stress dengan bermain gim menggunakan GameQoo!

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar