#WritingCompetitionDigitalBisa #DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik
Melonjaknya angka kasus positif COVID-19 di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir membuat Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menangani pandemi yang telah berlangsung selama kurang lebih satu setengah tahun ini. Pasalnya jika dibiarkan berlarut-larut, pandemi COVID-19 tidak hanya akan merenggut nyawa lebih banyak lagi, juga berdampak pada sektor kehidupan lain seperti sektor ekonomi, pendidikan, dan juga sosial.
Pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam menangani COVID-19. Di antaranya dengan gencar melancarkan program vaksinasi melalui Kementerian Kesehatan RI di beberapa daerah demi meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat dan mencapai herd immunity atau kekebalan tubuh komunal.
Pemerintah juga telah menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat atau PPKM Darurat yang berlangsung hingga 2 Agustus 2021 nanti. Selama masa PPKM Darurat, pemerintah mewajibkan setiap orang yang akan melakukan perjalanan udara menunjukkan hasil tes swab PCR/Antigen negatif dan bukti sudah divaksinasi. Keduanya harus dibuktikan dengan dokumen yang valid.
Peran Telkom Indonesia Membantu Penanganan Pandemi COVID-19 Melalui Aplikasi PeduliLindungi
Di sinilah peran PT Telkom Indonesia (Telkom) membantu pemerintah dalam menagani pandemi COVID-19 melalui aplikasi PeduliLindungi. Berkerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), aplikasi ini memungkinkan adanya integrasi data kesehatan.
Direktur Digital Business Telkom Muhammad Fajrin Rasyid, dalam Podcast berjudul "Akselerasi Digital untuk Kemajuan Bangsa" mengatakan bahwa Telkom membantu pemerintah dalam penangan pandemi COVID-19 melalui sistem vaksinasi dan juga sistem tracking dan tracing melalui aplikasi ini.
Digitalisasi Hasil Test PCR/Antigen dan Sertifikat Vaksinasi
Aplikasi PeduliLindungi terintegrasi dengan data hasil tes pemeriksaan COVID-19 dan data vaksinasi nasional, sehingga memberikan fitur hasil test PCR/Antigen dan sertifikat vaksinasi yang valid, untuk mencegah terjadinya pemalsuan dokumen sebagai syarat perjalanan.
Dengan begitu, dapat dipastikan hanya orang-orang yang benar-benar dalam keadaan sehat dan dibuktikan dengan syarat dokumen perjalanan yang valid, yang dapat melakukan perjalanan jarak jauh. Hal ini tentu sangat penting dalam upaya menurunkan penyebaran COVID-19.
Melalui aplikasi PeduliLindungi, baik hasil test PCR/Antigen maupun sertifikat vaksinasi akan ditampilkan dalam bentuk digital dan dapat diunduh. Sehingga calon penumpang perjalanan jarak jauh tidak perlu lagi membawa dokumen hard copy. Penumpang cukup menunjukkan QR code di aplikasi PeduliLindungi. Ini tentu memudahkan petugas dalam pengecekan kevalidan dokumen yang biasanya akan memakan waktu dan dapat berpotensi menimbulkan antrian dan kerumunan.
Dari laman Kemkes.go.id, Menteri BUMN Erick Tohir meyakini integrasi ini sangat penting untuk memastikan pemerintah tepat sasaran dalam menangani COVID-19. Ia juga mengatakan bahwa dengan kartu vaksin dan dokumen lain-lainnya yang menjadi satu kesatuan, dapat memungkinkan pemerintah memantau atau memastikan ketepatan data-data penumpang untuk mencegah penularan COVID-19.
Digital Tracking dan Tracing

Selain hasil test PCR/Antigen dan sertifikat vaksinasi dalam bentuk digital, aplikasi PeduliLindungi juga meminimalisir potensi penularan COVID-19 melalui implementasi Digital Tracing (penelusuran) dan Tracking (pelacakan) menggunakan pemindaian Quick Response (QR) Code.
Tracing yaitu melakukan penelusuran dan merekam jejak lokasi seseorang selama 21 hari ke belakang. Dengan penelusuran ini, PeduliLindungi mampu secara cepat melacak (tracing) mereka yang berpotensi terpapar virus COVID-19 karena pernah berada di lokasi yang berdekatan sebelumnya. Data ini akan digunakan petugas kesehatan untuk secara cepat melakukan tindakan guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.
Manfaat Aplikasi PeduliLindungi Bagi Masyarakat
Fitur digital yang diberikan oleh aplikasi PeduliLindungi sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama pada masa pandemi COVID-19 saat ini. Integrasi data kesehatan menghasilkan fitur dan layanan digital yang tidak hanya memudahkan aktivitas masyarakat, tapi juga membantu mengurangi penyebaran virus COVID-19. Bahkan juga membantu pemerintah dalam mengambil keputusan dalam menangani pandemi. Ini tentu sejalan dengan tujuan Telkom dalam proses akselerasi digital untuk masyarakat Indonesia.
Komitmen Telkom Untuk Terwujudnya Akselerasi Digital Demi Kemajuan Bangsa

Telkom telah berkomitmen untuk berkontribusi bagi kemajuan bangsa Indonesia dengan melakukan akselarasi digitalisasi. Langkah nyata Telkom yaitu dengan mengembangkan beragam layanan dan aplikasi digital yang bermanfaat sebagai solusi bagi kebutuhan masyarakat.
Aplikasi PeduliLindungi hanya salah satu dari produk-produk digital yang telah dikembangkan oleh Telkom. Produk lainnya mulai dari Pijar (pendidikan), PeduliLindungi (kesehatan), Maxstream (video streaming), Gameqoo dan Dunia Games (games) dan lainnya.
Sedangkan beberapa solusi yang dihadirkan Telkom untuk menggerakan perekonomian digital nasional, di antaranya PaDi UMKM (UMKM), Agree (pertanian dan perikanan), Logee (Logistik), BigBox (Satu Data Indonesia), dan banyak layanan digital lainnya. Layanan ini diharapkan dapat mendukung peningkatan ekonomi masyarakat. Juga akan menjadi akselerator Indonesia untuk menjadi kekuatan utama ekonomi digital di regional dan dunia.
Secara luas, saat ini Telkom telah bertranformasi menjadi digital telco dengan tiga domain bisnis, digital connectivity, digital platform, dan digital services. Dengan komitmen yang kuat, melalui akselerasi digital, Telkom terus menciptakan akselerasi digital demi kemajuan dan kedaulatan bangsa.

Melalui layanan dan produk digital connectivity, Telkom menghadirkan berbagai infrastruktur utama penunjang kebutuhan digital masyarakat berupa konektivitas jaringan berkualitas dan jangkauan terluas.
Pada domain digital platform, Telkom mengembangkan layanan data center dan cloud data tahap awal untuk kemudian menyediakan smart platform di atasnya sebagai enabler berbagai layanan dan solusi solusi atas berbagai kebutuhan masyarakat, seperti aplikasi PeduliLindungi yang telah dijelaskan di atas.
Sedangkan pada domain digital service, Telkom hadir dengan menyediakan berbagai layanan digital yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan, untuk memberikan berbagai kemudahan seperti layanan digital di bidang Fintech, Musik, Video Games, dll.
Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan, “Kontribusi Telkom di tiga domain tersebut terus dilakukan demi mempercepat terbentuknya lingkungan, masyarakat, dan ekosistem ekonomi digital di Indonesia. Kami siap untuk menjalin kemitraan dengan digital champion, tech giant, maupun global players untuk memperoleh synergy value yang mampu mengakselerasi pengembangan bisnis digital platform dan digital services TelkomGroup. Melalui tiga fokus bisnis tersebut serta investasi yang terus dilakukan, semoga Telkom dapat menjadi tulang punggung transformasi digital bangsa serta turut serta mewujudkan kedaulatan digital Indonesia.”
Sumber :
Telkom.co.id
Podcast Digitalbisa.id, dengan judul Akselerasi Digital untuk Kemajuan Bangsa Indonesia
Instagram PeduliLindungi
Kontan.co.id
Janu M
01 Agu 2021 08.50 WIBTulisan yang mencerahkan, terima kasih Telkom dan kak Fitri. Semoga konsisten dalam menulis.
Hapus