Berkenalan dengan Sejumlah Istilah Penting di Bidang Teknologi Komunikasi (4)

Ilustrasi Malware | Sumber: Pixabay/TheDigitalArtist


Ada banyak istilah teknologi—khususnya yang berkaitan dengan internet—yang harus kita pahami artinya. Pemahaman penting kita miliki agar tak lagi merasa bingung dan bisa membedakan arti serta makna dari tiap istilah.

Dalam edisi kali ini, mari kita sama-sama mengenal beberapa istilah teknologi yang kerap membingungkan namun berperan penting demi kelancaran aktivitas di dunia digital

  1. Malware

Malware adalah akronim dari malicious software. Istilah ini merujuk pada program atau fail yang bersifat mengganggu dan membahayakan komputer.

Sebuah komputer bisa terkena malware karena berbagai hal, seperti akibat pemakainya sering mengakses situs-situs ilegal, membuka spam, tidak berhati-hati dalam melakukan transfer data via USB, atau akibat aplikasi yang diunduh dan dipasang tanpa melalui pemindaian antivirus.

Komputer bisa dicegah agar tidak terkena malware dengan dipasangi antivirus. Kita harus memastikan antivirus tersebut rutin diperbarui agar mampu mendeteksi malware-malware baru. Selain itu, sebagai pengguna kita harus lebih berhati-hati dalam membuka dan mengakses semua fail atau situs di internet, agar tidak masuk dalam perangkap penyebar malware.

  1. Ransomware

Ransomware adalah salah satu jenis malware yang patutu diwaspadai, karena keberadaannya membuat pemilik komputer tidak akan bisa mengakses perantinya. Komputer yang terkena ransomware biasanya baru bisa pulih apabila korban mau membayar uang tebusan kepada pelaku.

Biasanya, ransomware banyak menyerang peranti keras milik perusahaan. Pelaku mengincar komputer perusahaan agar bisa mendapat uang tebusan dalam jumlah besar.

BACA JUGA: Berkenalan Dengan Sejumlah Istilah Penting di Bidang Teknologi Komunikasi (3)

Ransomware dapat dicegah agar tidak masuk ke dalam komputer dengan cara membatasi akses berbagai fail saat berada di dalam jaringan. Selain itu, ransomware juga bisa ditangkal menggunakan antivirus.

  1. Awakutu (Debug)

Awakutu atau debug adalah kegiatan mencari kesalahan dan gangguan pada sebuah program. Pencarian kesalahan ini wajar dilakukan oleh programmer yang terlibat dalam pengembangan aplikasi atau website.

Gangguan atau bug pasti dapat ditemui di hampir seluruh program atau website. Akan tetapi, derajat gangguan yang muncul karena sebuah bug tidak sama. Bisa saja ada sebuah bug yang berdampak besar hingga sebuah aplikasi atau website tak bisa diakses, atau ada pula bug yang menimbulkan gangguan minor.

Secara umum ada dua jenis bug, yaitu syntax bugs dan logical bugs. Proses pencarian dan pembetulan bug dikenal dengan istilah pengawakutuan (debugging).

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar