Aktualisasi Transformasi Digital dalam Memajukan Bangsa dan Negara melalui Karakter Kreatif dan Inovatif

Perkembangan Era Digital di Indonesia, Foto : qwords.com


#WritingCompetitionDigitalBisa

#DigitalBisa

#UntukIndonesiaLebihBaik

 

Zaman semakin berkembang, kehidupan pun sudah mengalami banyak perubahan dari waktu ke waktu, salah satunya di dunia digital. Dunia digital adalah dunia yang memberikan banyak akses kemudahan  kepada masyarakat dalam melakukan berbagai macam aktivitas dengan aspek kemajuan seperti telekomunikasi, internet, transportasi, dan infrastruktur. Dengan memasuki era dunia digital, manusia lebih mudah dalam melakukan segala hal, seperti berkomunikasi, mengurus pekerjaan, memudahkan pembelajaran, bisa mengakses segala informasi, dan lain- lain. Dalam hal ini, kehidupan kita sudah sangat dipermudah oleh canggihnya teknologi yang tersedia karena kita bisa melakukan segala hal dengan praktis dan juga canggih. Belum lagi, dengan tahun yang terus bertambah, dunia digital pun selalu melakukan transformasi menjadi lebih baik dan canggih dari sebelumnya. Artinya, kehidupan kita pun harus menyesuaikan dengan perkembangan yang ada. Dengan kata lain, kita sebagai manusia harus adaptif terhadap perkembangan teknologi.

Ada banyak hal keuntungan yang didapat dari semakin canggihnya dunia digital. Sangat disayangkan jika kita tidak menyadari hal ini, sebab tidak akan ada kemajuan dari kehidupan kita jika kita tidak memanfaatkan sumber daya yang tersedia begitu melimpah di kehidupan kita, salah satunya sumber daya teknologi. Sebagai manusia, sudah seharusnya kita memiliki karakter yang dapat memajukan bangsa dan negara kita. Untuk itu, kita harus tahu apa saja perkembangan yang ada di dunia digital, di antaranya :

  1. Bidang Komunikasi

Bidang komunikasi memberi perubahan yang signifikan setelah memasuki era digital. Perkembangannya pun  terjadi begitu cepati. Sebelum memasuki era digitalisasi,  untuk melakukan komunikasi, kita harus melalui perantara secara langsung seperti bertemu dengan orang tersebit, melalui surat, atau bisa juga menggunakan handphone, tetapi hanya bisa mengirim pesan singkat tanpa membutuhkan internet. Kemudian, setelah memasuki era digitalisasi, komunikasi lebih mudah terjalin karena perkembangan komunikasi di era digital melahirkan teknologi- teknologi baru yang canggih, seperti   handphone dengan fitur canggih yang dimilikinya dan lebih praktis digunakan dalam berkomunikasi kepada seseorang. Selain itu, di era digitalisasi juga mulai hadir internet, di mana fungsinya jauh lebih maksimal untuk komunikasi agar terhubung dengan orang lain dalam jarak yang cukup jauh.

  1. Aplikasi Untuk Berbisnis

Di bidang bisnis juga terjadi perubahan dalam era digitalisasi. Perusahaan sudah mulai kreatif untuk mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan penggunaan aplikasi untuk berbisnis. Dengan adanya teknologi digital, membuat perusahaan menjadi lebih mudah untuk  mendapatkan konsumen, sedangkan di zaman dahulu sebelum ada digitalisasi sangat  sulit sekali untuk  mengenalkan bisnis kepada konsumen.

  1. Finansial Teknologi

Perkembangan digital juga terjadi pada transaksi  keuangan. Sekarang, kita lebih mudah dalam melakukan transaksi karena transaksi bisa dilakukan secara online, seperti e- money. Hal ini berkaitan dengan aplikasi yang digunakan untuk bisnis karena para pengusaha juga semakin adaptif dalam menyediakan pembayaran terkait bisnisnya. Banyak para pengusaha yang sudah menyediakan metode pembayaran melalui e- money sehingga hal ini memudahkan konsumen ketika berbelanja.

  1. Pembelajaran di era digital

Era digitalisasi juga memberi perubahan di bidang pendidikan, khususnya di era pandemi seperti saat ini. Generasi muda sudah mulai terbiasa melakukan pembelajaran jarak jauh. Ini hal yang harus diapresiasi karena bisa dibilang generasi muda sangat adaptif terhadap perubahan zaman. Mereka juga menjadi lebih luas kemampuannya dalam mengakses ilmu yang mereka butuhkan di internet, hal ini tentunya didukung karena adanya era digitalisasi yang semakin canggih.  Berikut ada sebuah data yang menunjukkan persentase penggunaan teknologi digital : 

Persentase Penggunaan Teknologi Digital, Foto : Badan Pusat Statistik

Hal ini tentu membuat karakter generasi muda mengalami perubahan, seperti :

  • Menjadi lebih kreatif

Di era digitalisasi, banyak sekali platform- platform di internet yang banyak sekali digunakan oleh seluruh pengguna internet. Tak jarang, pengguna internet selalu membuat hal- hal semacam karya yang mereka buat lalu dituangkan ke dalam berbagai macam platform. Hal ini tentu memicu kreativitas anak untuk membuat suatu karya. Ini merupakan dampak yang sangat positif, dengan adanya generasi muda yang semakin kreatif, maka tidak menutup kemungkinan bangsa Indonesia akan maju dan dikenal sebagai negara yang berprestasi.

  • Berwawasan luas

Ada banyak hal yang bisa diakses di internet. Tentunya, kesempatan ini dimanfaatkan oleh generasi muda ketika mereka ingin mencari wawasan yang lebih luas. Bukan hal yang sulit untuk mencari segala macam pengetahuan, bila kita memandang era digitalisasi dari sisi positif, maka ada banyak sekali kesempatan yang bisa dimanfaatkan dengan mengakses berbagai pengetahuan di internet sehingga generasi muda menjadi lebih banyak mendapatkan pelajaran yang tidak didapatkan di sekolah dan membuat  mereka untuk lebih open minded.

  • Menjadi lebih inovatif

Canggihnya teknologi  membuat generasi muda menjadi lebih berani untuk bereksperimen dan menciptakan hal baru. Generasi muda banyak memberi solusi dari permasalahan- permasalahan yang dialami di lingkungan sekitar mereka dengan melakukan inovasi. Hal ini yang bisa membuat bangsa Indonesia menjadi unggul dan semakin berkualitas.

 

Dari transformasi digital ini, kita tahu bahwa ada banyak sekali keunggulan- keunggulan yang diciptakan dari teknologi digital. Bahkan mampu membuat kehidupan kita menjadi jauh lebih efektif dan efisien. Sangat disayangkan jika kita tidak menyadari hal ini. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita sebagai generasi muda yang sadar lebih dulu akan keunggulan ini. Sebab siapa lagi jika bukan generasi muda yang menyadari hal ini. Meski sudah ada banyak sekali generasi muda yang berprestasi dalam menciptakan hal baru, tetapi generasi muda harus tetap banyak belajar dan terus menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Dari perkembangan digital, kita melihat bahwa hal ini memberi dampak signifikan yang sangat positif karena banyak generasi muda yang sudah memanfaatkan keunggulan teknologi digital dengan maksimal. Dengan karakter kreatif dan inovatif ini, secara tidak langsung bisa memajukan bangsa dan negara. Dengan mengaktualkan transformasi digital, pasti generasi muda bisa membuat negara Indonesia menjadi jauh lebih berkualitas dan menjadi lebih unggul. Untuk itu, mari generasi muda untuk selalu berprestasi dengan memegang teguh karakter kreativitas dan juga inovatif. 

 

 

Referensi :

https://qwords.com/blog/era-digital-adalah/

https://www.apridesain.id/blog/era-digital/

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar